Sudah Punya PLN Mobile? Ini Keuntungan Lainnya yang Belum Banyak Orang Ketahui

Biasanya kita membayar listrik datang langsung ke tempat pembayaran resmi. Nah, sekarang Perushaan Listrik Negara (PLN) menyediakan PLN Mobile untuk memudahkan kita dalam melakukan pembayaran,lho. Tidak hanya dapat melakukan layanan pembayaran saja, ternyata ada keuntungan PLN Mobile lainnya yang dapat kamu rasakan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

Perkembangan teknologi memang mempermudah siapa saja dalam menyelesaikan masalah apapun. Nah, begitu juga dengan masalah kelistrikan. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mengembangkan versi terbaru PLN MOBILE sebagai aplikasi berbasis Android dengan cara meningkatkan kualitas dari sisi layanan dan penggunaan yang lebih user friendly. Aplikasi yang suda resmi dirilis pada Oktober 2016 silam. Namun terus diperbarui seiring berjalannya waktu.

PLN Mobile sudah ter-download oleh lebih dari 170.000 pengguna. Dan memiliki fitur yang dapat memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan listrik dalam satu genggaman. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam aplikasi PLN Mobile ini, lho! Apa saja? Simak ulasan TimiKimi yuk!

Keuntungan PLN Mobile yang Bisa Kamu Rasakan

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online dan Simulasinya (www.aturduit.com)

Sebelum mengetahui keuntungan PLN Mobile yang dapat kamu rasakan menggunakan PLN Mobile, ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa itu PLN Mobile dan bagaimana cara menggunakannya. Tenang, semua akan TimiKimi bahas untuk kamu di sini.

Baca juga: Bayar Pajak Online Nggak Perlu Datang Ke KPP Dijamin Lebih Praktis

Apa Itu PLN Mobile

PLN Mobile adalah aplikasi terintegrasi yang memadukan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). Aplikasi ini diluncurkan pada 31 Oktober 2016 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, bertepatan dengan hari Listrik Nasional ke-71 saat itu.

Hadirnya PLN Mobile diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan yang selama ini diakses masyarakat. Sebagai contoh, yang dulunya masyarakat harus menghubungi call center PLN di nomor 123 untuk mengetahui berapa besar tagihan listrik yang harus dibayar. Namun, kini mengecek tagihan listrik lebih praktis dilakukan lewat PLN Mobile.

Dari PLN Mobile pula, masyarakat bisa mendapat informasi mengenai pemakaian listrik. Mulai dari mendapat informasi adanya pemadaman listrik hingga menyampaikan keluhan yang dialami selama menggunakan layanan PLN. Di sinilah fungsi integrasi dalam PLN Mobile bekerja.

Bagaimana Cara Daftar PLN Mobile?

PLN Mobile, Layanan PLN dalam Satu Genggaman (kalsel.prokal.co)

Untuk bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile sepenuhnya, kamu harus download aplikasinya terlebih dahulu di smartphone-mu. Untuk kamu pengguna Android, kamu bisa download aplikasinya di Google Play Store. Sedangkan untuk pengguna iPhone bisa download di App Store.

Setelah PLN Mobile terpasang di smartphone, buka aplikasi tersebut buat melakukan pendaftaran. Di halaman PLN Mobile yang terbuka tersebut nantinya ada pilihan Daftar yang harus diklik agar bisa mendaftarkan diri.

Begitu pilihan Daftar di klik, pengguna diminta memasukan:

  • Nama lengkap.
  • IDPEL/Nomor Meter.
  • Lokasi persil (otomatis atau isi sesuai KTP).
  • Nomor handphone yang aktif digunakan.
  • Email atau lakukan integrasi Gmail.
  • Password sebanyak 6 digit.
  • Ketik ulang password yang sebelumnya telah dimasukkan.

Setelah melakukan semua langkah di atas, pengguna sudah bisa sepenuhnya memakai aplikasi PLN Mobile. Gimana? Sangat mudah, bukan?

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Tagihan Listrikmu Selalu Membengkak

Cara Cek Tagihan Listrik di PLN Mobile

Cara Cek Layanan Info Prepaid PLN untuk Pengguna Listrik Prabayar (review.bukalapak.com)

Seperti yang sudah TimiKimi jelaskan di atas, fitur cek tagihan listrik menjadi salah satu keuntungan yang bisa dinikmati masyarakat dengan menggunakan PLN Mobile. Lalu, gimana cara cek tagihan listrik lewat PLN Mobile?

Berikut ini adalah langkah-langkah cek tagihan listrik di PLN Mobile.

  • Buka aplikasi PLN Mobile yang telah terpasang di smartphone.
  • Kemudian pilih menu Informasi.
  • Selanjutnya, pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  • Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter Anda.
  • Setelah semuanya terisi, pilih Cek Tagihan.
  • Semua informasi tagihan listrik ataupun transaksi pembelian token ditampilkan PLN Mobile.

Keuntungan Lain dari PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile Gantikan Layanan Call Centre (kumparan.com)

1. Fitur Permohonan

Keuntungan PLN Mobile yang pertama yaitu adanya fitur permohonan. Dalam fitur ini, sejumlah permohonan bisa diajukan ke PLN. Ada tiga permohonan yang sejauh ini bisa diajukan pelanggan, dari permohonan pasang baru, permohonan mutasi tarif/daya, hingga permohonan Penerangan Sementara (PESTA).

2. Fitur Pengaduan

Di PLN Mobile setiap pelanggan dipermudah dalam menyampaikan keluhan yang dirasakan. Kalau dulu menyampaikan keluhan itu mesti menghubungi call center, kini keluhan bisa disampaikan secara online yang notabene lebih praktis lewat aplikasi PLN Mobile.

3. Fitur Informasi

Dalam fitur PLN Mobile yang satu ini, banyak sekali hal yang pelanggan bisa dapatkan. Pelanggan dapat peroleh Informasi Tagihan dan Token Listrik, Informasi Tarif Listrik Berlaku, Simulasi Pasang Baru, Simulasi Perubahan Daya, hingga Simulasi Penerangan Sementara.

Belakangan nih gara-gara padamnya listrik di sebagian besar Pulau Jawa selama 2 – 3 hari, PLN menambahkan menu Informasi Kompensasi Tingkat Mutu Pelayanan. Adanya menu ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat buat mengetahui besaran ganti rugi yang diterima akibat padamnya listrik yang menjadi kesalahan PLN.

4. Fitur Pembayaran

Fitur PLN Mobile ini bermanfaat buat mengetahui besaran biaya yang sebaiknya disiapkan terkait layanan PLN yang dipergunakan. Di fitur ini pelanggan bisa mengecek informasi total tagihan dengan memasukkan Nomor Booking yang telah diberikan PLN.

Selain tahu besaran biaya, pelanggan juga diberi petunjuk apa aja metode pembayaran yang bisa dipilih. Sejauh ini pilihan metode pembayaran yang tersedia antara lain Layanan Satu Pintu (LSP), bayar melalui Bank Mandiri, hingga transfer antarbank.

Baca juga: 6 Pengeluaran Rumah Tangga Yang Bisa Bikin Dompet Kering!

Mudah dan Hemat Waktu

Nah, Sobat dengan adanya PLN Mobile tentunya sangat memudahkan kita untuk menggunakannya, bukan? Belum lagi jika kamu ingin membayar tagihan listrik dan tidak punya waktu untuk pergi ke tempat pembayaran listrik, kamu bisa langsung buka aplikasi PLN Mobile-mu dimanapun dan kapanmu.

Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba!