Ketahui Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik untuk Melindungi Kendaraanmu

asuransi mobil terbaik

Perlindungan tidak hanya diberikan untuk diri sendiri, tapi juga untuk mobil kita. Tapi bagaimana caranya memilih asuransi mobil terbaik? Simak cara-caranya di bawah ini!

Memiliki mobil pribadi bisa mempermudah segala aktivitas yang kita jalani. Dibanding motor, mobil lebih menawarkan kenyamanan kepada para penggunanya. Kamu bisa terhindar dari panas dan hujan. Mobil juga bisa membawa semua anggota keluarga kecilmu untuk ikut bepergian bersama. Jadi tak heran kalau hampir sebagian besar penduduk Indonesia, terutama yang tinggal di perkotaan memiliki mobil pribadi.

Tapi perlu kamu ingat kalau ada resiko dibalik pemilikan kendaraan bermotor seperti mobil probadi. Resiko yang didapat bisa berupa kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, pengrusakan oleh pihak lain. Inilah yang menjadi alasan kenapa mobil termasuk salah satu aset yang perlu dikelola risiko finansialnya melalui perlindungan asuransi.

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik 2019

Asuransi Mobil Terbaik (funender.com)

Tapi perlu kamu ketahui kalau dalam memilih perlindungan asuransi mobil terbaik yang tepat memang tidak semudah kelihatannya. Supaya nantinya tidak menyesal telah membeli asuransi mobil tersebut. TimiKimi punya beberapa cara yang bisa kamu gunakan dalam memilih asuransi mobil terbaik, yaitu:

Baca Juga : Jangan Disepelekan, Ini Pentingnya Miliki Asuransi Aset Sebagai Proteksi Dini

  • Ketahui Jenis Asuransi Mobil Terbaik

Cara pertama adalah mengetahui jenis asuransi mobil terbaik yang ada. Secara umum, jenis asuransi mobil terbaik terbagi menjadi dua, yakni Total Lost Only (TLO) dan All Risk. TLO merupakan jenis asuransi mobil terbaik yang memberikan jaminan atas kerusakan mobil yang terjadi di atas 75%. Sedangkan untuk All Risk kebalikannya dari TLO karena bisa memberikan perlindungan secara menyeluruh kepada mobilmu jika terjadi resiko apapun.

  • Kenali Kondisi Jalanan yang Sering Kamu Lalui

Sebenarnya hal terpenting ketika kamu memutuskan untuk mengambil asuransi mobil terbaik adalah mengenali bagaimana kondisi mobil yang kamu miliki serta jalanan yang sering dilalui karena hal ini akan menentukan jenis asuransi mana yang cocok untuk mobilmu. Mobil yang masih baru dengan mobil keluaran lama atau mobil yang sudah lama dipakai tidak akan sama kebutuhannya.

  • Bandingkan Lebih Dari Satu Perusahaan Asuransi

Asuransi Mobil (funender.com)

Untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik, kamu harus membandingkan lebih dari satu perusahaan asuransi. Perhatikan tingkat kredibilitas dari perusahaan tersebut dan bagaimana reputasinya di kalangan pengguna. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya, baik itu melalui internet atau dengan bertanya langsung kepada orang-orang terdekat untuk meminta saran. Jika ada banyak keluhan mengenai perusahaan asuransi mobil tersebut, maka kamu bisa beralih melirik perusahaan asuransi mobil yang lain.

  • Perhatikan Layanan Bengkel yang Diberikan

Poin yang satu ini juga tak kalah pentingnya karena bagaimanapun juga, jika terkena resiko apapun, mobil pasti akan masuk ke dalam bengkel untuk dibenahi. Oleh karena itu, kamu harus dengan jeli memperhatikan kredibilitas dan layanan dari bengkel yang menjadi rekanan perusahaan asuransi mobil terbaik yang kamu pilih. Tanyakan juga apakah bengkel tersebut dekat dengan domisili atau tempat kerjamu.

  • Prosedur Klaim dan Layanan Call Center

Selain kredibilitas perusahaan asuransi mobil terbaik, kamu juga harus melihat bagaimana prosedur klaim dan juga layanan call center yang dimiliki karena bagaimanapun juga jika perusahaan asuransi mobil terbaik susah prosedur layanan klaimnya, maka dana pengganti asuransi juga akan sulit kamu dapat. Begitu juga dengan layanan call centernya. Cari perusahaan asuransi mobil terbaik yang layanan call centernya 24 jam sehingga bisa mudah dihubungi kapan saja.

  • Ambil Premi yang Sesuai dengan Budget

Pinjam Uang (Sumber: Jurnal.id)

Besaran premi sangat berperan penting dalam pengambilan keputusan asuransi mobil terbaik karena pastinya kamu tidak mau kalau tiba-tiba di pertengahan jalan kamu tidak bisa membayar premi dan menunggak sehingga manfaat yang dirasakan tidak maksimal. Sekarang sudah banyak perusahaan asuransi mobil terbaik yang menawarkan premi murah dan terjangkau.

