Memutuskan pilihan untuk menikah atau membeli rumah dahulu memang sulit dilakukan, apalagi bagi kaum milenial yang memiliki pendapatan atau gaji tak terlalu tinggi. Lalu, manakah yang harus dipilih terlebih dahulu? Menikah atau punya rumah? Kalau masih bingung, cek ulasan TunaiKita berikut ini ya!

Sobat pernah dihadapkan dengan pilihan yang sulit, seperti harus memilih untuk mendahulukan menikah atau punya rumah dahulu? Kedua pilihan tersebut memang sama-sama penting karena membutuhkan dana yang besar, apalagi untuk membeli rumah, bagi generasi millennials yang memang memiliki gaji pas-pasan, belakangan sangat berat rasanya untuk membeli rumah karena harganya yang terus merangkak naik.

Memilih di antara menikah atau punya rumah sendiri terlebih dahulu sebenarnya kembali lagi kepada kamu yang akan menjalaninya. Semua memiliki prioritasnya masing-masing serta kondisi latar belakang yang berbeda. Bisa saja mewujudkan keduanya apalagi jika kamu sudah memiliki calon pasangan yang siap untuk diajak ke pelaminan. Lalu, setelah menikah langsung bisa tinggal di rumah atau apartemen sendiri alias tak perlu numpang tinggal di rumah mertua.

Hanya saja kenyataannya, untuk mewujudkan kedua hal tersebut dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Modal untuk biaya nikah dan beli rumah sangat besar, puluhan juta bahkan bisa mencapai ratusan juta. Belum lagi keinginan-keinginan lainnya yang ingin diwujudkan, seperti punya mobil pribadi, nonton konser, travelling setahun sekali untuk melepas penat atau membeli gadget ter-update. Semua itu tentu membutuhkan uang, bukan?

Sebagai generasi millennial, kamu memiliki banyak impian yang ingin diwujudkan. Terutama impian yang bernilai positif bagi pengembangan dan apresiasi diri, diantaranya menikah dan memiliki rumah sendiri. Namun, keinginan tersebut kerap kali menjadi masalah pribadi karena terbentur dengan biaya.

Nah, daripada bingung pilih menikah atau punya rumah? Simak ulasan TimiKimi berikut ini ya, mengenai cara memiliki rumah impian yang bisa kamu tinggali bersama calon pendamping hidupmu nanti.

Menikah atau Punya Rumah Dahulu? Ini Tipsnya!

1. Tentukan Tujuan Keuangan Secara Jelas

Cara Punya Rumah Dengan Gaji Pas-pasan (www.lamudi.co.id)

Untuk kamu yang sudah memiliki pasangan dan mulai berencana ke tahap yang lebih serius yaitu pernikahan, tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah tentukan tujuan keuangan secara jelas. Jika kamu benar-benar serius dengan hubunganmu dan saling percaya, tentunya kamu wajib mulai membicarakan kondisi keuangan dan impian keuangan dengan pasangan.

Topik keuangan seputar gaji, nilai aset, hutang hingga setelah menikah rencana tinggal di mana, rumah sendiri atau apartemen? Semua itu sebaiknya sudah kamu diskusikan bersama pasangan agar bisa mengatur keuangan bersama dengan tujuan yang lebih jelas.

Baca juga: 6 Pengeluaran Rumah Tangga Yang Bisa Bikin Dompet Kering!

Tahukah kamu, kesalahan umum yang kerap dilakukan millennial ialah cenderung tidak memiliki arah dan tujuan keuangan. Hal ini diungkap oleh Douglas Boneparth dalam bukunya “Millennial Money Fix”, seperti dikutip dari Business Insider. Boneparth menegaskan seharusnya milenial yang telah memiliki penghasilan sendiri bisa mengidentifikasi tujuan keuangan hingga mewujudkannya. Sebagai generasi millennial, kamu tentunya ingin keuanganmu menjadi lebih baik bukan? Jadi, memiliki tujuan keuangan yang jelas itu hal penting yang tidak bisa ditawar lagi.

Hal ini berlaku juga bagi yang masih single. Sambil menunggu jodoh datang, ada baiknya kamu menyusun apa saja tujuan keuanganmu dan memperbanyak menabung ataupun investasi guna biaya nikah hingga beli properti sendiri.

