Ketika kamu berbelanja, mana yang lebih kamu pilih, menggunakan uang cash atau kartu kredit? Keduanya memang memiliki peranan penting yang bisa disesuaikan dengan masing-masing kegunaan. Contohnya saja, uang tunai banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari mengingat uang tunai sangat praktis untuk berbelanja dimana dan kapan saja. Dengan uang tunai ini, kamu tidak perlu lagi susah payah mencari tempat belanja yang menggunakan mesin.

 

Berbeda halnya dengan penggunaan kartu kredit yang harus digesek ke mesin EDC walaupun sama kegunaannya sebagai alat pembayaran ketika berbelanja. Kartu kredit lebih bermanfaat ketika digunakan untuk membeli produk yang menawarkan harga/penawaran khusus. Selain itu, sudah banyak merchant-merchant yang menerima pembayaran kartu kredit sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila ingin berbelanja gunakan kartu kredit.

 

Setelah penjelasan singkat di atas, seberapa seringkah kamu menggunakan uang tunai dan kartu kredit? Mana yang lebih baik antara kedua alat pembayaran tersebut? Berikut akan TimiKimi jelaskan kelebihan dan kelemahan dari kedua jenis pembayaran tersebut:

 

Uang Tunai

Kemudahan Transaksi

Seperti yang kita ketahui bahwa bertransaksi dengan kartu debit/kredit tetap harus menggunakan sinyal provider agar transaksi. Terkadang ada beberapa tempat yang memiliki kendala sinyal dalam bertransaksi. Jadi, untuk alasan kenyamanan, ada baiknya kamu tetap menyimpan uang tunai dalam dompetmu.

 

Hutang Kecil

Dengan uang tunai, kemungkinan berhutang lebih kecil dan kas bon jadi berkurang. Selain itu, transaksi tunai juga langsung selesai tanpa perlu ada biaya tambahan atau perpanjangan lagi.

Risiko Kriminalitas

Membawa uang tunai dalam jumlah banyak bisa mengundang/memancing niat jahat seseorang untuk mencuri uangnya. Risiko penjambretan ini masih tinggi dan menjadi masalah serius. So, bawa uang tunai secukupnya.

 

Gampang Hilang/Terselip

Mungkin kamu tidak sadar jika suka meletakkan uang kembalian di dalam saku tas, celana, atau mobil. Padahal jika dikumpulkan, nilainya tentu lumayan.

 

Tidak Praktis

Membawa uang tunai yang begitu banyak tentunya tidak praktis. Dompet terasa berat dan berantakan. Bukankah begitu, Sobat TunaiKita?

 

Kartu Kredit

Lebih Cepat dan Tepat

Membayar metode nontunai bisa mempersingkat waktu karena kamu tidak perlu sibuk lagi mencari ATM untuk menarik uang tunai atau menunggu uang kembalian. Nilai transaksi yang kamu keluarkan pun tepat sampai angka terakhir.

 

Aman & Transparan

Kartu kredit lebih aman dibandingkan uang tunai. Kenapa? Jika terjadi kehilangan, kartumu bisa langsung diblokir dan berbeda dengan uang tunai yang hilang begitu saja diambil pencuri. Untuk transparasi, setiap transaksi kartu kredit akan terekam sistem.

Mudah Memancing Hutang

Kartu kredit umumnya memiliki banyak penawaran program diskon dan cashback yang menggiurkan. Hal ini yang menyebabkan kamu akan terjebak hutang. Saking mudahnya dalam penggunaan, kamu bisa-bisa tidak sadar bahwa kartu kredit akan membuatmu terlilit hutang.

 

Walaupun kedua alat pembayaran ini masih menjadi perdebatan, masyarakat masih tetap menggunakan keduanya untuk melakukan transaksi. Asasl bisa mengontrol, tidak menjadi masalah.

 

Penulis: Melati Maha