Memperingati Hari Musik Nasional. Ini Lho Musisi Indonesia yang Sukses Di Luar Negeri!

Hari Musik Nasional merupakan hari yang spesial bagi para musisi, khususnya musisi di Indonesia. Pasalnya, Hari Musik Nasional ini jatuh pada tanggal 9 Maret. Pada saat ini lah kesempatan kita sebagai bangsa Indonesia memberikan apresiasi kepada musisi-musisi Indonesia atas karya-karya indah yang telah tercipta. 

Sebagai bangsa Indonesia tentu bangga dengan hadirnya bermacam-macam musik yang ada. Mulai dari musik dangdut, rock, jazz, blues, pop, sampai musik EDM (Electronic Dance Music) yang sedang digandrungi millennials. Banyaknya masyarakat Indonesia yang suka musik dari berbagai kalangan, sehingga memiliki selera musik yang berbeda-beda. Musik dalam hidup kita diibaratkan bagai sayur tanpa garam, tanpa adanya musik hari-harimu terasa kurang bergairah. Tahu kah Sobat? Musik dapat menjadi mood booster-mu ketika kamu merasa down.

Dikala kamu sedih atau bahagia, musik mampu menyesuaikan situasi hatimu. Orang-orang hebat ini lah musik indah nan syahdu tercipta. Musisi-musisi Indonesia yang berhasil mengisi hari-harimu dengan karyanya yang indah. Bahkan gak cuma dinikmati di Indonesia saja, para musisi ini juga berhasil sukses dengan karyanya sendiri di luar negeri, lho! Siapa saja mereka? Simak ulasan TimiKimi berikut mengenai musisi-musisi Indonesia yang sukses di luar negeri.

Baca juga: Nostalgia Dengan 7 Lagu Terpopuler Yang Bikin Kamu Makin Cinta Sama Musik Indonesia

Musisi yang Sukses Di Luar Negeri

Source: Pinterest

Kesuksesan yang diraih para musisi Indonesia ini ternyata membawa mereka mendulang sukses sampai ke luar negeri. Karena talenta dan karya-karya indah yang tercipta. Sudah pasti kita sebagai bangsa Indonesia patut bangga terhadap musisi-musisi ini. Kira-kira adakah musisi favoritmu? Simak yuk!

1. Anggun C. Sasmi

Source: idntimes.com

Penyanyi wanita Indonesia kelahiran 29 April 1974 merupakan penyanyi sekaligus pencipta lagu. Karyanya tidak hanya dinikmati masyarakat Indonesia saja. Bahkan, sampai go internasional. Awal mulai karir penyanyi berusia 44 tahun ini, pada tahun 1994 Anggun meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan mimpinya untuk go internasional. Dengan bantuan Erick Benzi, seorang produser asal Prancis, ia berhasil merekam album internasional pertamanya bertajuk Snow on the Sahara (1997).

Album tersebut dirilis di 33 negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat yang merupakan kiblat musik dunia. Sejak saat itulah Anggun mulai meraih kesuksesannya. Ia bahkan sudah menghasilkan sebanyak tujuh album studio dan satu album soundtrack untuk film Denmark yang berjudul Open Hearts (2002). Anggun juga telah berkolaborasi dengan banyak musisi dunia diantaranya Julio Iglesias, Peter Gabriel, Pras Michel (The Fugees), II Divo, David Foster dan Melanie C (Spice Girls). Selain sukses menjadi penyanyi, Anggun juga didaulat menjadi salah satu juri untuk Asia’s Got Talent, ajang ini diikuti oleh pesera dari 27 negara di Benua Asia.

Kesuksesannya sebagai penyanyi membawanya meraih berbagai penghargaan bergengsi di beberapa negara Eropa, diantaranya anugerah prestisius “Chevalier des Arts et Letters” yang didapat dari pemerintah Prancis dan “World’s Best Selling Indonesian Artist” dari World Music Awards. Anggun juga menjadi wanita Indonesia pertama yang diabadikan dalam patung lilin oleh Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand. Anggun saat ini menetap dan sudah menjadi warga negara Prancis. Meskipun begitu, Anggun tidak melupakan negaranya yaitu Indonesia.

2. Agnez Mo

Source: Liputan6.com

Agnes Monica Muljoto, merupakan penyanyi wanita asal Indonesia lainnya yang berhasil go internasional. Atas kegigihan dan kerja kerasnya sebagai penyanyi membuatnya meraih mimpi sebagai penyanyi go internasional. Agnez Mo memulai karirnya di industri hiburan pada usia enam tahun sebagai seorang penyanyi cilik. Selain menjadi penyanyi, penyanyi berusia 32 tahun ini juga sukses di dunia akting. Aktingnya tidak diragukan lagi, ia membintangi beberapa judul sinetron, salah satunya yang terkenal yakni Penikahan Dini (2001).

