Pengguna smartphone pada zaman sekarang ini sudah semakin banyak seiringan dengan semakin berkembangnya teknologi. Smartphone canggih yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan penggunanya, termasuk e-banking yang saat ini sudah digunakan oleh 50,4 juta nasabah, terhitung dari tahun 2016 silam.

 

Jika kamu salah satu pengguna dari e-banking, apakah kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari fitur ini? Jika belum, di artikel kali ini TimiKimi akan membahas secara satu persatu kelebihan dan kekurangan e-banking bagi nasabah. Apa aja sih? Yuk simak ulasan TimiKimi berikut:

 

Kelebihan

Sebagai nasabah yang menggunakan e-banking, tentu saja akan ada keuntungan yang akan kamu terima. Salah satunya menghemat waktu dan biaya perjalanan. Kamu tidak perlu lagi mendatangi bank atau ATM untuk melakukan transaksi seperti transfer uang atau membayar tagihan. E-banking juga lebih efisien karena kamu tidak harus mengantri panjang karena cukup menggunakan smartphone, kamu sudah bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja selama kamu memiliki jaringan internet.

Selain menguntungkan pihak nasabah, penggunaan e-banking juga menguntungkan pihak bank. Pihak bank bisa meminimalisir biaya operasional karena jumlah nasabah yang langsung mendatangi bank berkurang karena dengan adanya fitur e-banking ini. Bank bisa menggunakan kantor yang lebih kecil dan tidak perlu merekrut pegawai dengan jumlah yang banyak. Hal ini akan berdampak kepada berkurangnya biaya sewa kantor dan gaji karyawan yang harus dibayarkan. Kelebihan lainnya, nasabah bisa membuat banyak jadwal transaksi keuangan dalam satu waktu sekaligus atau diatur jadwalnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kelebihan yang diberikan jika kita menggunakan fitur ini adalah tidak perlu repot-repot untuk mengantri, menghemat waktu, menghemat biaya, efisien dan proses lebih cepat.

 

Kekurangan

Selain memberikan keuntungan, yang harus dipahami bahwa e-banking juga memiliki kekurangan Sobat. Sebagai nasabah, kita harus tetap waspada karena pencurian data pribadi bisa saja terjadi. Pencurian data bisa melalui teknik skimming atau melalui modus penipuan dengan berbagai macam penawaran yang menipu para nasabah.

Kemungkinan terburuk dari penggunaan e-banking adalah pencurian dana yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab atau yang biasa dikenal sebagai hacker. Hacker bisa saja menguras habis isi rekening tabunganmu. Oleh karena itu, akan lebih baik kita sebagai nasabah mematuhi seluruh prosedur penggunaan internet banking agar keamanan data dan dana kita terjamin. Pastikan juga perangkat yang kamu gunakan seperti laptop dan pc, memiliki antivirus dan antimalware agar terhindar dari hacking dan cracking. Hindari penggunaan internet banking di area atau layanan publik seperti warnet atau wifi gratis karena rawan tindakan penyadapan data. Selain itu, pihak bank juga harus memberikan sosialisasi dan meningkatkan pengawasan terhadap seluruh transaksi perbankan nasabah.

Kekurangan lainnya adalah, kamu dituntut untuk memiliki jaringan internet yang baik agar bisa mengakses akun e-banking kamu. Jika kamu berada di wilayah dengan jaringan internet yang kurang baik, maka secara otomatis kamu akan kesulitan saat mengaksesnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kekurangan dari penggunaan e-banking adalah kejaminan data, rawan pembobolan dan mengharuskan kita untuk memiliki akses internet yang baik.

 

Nah itu dia Sobat, kelebihan dan kekurangan e-banking bagi nasabah. E-banking memang sangat menguntungkan, tapi sebagai pengguna kia juga harus memahami hal-hal di atas Sobat. Jika kita sudah memahaminya, maka tentu saja kita bisa menyiasati layanan ini dengan sebaik mungkin.

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari