Mengalami 7 Hal Ini? Tandanya Kamu Butuh Cari Pekerjaan Baru

Dunia kerja tidak selamanya menyenangkan. Meski bekerja pada bidang yang kamu sukai, ada kalanya kamu merasa lelah atau bosan dengan pekerjaanmu. Entah itu karena terlalu banyaknya tugas yang kamu dapatkan, entah lingkungan perusahaan yang kurang mendukung, atau karena atasan yang kurang menghargai. Nah, berikut ini 7 tanda kamu butuh cari pekerjaan baru, apa saja? Simak ulasannya TunaiKita disini yuk!

Bekerja merupakan impian banyak orang. Tak bisa dipungkiri, sebagian besar orang menghabiskan waktunya untuk bekerja atau mencari pekerjaan. Tetapi tidak sedikit juga orang yang sudah memiliki pekerjaan namun merasa semuanya belum berjalan sesuai keinginannya.  Bekerja selama bertahun-tahun untuk satu perusahaan sepertinya sudah bukan lagi menjadi kebiasaan belakangan ini. Banyak sekali orang, atau mungkin kamu juga salah satu yang pernah merasakannya, bahwa cari pekerjaan baru adalah cara yang paling memungkinkan untuk mengembangkan karir.

Untuk itu, sebelum terlambat dan menyesal karena menghabiskan waktu dengan pekerjaan yang tidak kamu sukai, ada baiknya untuk mencoba menelaah kembali, apakah pekerjaan yang sedang dijalani sekarang memang pekerjaan yang kamu impikan dan senangi? Jika 7 hal berikut ini kamu rasakan, itu tandanya kamu harus segera cari pekerjaan baru, Sobat!

7 Tanda Butuh Cari Pekerjaan Baru

1. Sudah Tidak Merasa Nyaman

Hati-Hati, Tidak Nyaman Bekerja di Kantor Dampaknya Mengerikan Lho (magazine.job-like.com)

Salah satu yang menandakan kamu perlu cari pekerjaan baru adalah ketika kamu sudah tidak merasa nyaman dengan segala macam pekerjaanmu yang kamu jalani. Bekerja merupakan sebuah rutinitas yang setiap hari harus kamu lakukan, untuk itu menjalani hal yang tidak nyaman bagimu setiap hari pasti akan membuatmu merasa sangat tersiksa bukan? Ketidaknyamanan ini juga bisa membawa pengaruh negatif  pada kinerjamu yang berdampak kurang baik juga pada perusahaan.

Hal yang pertama harus kamu lakukan yaitu mencari tahu apa penyebab dari ketidaknyamanan tersebut, apa yang membuat kamu tersiksa menjalani pekerjaan tersebut. Jika hal tersebut masih bisa diperbaiki, maka perbaikilah. Tapi, jika hal tersebut benar-benar tidak dapat diperbaiki dan kamu yakin hal tersebut bukan datang dari keegoisanmu belaka, mungkin kamu memang harus cari pekerjaan baru yang bisa membuatmu lebih nyaman.

Baca juga: Sudahkah Kamu Membahagiakan Diri Sendiri?

2. Setengah Hati 

Tanda bahwa kamu harus cari pekerjaan baru selanjutnya yaitu pekerjaan yang kamu jalani saat ini kamu kerjakan dengan setengah hati. Saat bekerja, kita tidak hanya mengerahkan pikiran kita seluruhnya, tapi juga hati kita. Mengapa bekerja setengah hati bisa mengharuskan seseorang untuk cari pekerjaan baru? Karena pada dasarnya bekerja dengan setengah hati juga menunjukkan bahwa kamu tidak sepenuhnya nyaman dengan pekerjaanmu. Sebagian dari hatimu berkata bahwa pekerjaan yang kamu lakukan saat ini bukanlah pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu dan bukan di sana tempatmu seharusnya.

Saat pertama kali mulai bekerja, semangatmu masih tinggi dan kamu selalu datang tepat waktu dan memulai pekerjaan dengan semangat. Tapi lama kelamaan semangatmu mulai turun dan kamu mulai datang terlambat ke kantor. Inilah yang menunjukkan bahwa kamu melakukan pekerjaan dengan setengah hati. Daripada bekerja setengah hati dan merugikan perusahaan, lebih baik cari pekerjaan baru dan mulai dari awal lagi. Kamu tidak pernah tahu jika tidak mencoba, kan?

3. Saatnya Mempelajari Hal Baru

Pada awal masa kerjamu, kamu mulai mempelajari banyak hal untuk menunjang pekerjaanmu. Seiring dengan berjalannya waktu, segala hal sudah mulai kamu kuasai dan kamu kehabisan hal baru untuk dipelajari. Ini menjadi satu tanda untuk cari pekerjaan baru. Paling tidak sebelum kamu cari pekerjaan baru di perusahaan baru, kamu bisa mencari tahu di perusahaan tempatmu bekerja sekarang tentang kesempatan untuk mempelajari hal baru atau kesempatan promosi. Jika memang tidak ada kesempatan seperti itu, sudah jelas kamu harus cari pekerjaan baru sekarang!