Pada 2010 Agnez Mo didaulat menjadi Host dalam dalam acara red carpet American Music Awards di Los Angeles, Amerika Serikat. Pada tahun itu juga Agnez menjadi salah satu juri ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Seiring dengan melesatnya puncak popularitas Agnez Mo, membuatnya merilis beberapa album internasional dan berkolaborasi dengan beberapa musisi dunia diantaranya Christian Chavez, Michael Bolton, Timbaland, hingga Chris Brown.

Baca juga: Yuk Cek Kekayaan Rami Malek Si Peraih Best Actor Oscar 2019!

3. Rich Brian

Source: Rollingstone.com

Di usianya yang masih 19 tahun, Rich Brian sudah masuk dalam daftar “30 Under 30 Asia 2018” dalam bidang hiburang dan olahraga di majalah Forbes. Untuk Sobat yang belum tahu, Rich Brian merupakan seorang rapper sekaligus produser dan penulis lagu yang Swag banget, lho. Rich Brian yang mempunyai nama asli Brian Imanuel Soemarno, merupakan pemuda kelahiran Jakarta. Memulai debutnya sebagai rapper pada 2014, dengan lagu berjudul Dat $tick yang diunggah ke akun YouTubenya pada Februari 2016.

Sobat tahu tidak? Rich Brian yang lahir dan besar di Jakarta, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Ia melatih kemampuan bahasa Inggrisnya secara otodidak dengan menonton video-video YouTube, dan mendengarkan lagu-lagu rap dunia. Di usianya yang masih sangat muda Brian berhasil menciptakan lagu diantaranya berjudul Dat $tick, Who Dat Be, Watch Out, Chaos, Glow Like That, dan Crisis ft 21 Savage. Pada 2017, Brian masuk nominasi dan memenangkan penghargaan Breakthrough Artist of The Year pada Indonesian Choice Award. Rich Brian juga sudah berkolaborasi dengan musisi dunia sekelas Skrillex, Zhu, bahkan diundang oleh Pharell Williams.

4. Joey Alexander

Source: Ted.com

Pianis asal Indonesia ini berhasil tampil di panggung utama acara penghargaan Grammy di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Bersama puluhan musisi terkenal lainnya. Joey yang berumur kini berusia 15 tahun, sudah tercatat rekor melalui lagu berjudul Giant Steps dan album yang bertajuk My Favorite Things. Joey yang bernama asli Josiah Alexander Sila ini menjadi musisi termuda yang masuk nominasi penghargaan Grammy untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album pada tahun 2016.

Tahu gak Sobat? Joey pernah tampil dihadapan Herbie Hancock dan Bill Clinton, lho! Ia juga menjadi musisi Indonesia pertama yang masuk dalam Billboard 200 di Amerika Serikat, dengan album debutnya My Favorite Things, berhasil mencapai peringkat 174 pada 30 Mei 2015. Keren ya Sobat, diusia yang sangat muda Joey sudah mencapai kesuksesan karir sampai ke luar negeri!

5. Sandhy Sandoro

Source: Iradiofm.com

Merupakan penyanyi yang lahir di Jakarta, Indonesia. Namanya mulai dikenal sejak memenangkan kontes internasional dari Young Pop Singer di New Wave, Jurmala, Latvia pada tahun 2009. Berbeda dengan para musisi Indonesia yang mendunia lainnya yang mengawali karir dari panggung ke panggung. Sandhy memulai karir dengan mengamen di Jerman untuk meringankan biaya hidupnya.

Karena publik banyak yang tertarik dengan suaranya yang merdu, ia selanjutnya mulai bernyanyi di bar, metro, dan juga stasiun. Tidak hanya di Indonesia, nama Sandhy Sandoro pun juga akrab di telinga masyarakat Berlin atau Jerman, dan menjadi salah satu dari sekian banyak penyanyi Indonesia yang mendunia.

Baca juga: Akhir Pekan Liburan Di Museum, Yuk!

Bisa Dijadikan Inspirasi Untuk Mengejar Mimpimu

Nah, Sobat kegigihan dan kerja keras yang para musisi-musisi Indonesia lakukan untuk mengejar mimpinya, patut kita apresiasi dan bisa dijadikan contoh dalam menggapai mimpimu. Tidak ada yang tidak mungkin kok, selama kamu mau dan terus berusaha untuk mengejarnya. Semoga ulasan yang TimiKimi berikan dapat menginspirasi dan memotivasi Sobat. Jangan lupa untuk mendengarkan lagu Indonesia, dukung terus musisi-musisi Indonesia ya. Selamat Hari Musik Nasional!