Baca Juga : Seluk Beluk Asuransi Pendidikan Anak, Manfaat Dan Tips Memilih Yang Terbaik

Perlu kamu ketahui kalau rata-rata untuk premi asuransi mobil TLO, nilainya antara 0,8%-1% dari harga mobil. Sedangkan untuk premi asuransi mobil all risk, rata-rata adalah 2-3%. Jadi kamu bisa memperkirakan terlebih dahulu kira-kira berapa biaya yang akan kamu keluarkan nanti.

  • Fitur Tambahan Juga Bisa Jadi Poin Plus

Beberapa fitur tambahan yang paling terkenal adalah adanya TPL (Third Party Liability) yang memberikan ganti rugi kepada pihak ketiga, mobil derek, hotline service, mobil ambulans, layanan antar jemput mobil ke bengkel, hingga road side assistance yang bisa langsung membantumu memperbaiki mobil langsung di lokasi.

Lima Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik 2019

Asuransi Mobil Terbaik (squarespace.com)

Jika kamu masih kebingungan bagaimana cara memilih asuransi mobil terbaik, TimiKimi akan memberikan lima rekomendasi perusahaan asuransi mobil terbaik yang bisa kamu pilih, yaitu;

1. Jasaraharja Putera

Asuransi Jasaraharga Putera adalah asuransi mobil terbaik yang paling banyak diminati karena premi yang diberikan tergolong sangat murah jika dibandingkan perusahaan asuransi mobil lainnya. Asuransi mobil yang sudah ada sejak tahun 1993 ini memiliki 27 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. Garda Oto

Asuransi mobil terbaik Garda Oto yang sudah terjamin kredibilitasnya karena pada tahun 2013, Garda Oto meraih penghargaan sebagai asuransi mobil dari salah satu lembaga survei Indonesia. Jenis asuransi yang diberikan juga bervariasi, ada asuransi TPO dan all risk yang melindungimu dari bencana alam yang menyebabkan mobil mengalami kerusakan parah.

3. Adira

Premi Asuransi Mobil (topbank.vn)

Asuransi mobil terbaik Adira yang dinamakan Autocilin Auto Insurance yang memberikan banyak keuntungan untukmu, mulai dari ketersediaan mobil derek, kemudahan proses klaim, hingga premi yang sangat terjangkau. Jenis asuransi yang ditawarkan adalah all risk dan TLO. Jika ingin klaim, kamu bisa langsung telpon saja dan pihak Adira akan datang mengantar jemput mobilmu ke bengkel.

4. Sinar Mas

Perusahaan asuransi mobil terbaik Sinar Mas memiliki keuntungan yang disukai banyak orang yakni kamu bisa langsung klaim ke bengkel yang bekerjasama atau ditunjuk oleh Sinar Mas. Selain itu, kamu bisa mendapatkan perlindungan perluasan yang terdiri dari kecelakaan diri, pengobatan, tanggung jawab secara hukum kepada pihak ketiga, huru-hara, banjir, dan tsunami.

5. AXA Auto Insurance

Layanan asuransi mobil terbaik milik AXA Auto Insurance menawarkan perlindungan jika kamu kehilangan kunci kendaraan dan kerugian total ketika mobil mengalami kecekaan atau hilang alias dicuri. Tak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan pertanggungjawaban hukum dari pihak ketiga. AXA Auto Insurance memiliki empat pilihan paket yang bisa kamu pilih sesuai dengan dana keuangan.

Pembayaran Premi Tidak Boleh Menunggak, Gunakan Pinjaman Ini Saat Belum Gajian

Source: TunaiKita

Ketika sudah membeli premi asuransi mobil terbaik dan memegang polisnya, kamu harus selalu membayar iuran premi per bulannya dengan lancar karena kalau menunggak pembayaran premi maka kamu tidak bisa mendapat manfaat lebih dari asuransi mobil terbaik. Kalau sedang kekurangan dana untuk membayar premi sementara tanggal gajianmu masih lama, kamu bisa menggunakan pinjaman TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang bisa memberikanmu pinjaman hingga Rp20 juta dengan masa tenor pinjaman mencapai 180 hari (6 bulan). Cara mengajukan pinjaman online TunaiKita sangatlah mudah. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Baca Juga : Harus Tahu Pentingnya Asuransi Untuk Millennials

  • Siapkan persyaratan yang diminta seperti KTP, NPWP, dan rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mega).
  • Download aplikasi TunaiKita yang tersedia di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri yang lengkap
  • Setelah itu baru login ke dalam aplikasi
  • Pilih nominal pinjaman yang diinginkan beserta jangka waktu cicilan yang disanggupi
  • Klik mulai ajukan dan lengkapi persyaratan yang diminta dengan menguploadnya

Sekarang kamu tinggal menunggu pengajuan pinjaman diproses oleh pihak TunaiKita. Jika pengajuan pinjaman diterima, maka dalam jangka waktu beberapa hari, dana pinjaman akan langsung ditansfer ke rekening bank lokal yang sudah kamu berikan sebelumnya.