4. Tidak Ada Tantangan Baru Dalam Pekerjaan

7 Cara Membatalkan Niat Karyawan yang Ingin Resign (www.liputan6.com)

Pekerjaan yang dulu kamu harapkan bisa membawa perubahan besar dalam hidup, ternyata begitu-begitu saja. Setiap harinya kamu hanya duduk di depan komputer, berinteraksi seperlunya dengan teman-teman kantormu, pergi makan siang, kembali lagi ke kantor hanya untuk mengulangi duduk di depan komputer dan berinteraksi seperlunya dengan rekan kerja. Ide-idemu yang brilian ternyata berbenturan dengan budaya perusahaan dan sulit dieksekusi. Untuk itu, cari pekerjaan baru merupakan hal terbaik yang bisa kamu lakukan Sobat.

Baca juga: Jika Mengalami Hal Ini, Berarti Tanda-Tanda Kamu Butuh Piknik!

5. Ketika Atasan Tidak Bisa Membantu Kamu Berkembang

Tips Menghadapi Perintah Atasan di Luar Pekerjaan (www.viva.co.id)

Tidak bisa dipungkiri bahwa sangat banyak pekerja yang bermasalah dengan pekerjaan hanya karena tidak akur dengan atasannya. Pekerjaan yang dikerjakan mungkin saja tetap selesai dengan baik, namun di antara keduanya, antara atasan dan bawahan, terdapat satu batas yang sulit untuk ditembus. Atasan yang kurang kompeten akan membuat bawahannya tidak bisa berkembang.

Mengganti atasan bukanlah merupakan kuasa seorang bawahan, untuk itu jika kamu merasakan tanda-tanda seperti ini, itu artinya kamu harus segera cari pekerjaan baru. Cari pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan baru mungkin saja tidak menjamin kamu mendapatkan atasan seperti yang kamu inginkan. Tapi dengan mencari pekerjaan baru paling tidak kamu memberikan kesempatan pada dirimu untuk mendapatkan atasan yang lebih kompeten dan membuat kamu untuk lebih berkembang. 

6. Mendapat Kesempatan yang Lebih Baik

Tidak jarang ketika kita sudah menjalani satu pekerjaan, tiba-tiba tanpa susah-susah cari pekerjaan baru, justru pekerjaan tersebut yang datang padamu. Hal ini sangat mungkin terjadi jika kamu memang merupakan seorang pekerja yang sukses dan kompeten. 

Terkadang kita merasa bahwa semua berjalan dengan baik dengan pekerjaan yang kita jalani saat ini, tapi itu tidak bisa dijadikan alasan untuk melepaskan kesempatan yang lebih baik, bukan? Mengambil kesempatan baru tersebut akan membawa kamu pada tantangan baru yang nantinya akan mendatangkan kesempatan yang lebih besar lagi untuk karirmu, Sobat. Untuk itu, jangan pernah membuang kesempatan apapun yang baik untuk perkembangan karirmu kedepannya ya!

7. Ingin Mengubah Karir

Mau Karir Cemerlang? Lakukan 7 Hal Ini! (www.tribunnews.com)

Mencari pekerjaan bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Terkadang kita merasa menjalani pekerjaan yang salah dan sama sekali tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Setelah beberapa waktu kamu menjalani sebuah pekerjaan, kamu merasa bahwa karier tersebut tidak cocok denganmu atau tidak akan berjalan baik kedepannya. Ini bisa menjadi alasan tepat untuk kamu cari pekerjaan baru. Kamu tidak perlu merasa minder jika harus cari pekerjaan baru dan memulai lagi semua dari awal, Sobat.

Seseorang yang memiliki rasa penasaran tinggi dan selalu ingin belajar pastinya akan sangat senang melakukan hal seperti ini. Memulai dari awal bukan berarti kamu melangkah mundur, tapi justru semakin banyak hal yang akan kamu pelajari dan kamu kuasai.

Baca juga: 7 Pola Pikir Millennials Yang Salah Tentang Strategi Keuangan Masa Depan

Ketahui Apa yang Baik Untuk Karirmu Kedepan

Nah, Sobat apakah kamu menemukan salah satu dari 7 tanda di atas? Kalau iya, mulailah cari pekerjaan baru yang kamu inginkan. Mencari pekerjaan baru bukanlah hal yang salah asalkan kamu tidak melanggar perjanjian dan merugikan perusahaan yang kamu tinggalkan. Bekerja maksimal untuk perusahaan tempatmu bekerja sangat penting, tapi jangan pernah ragu untuk mengambil kesempatan untuk berkembang jika kesempatan tersebut telah datang padamu. Selamat mencoba!