Kepopuleran pinjaman online langsung cair memang sedang menjadi sorotan. Bagi kamu yang ingin mengajukan, sebaiknya ketahui dulu keuntungan dan resikonya terlebih dulu di bawah ini!

Pinjaman online langsung cair menjadi salah satu jenis pinjaman yang sedang naik daun dan sedang menjadi sorotan. Jenis pinjaman ini sering diburu oleh mereka yang sedang membutuhkan dana dalam keadaan terdesak. Misalkan saja ketika kamu mengalami kecelakaan tunggal saat sedang berkendara sehingga kendaraanmu mengalami kerusakan yang cukup parah dan harus masuk bengkel, sementara kamu tidak memiliki asuransi kendaraan.

Maka mau tak mau kamu harus mengeluarkan dana lebih untuk membetulkan kendaraan. Jika dana yang ada dalam tabungan mencukupi, tidak masalah, tapi bagaimana kalau dananya kurang? Di sinilah peran pinjaman online langsung cair bisa membantumu memecahkan masalah. Pinjaman online langsung cair merupakan pinjaman yang diberikan oleh perusahaan fintech berjenis P2P lending.

Buat kamu yang masih belum tahu apa itu fintech P2P lending, TimiKimi akan menjelaskannya kepadamu. Fintech P2P lending merupakan perusahaan penyedia pinjaman online yang memberikan dana tunai kepadamu. Pengajuan pinjaman online langsung cair melalui fintech P2P lending bisa menggunakan website maupun aplikasi. Tapi kebanyakan menggunakan aplikasi sehingga lebih mudah penggunaannya.

Keuntungan pinjaman online langsung cair

Pinjaman Online Bisa Cepat Cair (Sumber: multimonthloans.co.uk)

Sebelum mengajukan pinjaman online langsung cair, ada baiknya kalau kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja keuntungan yang kamu dapat jika mengajukan pinjaman online langsung cair, yaitu:

  • Proses pengajuan sangat mudah

Keuntungan pertama yang paling terasa adalah proses pengajuannya sangat mudah karena diajukan secara online. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot datang ke tempat penyedia pinjaman seperti bank atau lembaga peminjaman dan mengantri. Cukup dengan menggunakan ponsel dan jaringan internet, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman online langsung cair.

  • Pencairan dana bisa dalam satu hari

Berhubung diajukan secara online, maka pencairan dana bisa cair dengan cepat. Rata-rata pinjaman online langsung cair bisa cari hanya dalam waktu hitungan hari. Beberapa justru ada yang cair hanya dalam satu hari. Kenapa pinjaman bulanan online bisa langsung cair? Ini dikarenakan data dan dokumen persyaratan yang diberikan dalam bentuk digital sehingga bisa langsung diproses oleh pihak penyedia pinjaman pada hari itu juga. Perlu kamu ketahui kalau semua data dan dokumen yang diberikan dalam bentuk fisik, pasti harus dimasukkan ke dalam bentuk digital sehingga penyedia pinjaman akan kerja dua kali.

  • Bisa dipergunakan untuk apa saja

Cicilan KPR (Sumber: www.texaslending.com)

Tidak seperti jenis pinjaman lainnya yang hanya diperuntukkan untuk keperluan tertentu saja, pinjaman online langsung cair bisa dipergunakan untuk keperluan apa saja. Kamu bisa menggunakan dana pinjaman ini sebagai modal membuka usaha, merenovasi rumah, dana pendidikan, modal pernikahan, pengobatan rumah sakit, biaya liburan, hingga memperbaiki kendaraan yang rusak akibat kecelakaan.

  • Syarat sangat mudah dipenuhi

Pinjaman online langsung cair memiliki persyaratan yang sangat mudah untuk dipenuhi. Meski masing-masing penyedia menetapkan persyaratan yang tidak sama, tapi rata-rata mensyaratkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji, dan rekening koran saja. Dengan syarat yang sedikit ini, maka masyarakat jadi lebih mudah memenuhinya. Siapkan syarat dokumen dalam bentuk digital, jadi pastikan terlebih dahulu untuk menscan semuanya.

  • Banyak pilihan penyedia

Dengan beragam kemudahan yang diberikan oleh pinjaman online langsung cair, maka tingkat permintaan dari peminjam semakin tinggi. Inilah yang membuat semakin banyaknya pilihan penyedia pinjaman online langsung cair. Tapi jangan sembarangan memilih karena kamu harus memperhatikan kredibilitas dari pihak penyedia pinjaman.

