KTA Online Jadi Solusi Tepat Saat Kurang Modal Bisnis

KTA Online

Membuka bisnis memang membutuhkan dana yang cukup besar. Jika dana yang dibutuhkan kurang, kita harus mengajukan pinjaman KTA online. Tapi sebelum mengajukan simak dulu beberapa tips yang ada di bawah ini beserta pilihan bank penyedia KTA online yang cocok untuk tambahan modal bisnis. 

Di era teknologi yang sudah semakin canggih ini, memasarkan bisnis tidaklah sesulit zaman dahulu. Kita bisa memanfaatkan jaringan internet untuk memasarkan produk atau jasa yang kita miliki melalui media sosial dan e-commerce. Dengan begitu, jaringan bisnis bisa menjadi lebih luas. Inilah yang menjadi alasan kenapa para pelaku bisnis saat ini kebanyakan adalah anak muda yang masuk dalam golongan generasi milenial, baik itu bisnis startup, kuliner, hingga fashion. Pastinya dalam membangun bisnis dibutuhkan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Berhubung kebanyakan pelaku bisnis adalah generasi milenial, maka dana modal yang dimiliki juga tidaklah seberapa karena mereka belum memiliki tabungan yang mencukupi untuk membuka bisnis.

Salah satu solusi cerdas supaya bisnis bisa berjalan dengan baik adalah dengan mengajukan pinjaman KTA online. KTA online merupakan kredit tanpa agunan yang diajukan secara online, baik itu melalui website maupun aplikasi. KTA online diberikan oleh bank, baik itu bank swasta maupun bank milik pemerintah. Plafon pinjaman yang diberikan berkisar mulai dari Rp5 juta hingga ratusan juta lebih. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa para calon pengusaha lebih memilih untuk mengajukan pinjaman KTA karena nominal pinjaman yang jauh lebih besar jika dibandingkan pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Tips Mengajukan Pinjaman KTA Online untuk Modal Bisnis

KTA Online Bisnis (www.tanzecampus.com)

Untuk mengajukan pinjaman KTA online, kamu tidak boleh asal mengajukan karena jika salah langkah, kamu bisa terlilit hutang atau pengajuan tidak diterima. Supaya pengajuan KTA tanpa BI checking berjalan lancar, ada baiknya kamu ikuti beberapa tips yang ada di bawah ini dulu:

1. Tentukan Skala Usaha

Tips yang pertama dalam pengajuan KTA online adalah menentukan terlebih dulu skala usahamu. Apakah skala usahamu ini skala kecil, menengah, atau besar. Dengan menentukan skala usaha, kamu bisa mengetahui berapa nominal dana yang kamu butuhkan. Biasanya untuk skala usaha kecil seperti usaha rumahan atau usaha sambilan, dana yang dibutuhkan berkisar antara Rp5 juta hingga Rp20 jutaan. Untuk skala usaha sedang seperti skala UMKM, dana yang dibutuhkan antara Rp20 hingga Rp50 jutaan lebih. Sedangkan untuk skala usaha besar dana yang dibutuhkan bisa mencapai ratusan juta lebih.

2. Buat Rincian Perhitungan Modal Bisnis

Menghitung Modal Bisnis (cnbc.com)

Tips selanjutnya adalah dengan membuat rincian perhitungan modal bisnis. Hal ini dilakukan supaya nantinya dana yang diajukan tidak kurang dan tidak lebih. Jika dana kurang, maka kelancaran bisnis akan terganggu sedangkan kalau dananya lebih, maka beban hutang jadi lebih banyak. Buatlah rincian semua biaya yang dibutuhkan untuk modal bisnis, mulai dari biaya membeli bahan baku, biaya produksi, biaya sewa tempat, biaya gaji karyawan, dan lain sebagainya. Dengan membuat rincian perhitungan bisnis, kamu bisa mengetahui secara pasti berapa dana yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnismu nanti.

3. Pilih Penyedia KTA Online yang Sesuai

KTA Online Bisnis (gobankingrates.com)

Ketika akan mengajukan pinjaman KTA online, penting untuk memilih penyedia KTA online yang sesuai. Supaya bisa memilih dengan tepat, sebaiknya cari penyedia KTA online lebih dari satu supaya kamu bisa membandingkan mana yang memberikan penawaran terbaik untukmu. Beberapa penyedia KTA online yang banyak dituju untuk mengajukan pinjaman KTA online untuk usaha adalah:

  • Amar Bank

Amar Bank merupakan salah satu bank yang bisa memberikan pinjaman KTA online. Kamu bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp2 juta sampai Rp20 juta dengan masa tenor mulai dari 6 bulan sampai 20 bulan. Syarat utama yang harus dipenuhi hanyalah memiliki penghasilan bulanan minimal Rp2,5 juta, KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan rekening tabungan pribadi. Bunga yang dikenakan oleh Amar Bank adalah bunga tetap 3% per bulannya.

