Indonesia terkenal dengan makanan-makanan khasnya yang memiliki citarasa yang tinggi dan unik. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Contohnya saja rendang, makanan khas masyarakat daerah Padang, Sumatera Barat.

 

Di artikel kali ini, TimiKimi akan membahas tentang menu makanan Indonesia yang paling terkenal dan populer di Indonesia. Apa aja sih? Simak ulasan di bawah yuk!

 

Gado-Gado

source: Google

Makanan khas Indonesia paling populer yang pertama adalah gado-gado. Nama gado-gado identik dengan kata campur-campur. Nama tersebut menggambarkan apa yang ada di dalam menu makanan ini. Terdiri dari sayur-sayuran seperti kacang panjang, bayam, jagung, toge, timun, tempe, kentang, dan telur, semuanya dicampur dalam satu piring yang kemudian diberi saus kacang.

 

Sate

Makanan khas Indonesia paling populer selanjutnya adalah sate. Di Indonesia, sate merupakan makanan tradisional yang sudah terkenal sejak lama. Pada mulanya, sate diperkenalkan pada Indonesia oleh para pedagang dari Arab.

source: Google

Sate dimasak dengan cara menusukan lidi pada daging kemudian dibakar dengan menggunakan arang. Daging yang digunakan biasanya bermacam-macam. Ada yang menggunakan daging ayam, kambing, domba, bahkan kelinci. Biasanya akan lebih lengkap jika disantap bersamaan dengan nasi atau ketupat.

 

Soto

Menu makanan yang berkuah ini biasanya disajikan dengan kaldu ayam yang sudah dibumbui kunyit. Itu kenapa kuah soto identik dengan warna kuning. Selain itu, soto juga dilengkapi dengan daging ayam atau sapi yang sudah dipotong-potong, telur rebus, nasi dan bawang merah. Menu pendampingnya ada dua, nasi atau bihun. Ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing Sobat.

source: Google

Jika kamu ingin mencoba berbagai variasi dari soto, kamu bisa mencobanya dengan berkeliling ke beberapa daerah di luar Jakarta karena disana biasanya memiliki variasi yang berbeda-beda, seperti soto Kudus di Jawa Tengah dan coto Makassar di Sulawesi.

 

Gudeg

source: Google

Makanan khas Yogyakarta ini menggunakan nangka muda sebagai bahan baku utama yang dimasak dengan menggunakan campuran susu kelapa dan gula aren. Sensasi pedas yang terdapat pada gudeg merupakan kombinasi dari beberapa cabai. Sedangkan warna coklat dihasilkan dari bahan alami yakni daun kayu jati. Gudeg menjadi salah satu simbol dari kota Yogyakarta yang menggugah selera. Baik dari tekstur ataupun rasa, banyak orang yang pasti suka dengan makanan Indonesia yang satu ini.

 

Nasi Goreng

Siapa yang tidak pernah makan menu makanan yang satu ini? Bahkan tidak hanya populer di Indonesia,  nasi goreng juga cukup populer di wilayah Asia Tenggara. Sesuai dengan namanya, cara membuat nasi goreng adalah dengan menggoreng nasi putih yang telah diberi bumbu tambahan seperti kecap manis, garam, merica, saus tiram, dan ditambah dengan telur dadar. Sebagai pelengkap, ada juga beberapa orang yang menambahkan acar dan kerupuk pada nasi goreng.

source: Google

Untuk asal-usulnya sendiri, ada yang mengatakan bahwa nasi goreng berasal dari Indonesia dan ada pula yang mengatakan bahwa nasi goreng merupakan makanan asli dari Cina. Akan tetapi, kita semua pasti memiliki menu makanan ini di rumah, bukan?

 

Ketoprak

source: Google

Makanan hits asal Indonesia selanjutnya adalah ketoprak. Ketoprak merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang bisa dengan mudah kita temukan dimana-mana. Dari restoran hingga pedagang kaki lima. Bagi kamu yang sudah pernah makan ketoprak pasti tahu seperti seberapa lezat makanan yang satu ini. Hanya menggunakan dengan bahan-bahan sederhana seperti telur, toge, lontong, bihun, tahu dan kerupuk, makanan ini menjadi menu yang paling diserbu oleh banyak orang.

 

Pempek

source: Google

Makanan khas kota Palembang ini biasa disebut juga dengan empek-empek. Makanan khas Palembang ini menggunakan ikan sebagai bahan baku utama. Mulai dari ikan belida , ikan kutak , ikan tenggiri hingga ikan gabus. Biasanya pempek dimakan dengan menggunakan bumbu kuah asam pedas yang terbuat dari cuka. Jika kamu mengunjungi kota Palembang, wajib hukumnya untuk mencicipi menu makanan ini langsung karena biasanya, rasanya akan berbeda jika kamu tidak mencoba langsung dari kota asalnya.

 

Sambal Terasi

source: Google

Pecinta makanan pedas pasti sudah sangat akrab dengan sambal yang satu ini. Sambal terasi bisa dijadikan pelengkap untuk berbagai jenis dan variasi makanan. Biasanya orang makan sambal terasi bersamaan dengan makanan lain seperti lalapan, tempe goreng, ayam goreng, dan juga ikan goreng.

 

Rendang

source: Google

Makanan Indonesia paling populer yang terakhir adalah rendang. Makanan khas Indonesia yang satu ini menjadi menu yang paling digemari oleh banyak orang. Bahan utama untuk membuat rendang adalah daging sapi. Rendang yang lezat adalah rendang yang empuk dan mudah untuk dikunyah. Tidak hanya itu, daging sapi juga harus diolah dengan rempah-rempah lainnya agar terasa pedas dan gurih.

 

Nah Sobat, itu dia makanan paling populer asal Indonesia. Jika kamu seorang pecinta kuliner, tentunya kamu sudah pernah mencicipi makanan yang TimiKimi ulas diatas, bukan? Kira-kira, makanan populer apa lagi yang menjadi ciri khas Indonesia Sobat?

 

Penulis: Indah Sari