Baca juga: Mengenal Pinjaman Online Cepat P2P Lending Yang Aman Dan Terpercaya, Hati-Hati Penipuan!

Resiko pinjaman bulan online langsung cair

Fintech P2P Lending (medium.com)

Pinjaman online langsung cair tidak hanya memiliki keunggulan, tapi juga terdapat resikonya dibaliknya. Supaya tidak menyesal di kemudian hari, ketahui dulu resiko pinjaman online langsung cair yang ada di bawah ini:

  • Rentan resiko penipuan online

Resiko yang paling riskan dari pinjaman online langsung cair adalah sangat rentan dari penipuan online. Kemajuan teknologi membuat para pelaku kejahatan memanfaatkannya untuk keperluan yang tidak baik. Kasus-kasus penipuan online ini sudah sangat sering terjadi dan kamu pasti pernah melihat pemberitaannya di media massa. Untuk dapat menghindari penipuan online, kamu bisa mencari penyedia pinjaman yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga keamanannya sudah pasti terjaga.

Pastikan juga kalau penyedia pinjaman memiliki kantor resmi yang terdaftar. Kamu bisa memastikannya dengan mencari keberadaan kantornya melalui Google Maps. Jika kantor resminya tidak ada, maka jangan coba-coba mengajukan pinjaman online langsung cair karena resikonya sangat tinggi.

  • Rentan terkena pencurian dan penyalahgunaan data

Resiko dari pinjaman online langsung cair yang juga paling banyak dikeluhkan masyarakat adalah rentan pencurian dan juga penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Biasanya kasus ini bisa terjadi jika penyedia pinjaman masih tergolong baru dan tidak terdaftar di OJK sehingga sistem yang mereka gunakan mudah dibobol alias dihack. Data yang dicuri bisa berupa nomor telepon, KTP, hingga kartu kredit.

  • Nominal pinjaman terbatas

Plafon Pinjaman (dream.co.id)

Berbeda dengan kredit tanpa agunan yang memiliki nominal pinjaman hingga ratusan juta, plafon pinjaman yang diberikan oleh pinjaman online langsung cair ini hanya mencapai puluhan saja. Rata-rata maksimum plafon pinjaman yang diberikan adalah Rp20 juta hingga Rp30 juta saja.

  • Bunga yang cukup tinggi

Berhubung tidak menggunakan agunan dan prosesnya sangat mudah, maka bunga yang dikenakan terbilang cukup tinggi jika dibandingkan pinjaman jenis lain. Bunga pinjaman online langsung cair bisa tinggi karena mereka menggunakan sistem perhitungan bunga harian. Jadi semakin bertambah hari, maka bunganya akan semakin bertambah.

  • Jangka waktu pinjaman pendek

Resiko yang terakhir dari pinjaman online langsung cair adalah jangka waktu pinjaman yang sangat pendek. Biasanya pihak penyedia hanya memberikanmu waktu untuk membayar cicilan kurang dari satu tahun. Beberapa di antaranya justru ada yang memberikan maksimal masa tenor 180 hari (6 bulan) atau 90 hari (3 bulan) saja. Ini dikarenakan nominal pinjaman yang diberikan tidak terlalu besar sehingga jangka waktu yang diberikan tidaklah panjang.

Baca juga: Cicilan HP Tanpa Kartu Kredit Dengan TunaiKita, Simak Caranya!

Pilihan pinjaman online langsung cair

Source: TunaiKita

Untuk pilihan pinjaman online langsung cair yang bisa kamu gunakan saat butuh dana terdesak adalah TunaiKita. Perusahaan fintech yang satu ini memberikan pinjaman dana kepadamu mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan maksimum jangka waktu peminjaman hingga 180 hari (6 bulan). Syarat pengajuannya sangat mudah karena cukup mengandalkan KTP, NPWP, dan kepemilikan rekening bank lokal seperti BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mega.

Untuk cara pengajuannya sangatlah mudah. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dan lengkapi data
  • Setelah berhasil registrasi, lakukan login
  • Isi nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor yang disanggupi
  • Klik mulai ajukan

Sekarang kamu hanya perlu menunggu pinjamanmu diproses oleh pihak TunaiKita. Jika data diri yang diberikan dan dokumen sudah lengkap, maka dana bisa cair dalam hitungan hari saja. Mudah bukan caranya? Jadi tunggu apalagi, download sekarang dan ajukan pinjaman online langsung cair di TunaiKita!