2. Hitung Kemampuan

Tak Perlu Resepsi Mewah, Utamakan Punya Rumah setelah Menikah (www.fimela.com)

Bicara soal keuangan, kamu harus realistis. Setelah menentukan tujuan keuangan dan menentukan mana yang jadi prioritas dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikutnya yang harus kamu lakukan yaitu berhitung. Tujuan berhitung yaitu agar kamu dapat mengetahui posisi keuanganmu saat ini.

Apakah kamu sudah berada di zona aman atau sebaliknya, minus akibat tuntutan gaya hidup masa kini? Cek kembali ada berapa tabungan, investasi dan aset yang sudah kamu miliki. Apakah sudah cukup untuk mewujudkan tujuan keuanganmu jika beli rumah atau apartemen. Atau sebaliknya, keuanganmu saat ini cenderung minus karena masih berkutat dengan hutang kartu kredit yang belum lunas.

Kamu harus tahu bahwa tujuan berhitung ialah untuk kamu mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi keuanganmu. Cobalah lakukan hitungan keuangan di akhir bulan atau beberapa hari sebelum gajian tiba. Apapun hasilnya nanti, jika ternyata keuanganmu tidak terlalu baik, jangan bersedih. Belajarlah untuk lebih disiplin dalam mengatur uang dan susun strategi untuk menambah pendapatan, mengurangi pengeluaran yang tidak perlu hingga melunasi hutang.

3. Investasi

Investasi dengan Modal Rp 1,5 Juta? Mungkin Kok! (www.moneysmart.id)

Karena dana yang dibutuhkan akan teramat besar, maka kamu disarankan untuk tidak hanya menabung tetapi juga berinvestasi sejak dini. Semakin banyak jumlah uang yang kamu tabung setiap bulannya, maka akan semakin cepat juga dana untuk beli rumah terkumpul. Idealnya, alokasikan sekitar 20% dari penghasilanmu untuk ditabungkan. Meski begitu, tingkatkan saja jumlah tersebut menjadi 30% jika ingin lebih cepat lagi membeli rumah impianmu. Ingat ya, Sobat ini belum termasuk dengan minimal 10% dari penghasilanmu untuk diinvestasikan.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Tagihan Listrikmu Selalu Membengkak

Saat ini sudah banyak tersedia beragam jenis investasi yang bisa kamu pilih. Sebut saja seperti emas batang, saham, atau reksadana. Pastikan kamu memilih instrumen investasi yang tepat demi mempercepat peningkatan uangmu.

4. Hidup Hemat

Tips Belanja Hemat di Supermarket (www.money.id)

Kamu tidak akan bisa menabung jika masih terganggu oleh kebiasaan belanja yang tak cerdas, atau pola hidup yang tidak hemat. Pasalnya, semua ini sangatlah berkesinambungan. Banyak orang yang punya penghasilan besar namun gagal menjalankan pola hidup hemat sehingga ia tak punya apa-apa dan tak bisa menyisihkan uang.

Apakah Sobat termasuk yang seperti itu, terbiasa menghabiskan uang tanpa pertimbangan matang dan perhitungan jelas? Jika ya, sadarilah hal ini dapat menghalangimu untuk mewujudkan cita-citamu sendiri. Untuk itu, berubahlah dan bentuk kebiasaan baru yang lebih mendukung untuk mewujudkan semua rencanamu tersebut.

Selain itu, ingatlah bahwa terlepas dari apapun target keuanganmu, pola hidup hemat dan sederhana dapat membebaskanmu dari sejumlah masalah finansial di masa depan. Jadi, biasakanlah untuk selalu hidup hemat. Hindari cara belanja yang impulsif dan spontan. Sebaliknya selalu buat daftar belanja sebelum kamu menggunakan uangmu yang berharga. Dengan demikian, Kamu bisa terhindar dari menggunakan sejumlah uang kemudian mengalokasikannya ke dalam tabungan.

Baca juga: Cek Biaya Bangun Rumah Minimalis Tahun 2019, Habis Berapa Ya?

Disiplin dan Komitmen yang Kuat

Menabung untuk membeli rumah tentu bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Mengingat harga sebuah rumah cukup tinggi di pasaran. Karena itu, bisa dipastikan ini akan membutuhkan waktu yang panjang. Namun, jika tidak dilakukan sejak sekarang, bisa jadi kamu tidak akan pernah membeli dan memiliki rumah. Mulailah sejak hari ini dan lakukan kegiatan ini dengan disiplin sehingga niat untuk memiliki sebuah rumah bisa tercapai pada masa yang akan datang. Selamat mencoba!