  • KEB Hana Bank

KEB Hana Bank juga menjadi bank penyedia KTA online yang memberikan penawaran pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp200 juta. Masa tenor peminjamannya mulai dari 12 bulan sampai 60 bulan. Sementara untuk syarat pengajuannya adalah memiliki pekerjaan dengan masa kerja minimal 1 tahun, KTP, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji asli, dan rekening koran selama 3 bulan terakhir.

Baca Juga : KTA BNI: Ini Cara Ajukan KTA Dengan Proses Cepat

  • Bank Bukopin

Bank lainnya yang juga memberikan pinjaman KTA online adalah Bank Bukopin. Kamu bisa mendapatkan pinjaman dana mulai dari Rp25 juta hingga Rp100 juta dengan masa cicilan maksimum 60 bulan. Untuk syarat yang harus dipenuhi adalah penghasilan minimum hanya Rp2 juta per bulan, memiliki kartu kredit aktif minimal 1 tahun, KTP, NPWP, slip gaji atau bukti penghasilan, dan rekening koran. Proses pencairannya sangat cepat. Jika semua data yang kamu berikan sudah lengkap, maka dana pinjaman bisa cair dalam waktu 1 hari kerja saja.

4. Lakukan Simulasi Perhitungan Hutang

Menghitung Modal Bisnis (www.mileiq.com)

Selain melakukan perhitungan modal bisnis, kamu juga harus melakukan simulasi perhitungan hutang supaya nantinya cicilan hutang KTA online bisa dibayarkan secara tepat waktu. Bagaimana cara melakukan simulasi perhitungan hutang? TimiKimi akan membantu menjelaskannya. Misalkan saja kamu membutuhkan modal usaha Rp50 juta. Bunga yang dikenakan oleh bank 2% per bulan dengan masa tenor pinjaman 36 bulan. Maka simulasi perhitungan hutangnya menjadi seperti ini:

Cicilan pokok: Rp50 juta : 36 bulan = Rp1,39 juta

Bunga per bulan: Rp50 juta x 2% = Rp1 juta

Cicilan per bulan yang harus dibayar: Rp1,39 juta + Rp1 juta = Rp2,39 juta

Jadi nantinya per bulan kamu harus menyisihkan dana dari pendapatan usahamu sebesar Rp2,39 juta untuk membayar cicilan selama 36 bulan hingga lunas.

5. Penuhi Persyaratan dan Dokumen yang Diperlukan

KTA Online Bisnis (alliance-exposition.com)

Agar pinjaman bisa diterima dan tidak mengalami penolakan, baca dengan teliti apa saja persyaratan dan dokumen yang diperlukan. Jangan sampai ada yang terlewat karena kebanyakan pengajuan ditolak karena syarat dan dokumen tidak lengkap. Berhubung pinjaman ini berjenis online, maka semua dokumen harus kamu scan terlebih dahulu. Saat mengescan, pastikan semua tulisan yang ada pada dokumen bisa terbaca dengan jelas alias tidak buram atau lecek. Satu hal lagi yang paling penting adalah memberikan data sejujur mungkin dan cantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi karena pihak penyedia akan menghubungimu sewaktu-waktu untuk melakukan konfirmasi dan verifikasi data diri.

Alternatif Pinjaman Lain untuk Modal Bisnis Selain KTA Online

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

KTA online memang menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan. Tapi tidak semua pengajuan KTA online diterima oleh bank. Jika pengajuan KTA online milikmu tidak diterima, masih ada jenis pinjaman lainnya yang bisa kamu andalkan, yakni pinjaman online. Pinjaman online merupaka jenis pinjaman yang diberikan oleh perusahaan fintech melalui aplikasi atau website. Salah satu penyedia pinjaman online yang sudah dikenal oleh masyarakat adalah TunaiKita yang bisa memberikan pinjaman hingga Rp20 juta dengan jangka waktu peminjaman bisa mencapai 180 hari lamanya.

Baca Juga : Pengajuan Pinjaman KTA Bisa Langsung Disetujui Jika Kamu Ikuti 5 Hal Ini!

Untuk cara mengajukan aplikasi pinjaman online TunaiKita ini sangatlah mudah dan cepat. Kamu cukup menyiapkan KTP, NPWP, dan rekening bank lokal milik pribadi seperti rekening bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Danamon. Setelah menyiapkan ketiga syarat pengajuan di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasi
  • Isi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Mudah bukan caranya? Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa mendapatkan dana untuk modal usaha. Selamat menjalankan bisnismu Sobat!