Mengenal 7 Jenis Pinjaman BCA Terpopuler dan Syarat Mengajukannya

pinjaman bca

BCA menjadi salah satu bank ternama di Indonesia yang banyak diminati oleh masyarakat karena bisa memberikan banyak sekali produk pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Simak apa saja jenis pinjaman BCA yang paling popular berikut dengan syarat dan cara mengajukannya. 

Siapa yang tak kenal dengan BCA, salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia ini memang namanya dikenal seluruh masyarakat Indonesia. BCA atau Bank Central Asia merupakan bank swasta yang dimiliki oleh Hartono bersaudara. Saat ini jumlah nasabah bank ini bisa mencapai 18 juta orang lebih. Sebenarnya ada banyak sekali hal yang membuat bank swasta ini memiliki banyak sekali nasabah. BCA memiliki banyak sekali produk pinjaman yang bisa dipilih oleh para nasabahnya sehingga mereka tidak perlu beralih ke bank lain. Ditambah lagi, kamu bisa mengajukan pinjaman tersebut melalui dua cara yakni secara offline yakni dengan mendatangi cabang bank BCA atau mengajukannya secara online sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.

Dari sekian banyaknya jenis pinjaman BCA yang ada ini, ada tujuh yang paling banyak diminati oleh masyarakat alias paling banyak mendapat pengajuan pinjaman, yaitu:

1. Kredit Tanpa Agunan BCA

Produk pinjaman pertama yang paling laris diajukan adalah KTA (Kredit Tanpa Agunan) atau yang juga dikenal dengan nama personal loan. Jenis pinjaman ini tidak memerlukan agunan atau jaminan. KTA BCA bisa digunakan untuk kebutuhan dana apa saja seperti biaya rumah sakit, pendidikan, pernikahan, hingga liburan. Plafon pinjaman yang diberikan hingga Rp100 juta dengan masa tenor pinjaman maksimal 36 bulan. Suku bunga yang dikenakan berbeda-beda tergantung dari jumlah pinjaman dan masa tenor yang diambil. Sementara itu, proses pencairan dananya sekitar 14 hari. Untuk syarat dan dokumen pengajuannya yaitu:

Baca Juga : Cek Pengertian VPN Tarumanagara Dan Keuntungan Log In KlikBCA Bisnis Di Sini Yuk!

  • WNI (Warga Negara Indonesia) dan WNA (Warga Negara Asing) dengan usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat pelunasan
  • Minimal pendapatan Rp3 juta
  • Memiliki kartu kredit BCA (tidak ada batasan limit) dengan masa keanggotaan aktif minimal 1 tahun
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk WNI atau KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) untuk WNA
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Fotokopi slip gaji untuk karyawan dan profesional
  • Fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir untuk pengusaha
  • Fotokopi Akta Pendirian/ SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) bagi pengusaha

2. BCA KPR Refinancing

Butuh dana lebih dari Rp100 juta? Kamu bisa ajukan BCA KPR Refinancing yang punya plafon pinjaman mulai dari Rp250 juta hingga Rp5 miliar dengan masa tenor pinjaman mencapai 20 tahun. Berhubung jumlah plafonnya lebih besar, jenis pinjaman ini memerlukan agunan atau jaminan berupa sertifikat rumah atau tanah yang kamu miliki. Jadi bisa dikatakan kalau BCA KPR Refinancing ini termasuk dalam jenis pinjaman kredit multiguna. Untuk syarat dan dokumen pengajuannya sama dengan KTA BCA, yang membedakannya hanya usia maksimal pada saat pelunasan (60 tahun) dan juga adanya dokumen penjaminan yang wajib disertakan.

3. Kredit Pemilikan Rumah

Biaya Bangun Rumah (www.futureanalytics.ie)

Berbeda dengan BCA KPR Refinancing, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BCA ini ditujukan untuk kamu yang ingin memiliki hunian rumah pribadi, baik itu dalam kondisi baru maupun bekas alias second. KPR BCA memiliki angsuran ringan dengan suku bunga floating rendah dan stabil serta bebas penalti (kecuali untuk suku bunga dalam masa fix 3 tahun, 5 tahun, dan Fix & Cap). Masa tenor maksimal yang diberlakukan hingga mencapai 20 tahun dengan plafon pinjaman minimum Rp250 juta dan maksimal Rp5 miliar. Untuk syarat dan dokumen yang kamu perlukan yaitu:

  • WNI yang berusia minimum 18 tahun atau sudah menikah. Maksimum 55 tahun bagi karyawan dan 65 tahun bagi pengusaha dan profesional
  • Minimal penghasilan Rp3 juta
  • Status karyawan tetap minimal 1 tahun bekerja/ profesi pengusaha minimal 2 tahun/ profesional minimal 2 tahun di bidang yang sama
  • Fotokopi KTP pribadi dan KTP suami/ istri (bagi yang sudah menikah)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga) dan akta nikah/ cerai (bagi yang sudah menikah)
  • Slip gaji selama 3 bulan terakhir untuk karyawan
  • Fotokopi NPWP dan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan)
  • Fotokopi akte pendirian usaha/ SIUP bagi pengusaha
  • Fotokokopi Surat Izin Praktek bagi profesional

