Jika kamu seorang pecinta komik, pasti sudah tidak asing dengan nama Stan Lee. penulis, editor, penerbit, produser sekaligus aktor dari Amerika ini tutup usia pada 12 November 2018. Co-creator Marvel Comics ini telah memberi dunia beberapa superhero yang paling ikonik, termasuk Fantastic Four, Spider-Man, dan Incredible Hulk.

 

Lee yang meninggal pada umur 95 tahun, memulai karirnya dengan meluncurkan sebuah komik di Timely Comics pada tahun 1939. Kemudian Lee harus bekerja sebagai penyedia filler text untuk Captain America, yang ditulis oleh Joe Simon dan Jack Kirby. Timely Comics yang kemudian berubah nama menjadi Marvel Comics, menjadi wadah untuk benar-benar memulai karir Lee dalam dunia komik.

 

Dalam rangka mengenang Lee, di artikel kali ini TimiKimi ingin membahas tentang jejak karir dari Stan Lee selama memberikan kontribusi yang acap kali menjadi karya blockbuster. Apa aja sih? Simak ulasannya di bawah ini yuk.

 

            Fantastic Four

            Berdasarkan komik aslinya, Fantastic Four menjadi kuat setelah terpapar sinar kosmik di luar angkasa. Lee menolak gagasan bahwa superhero identik dengan remaja, ia justru menghadirkan beberapa superhero yang sedikit berbeda untuk berjuang menghadapi berbagai masalah.

            Fantastic Four edisi pertama dirilis pada tahun 1961. Karakter, plot dan teks diciptakan oleh Lee dan untuk ilustrasinya dibuat oleh seniman Marvel terkenal yaitu Jack Kirby.

 

The Incredible Hulk

            Hulk pertama kali dirilis pada tahun 1962. Lee dan Kirby menghadirkan keajaiban Silver Age lainnya dalam bentuk seorang monster Hulk yang terkena radiasi. Pada tahun 1978-1982, CBS mengubah Hulk menjadi serial TV yang sukses yang diperankan oleh Bill Bixby dan Lou Ferrigno. Dalam beberapa kesempatan, Hulk juga muncul di dalam koleksi layar lebar Marvel. Pada tahun 2003, aktor Australia Eric Bana memerankan pahlawan berwarna hijau ini dan pada tahun 2008 film The Incredible Hulk yang dibintangi Edward Norton berhasil menghasilkan $55,4 juta pada akhir pekan pembukaannya.

 

Spider-Man

            Peter Parker yang terkenal dengan jaring laba-laba dan keahliannya dalam menaklukkan gedung-gedung tinggi, diciptakan oleh Stan Lee pada tahun 1962. Berawal dari keinginannya untuk menciptakan pahlawan remaja yang lincah, kemudian berlanjut ke konsep laba-laba, Lee dan Steve Ditko menciptakan salah satu pahlawan Marvel yang paling terkenal ini.

            Pada tahun 1978, Spider-Man pernah memiliki TV Series yang diputar tidak terlalu lama. Pada 2002, film Spider-Man yang dibintangi Tobey Maguire menghasilkan lebih dari US $400 juta.

 

X-Men

Apa yang dimulai sebagai The Mutants berubah menjadi populer dan dikenal sebagai X-Men. Lee dan  Kirby mengembangkan kelompok baru pahlawan dengan inborn powers pada tahun 1963. Film anggaran besar pertama, X-Men, sukses besar pada tahun 2000, menghasilkan lebih dari $130 juta di bioskop Amerika Utara.

 

Penulis Buku

            Selain membuat komik, Lee juga pernah menerbitkan beberapa buku seperti The Superhero Women in 1977 dan How To Draw Comics The Marvel Way pada tahun berikutnya, ketika ia dinobatkan sebagai publisher of the year oleh the Periodical and Book Association of America.

 

Menjadi Cameo di Banyak Film Marvel

            Jika kamu pengikut setia Marvel, pasti kamu pernah menemukan Lee sebagai cameo yang memerankan berbagai karakter. Cameo pertamanya dimulai pada tahun 1989 ketika ia berpura-pura menjadi anggota juri yang bersangkutan dalam film TV The Trial Of The Incredible Hulk. Ia juga pernah ditampilkan dalam acara Marvel TV, sebagai karakter animasi dalam video games, dan pernah tampil di acara seperti The Big Bang Theory.

 

Nah Sobat, itu dia beberapa kontribusi yang pernah diberikan oleh mendiang Stan Lee selama di dunia perkomikan Marvel. Sebagai penikmat Marvel, tentu saja kita akan sangat merindukan sosoknya.

 

Selamat jalan, Stan Lee.

 

Penulis: Indah Sari