Untuk kamu yang belum tahu, Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman tanpa membebankan calon nasabah mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Dengan kata lain, kamu tidak perlu memberikan jaminan apapun saat mengajukan pinjaman. Dalam hal ini bank hanya mengambil keputusan pemberian kredit berdasarkan pada riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi.

 

Untuk hal penggunaan, ada beberapa hal yang membuat seseorang mengajukan KTA. Salah satunya adalah untuk kebutuhan konsumsi. Itu pun masih bersifat luas dan bermacam-macam. Dalam hal ini, kemampuan dari nasabah untuk melaksanakan kewajiban pembayaran kembali atau melunasi pinjaman menjadi satu-satunya jaminan.

 

Di artikel kali ini, TimiKimi ingin membahas manfaat-manfaat yang bisa kamu dapatkan dari KTA. Apa aja sih? Yuk simak ulasan berikut.

 

Ingin Buka Usaha Tapi Kekurangan Modal

Tidak sedikit para pengusaha yang memaksimalkan manfaat pinjaman KTA untuk menambah modal usaha mereka. Hal ini dikarenakan mereka tidak perlu memberikan jaminan. KTA akan sangat tepat untuk kamu yang baru akan merintis sebuah usaha. Namun, pastikan bahwa hasil usaha yang mungkin didapat sebanding untuk melunasi cicilan KTA dan bunga setiap bulan.

 

Dana Darurat karena Pencairan Cepat

Situasi darurat memang tidak akan pernah bisa dihindari. Bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kecelakaan, jatuh sakit, musibah dan lain sebagainya yang tentu saja pada akhirnya menuntut kita untuk mengeluarkan biaya. Disinilah KTA mengambil peran lebih, karena dia memiliki keunggulan proses pencairan yang cepat.

Proses pencairan dana KTA biasanya membutuhkan waktu kurang dari seminggu. Berbeda dengan Kredit Multiguna yang proses pencairannya biasanya memakan waktu sampai 2 minggu. Karena bank membutuhkan waktu untuk menilai aset yang digunakan.

 

Tambahan Modal Nikah

Berapa biaya nikah yang dibutuhkan saat ini? Rasanya sudah sangat wajar jika kita menyebut angka Rp 50-100 juta. Kekurangan biaya seringkali menjadi alasan seseorang mengundur atau bahkan membatalkan pernikahan mereka.

Kamu bisa memanfaatkan KTA untuk menambah biaya pernikahanmu. Tapi yang harus kamu ingat, kamu harus memprioritaskan cicilannya ketika sudah berumah tangga nanti.

 

Membeli Perabotan Rumah Tangga

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis atau memenuhi kebutuhan saat dihadapi dengan kondisi mendesak, Kredit Tanpa Agunan juga bisa dijadikan alternatif sumber pembiayaan untuk pembelian alat rumah tangga.

Sebenarnya TimiKimi tidak terlalu menyarankan kamu untuk menggunakan KTA dengan keperluan ini. Karena, tidak sebanding rasanya kalau sampai berhutang hanya untuk membeli keperluan pribadi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Tapi akan berbeda hal jika kamu bisa menutupi cicilanmu dengan gaji bulanan yang memungkinkan.

 

Liburan tapi Tidak Memiliki Biaya

KTA juga bisa kamu gunakan sebagai talangan untuk biaya liburanmu. Lagi-lagi, TimiKimi tidak menyarankan kamu mengajukan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif seperti ini. Tapi jika kamu bisa konsisten dan disiplin dengan tanggung jawab cicilanmu, tidak ada salahnya untuk mewujudkan liburan impian dengan KTA.

 

 

Nah, itu dia Sobat manfaat-manfaat KTA yang bisa kamu maksimalkan untuk memenuhi kebutuhanmu. Jika dilihat dari manfaat yang sudah TimiKimi jabarkan di atas, KTA bisa menjadi solusi untuk seluruh permasalahan keuanganmu.

 

Kamu juga bisa mengajukan pinjaman kepada TunaiKita dan memilih produk pinjaman sesuai dengan kebutuhanmu. Info lebih lengkapnya, bisa kamu lihat di www.tunaikita.com atau langsung download aplikasinya sekarang!

 

Penulis: Indah Sari