Baca Juga : Beasiswa BCA Finance 2019: Syarat Dan Cara Mendaftarnya

4. Kredit Pemilikan Apartemen

Selain kredit pemilikan rumah, Bank BCA juga memiliki kredit pemilikan apartemen atau yang dikenal dengan nama KPA yang diperuntukkan bagi masyarakat perkotaan. Dengan mengajukan KPA BCA, kamu bisa mendapatkan hunian apartemen baru maupun bekas dengan angsuran ringan sehingga tidak memberatkan kamu. Pembiayaan dana KPA maksimal 70% dari harga properti dengan masa pencairan dana dalam maksimal 7 hari. Tenor pinjaman KPA BCA yang diberlakukan bisa mencapai 20 tahun. Untuk syaratnya tak berbeda jauh dengan KPR, hanya saja untuk KPA, minimal penghasilan per bulannya adalah Rp4 juta dan usia pemohon minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan.

5. Kredit Kendaraan Bermotor

Membeli Kendaraan (Sumber: flickr.com)

Pinjaman kredit kendaraan bermotor (KKB) dari BCA ini merupakan pinjaman yang dikhususkan bagi kamu yang ingin memiliki kendaraan bermotor seperti mobil dan kendaraan besar lainnya dari berbagai merek, baik itu dalam kondisi baru atau second. Masa tenor cicilan yang diberikan maksimal 5 tahun dengan suku bunga flat dan fix. Jadi selama masa peminjaman, jumlah tidak berubah. Untuk syarat dan dokumen yang diperlukan sama dengan kredit kepemilikan rumah.

6. Kredit Sepeda Motor

Berbeda dengan kredit kendaraan bermotor yang dikhususkan untuk mobil dan kendaraan besar lainya, kredit sepeda motor ini memang diperuntukkan hanya untuk pembiayaan kendaraan roda dua alias motor. Kredit Sepeda Motor (KSM) akan diberikan oleh PT. Central Santosa Finance (CSF) yang merupakan anak perusahaan dari BCA Finance. Keuntungan dari KSM BCA ini adalah persetujuan kredit pinjaman BCA tanpa agunan yang cepat, bebas dari kenaikan jumlah angsuran karena tagihannya tetap sama selama jangka waktu pembiayaan. Cicilan sudah termasuk biaya administrasi dan asuransi TLO (Total Lost Only). Untuk syarat dan dokumen yang diperlukan, yaitu:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi cover buku tabungan
  • Fotokopi mutasi rekening
  • Fotokopi KTP istri/ suami (bagi yang sudah berkeluarga)
  • Fotokopi KK
  • Slip gaji (untuk nasabah baru)
  • Fotokopi rekening listrik/ telepon/ sertifikat rumah (bagi nasabah baru)

7. Kredit Modal Kerja

Uang Muka (ediaindonesia.com)

Terakhir ada kredit modal kerja yang merupakan jenis pinjaman dana tunai Bank BCA untuk UKM, baik itu pedagang, petani, peternak, dan usaha-usaha lainnya. Kredit modal kerja BCA ini bertujuan untuk meningkatkan penyediaan barang dan pembiayaan persediaan usaha yang sudah berjalan atau usaha baru. Perbedaan dari kredit modal kerja BCA dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BCA adalah plafonnya yang lebih besar karena bisa mencapai Rp100 juta lebih, sedangkan KUR BCA hanya memiliki batasan plafon pinjaman Rp25 juta. Dokumen yang diperlukan untuk pengajuannya adalah menyertakan:

  • Fotokopi KTP/ SIM
  • Fotokopi akte pendirian usaha/ SIUP/ NPWP
  • Fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi NPWP dan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan)
  • Fotokopi akte pendirian usaha/ SIUP

Baca Juga : Pinjaman BCA Yang Paling Dipilih Banyak Orang, Bunga Rendah Hingga 1 Persen, Lho!

Pilihan Pinjaman Selain dari BCA

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Salah satu masalah saat mengajukan pinjaman melalui bank adalah peluang untuk diterima adalah 50:50 karena tak jarang ada pengajuan pinjaman yang ditolak karena tidak bisa memenuhi syarat yang diminta. Jika hal ini terjadi, kamu tak perlu khawatir tidak mendapat pinjaman dana karena masih ada pinjaman online dari TunaiKita. TunaiKita merupakan jenis pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga aman dan terpercaya.Nominal pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp1 juta hingga maksimum Rp20 juta dengan jangka waktu pembayaran cicilan paling lambat 180 hari. Untuk syarat peminjamannya, kamu cukup menyiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Danamon, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Mandiri). Lalu bagaimana cara mengajukannya? Setelah menyiapkan ketiga syarat pengajuan di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasiIsi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan jangka waktu pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Tidak sulit bukan caranya? Jadi, mulai sekarang tak perlu khawatir lagi kalau kamu ingin mengajukan pinjaman dana karena sudah ada TunaiKita yang bisa kamu andalkan. Yuk, segera download aplikasinya sekarang!