Menghabiskan waktu di mall, kafe atau bioskop sudah terlalu biasa Sobat. Apa lagi dalam suasana peringatan hari Pahlawan, tidak ada salahnya jika sesekali kita mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah.

 

Nah, di artikel kali ini TimiKimi ingin membahas tentang museum-museum bersejarah di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Apa aja sih? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

 

Museum Nasional Indonesia

Berlokasi di Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Jakarta Pusat, Museum Nasional Indonesia bisa menjadi pilihanmu untuk menghabiskan akhir pekan bersama orang-orang terdekat. Di sini kamu bisa menikmati koleksi arca Buddha dan Hindu tertua yang disimpan dalam Ruang Perunggu dan Arca Batu.

Museum yang juga dikenal sebagai Museum Gajah ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Didirikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1778, Museum Gajah mengoleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara seperti prasasti, arca, barang kerajinan, dan benda-benda bersejarah lainnya. Semua koleksi tersebut dikategorikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, buku langka dan benda berharga.

 

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Berlokasi di Jl. Imam Bonjol No. 1, Menteng, Jakarta Pusat, Museum Perumusan Naskah Proklamasi juga bisa menjadi pilihan menarik untuk mengajak anak-anak berwisata sejarah.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi atau disingkat dengan Munasprok adalah gedung yang dibangun sebagai monumen peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia. Jika kamu mengunjungi museum ini, maka kamu akan menemukan 4 ruang di mana masing-masingnya menjelaskan proses dari perumusan naskah proklamasi. Ruang pertama merupakan ruang tamu yang digunakan untuk pembentukan PPKI dan BPUPKI. Ruang kedua merupakan ruang yang digunakan Soekarno-Hatta mengadakan rapat bersama di meja bundar dengan pengurus lain seperti Soediro dan B.M Diah. Ruang ketiga merupakan ruang dimana Soekarno-Hatta menandatangani naskah proklamasi. Dan yang ruang terakhir merupakan ruang pameran benda-benda yang dikenakan para tokoh yang hadir dalam perumusan naskah proklamasi.

 

Museum Kebangkitan Nasional

Berlokasi di Jl. Abdul Rachman Saleh No.26, RT.4/RW.5, Senen, Kota Jakarta Pusat, Museum Kebangkitan Nasional juga akan memanjakan kamu dengan sejarah-sejarah Indonesia Sobat.

Museum Kebangkitan Nasional merupakan gedung yang dibangun sebagai monumen tempat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional dan juga ditemukannya organisasi pergerakan modern pertama kali. Sebelum menjadi museum, bangunan ini dulunya merupakan sekolah kedokteran yang didirikan oleh Belanda dengan nama School tot Opleiding van Inlandsche Artsen disingkat STOVIA atau Sekolah Dokter Bumiputra.

Jika kamu mengunjungi museum ini, kamu akan disuguhkan seluruh koleksi museum dengan total 2.042 buah berupa bangunan, mebel, jam dinding, gantungan lonceng, perlengkapan kesehatan, pakaian, senjata, foto, lukisan, patung, diorama, peta/maket/sketsa dan miniatur.

 

Museum Perangko

Berlokasi di Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur, museum yang satu ini akan sangat pas untuk kamu para Filateli.

Jika kamu mengunjungi museum ini, kamu akan menikmati pameran koleksi aneka perangko Indonesia dan luar negeri, dengan interior ukiran dan patung gaya Bali dan Jawa. Terdiri dari 6 ruang pamer yang masing-masing ruangannya menampilkan banyak hal menarik seperti foto-foto perangko pertama di dunia, silinder cetak yang dipakai untuk menghasilkan prangko seri lukisan Raden Saleh, perangko tahun 1864-1950, perangko tematik dan lain sebagainya.

 

Museum Basoeki Abdullah

Berlokasi di Jl. Keuangan Raya No.19, Cilandak, Jakarta Selatan, museum Basoeki Abdullah bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang gemar mempelajari lukisan.

Untuk kamu yang belum tahu, fransiskus Xaverius Basoeki Abdullah adalah salah seorang maestro pelukis aliran realis dan naturalis. 8 tahun setelah Basoeki meninggal secara tragis pada tahun 1993, maka rumahnya direnovasi menjadi sebuah museum untuk mengenang seluruh karya-karyanya semasa hidup. Kini, kumpulan lukisan dan koleksi pribadi miliknya berupa patung, topeng, wayang, senjata, buku dan sebagainya bisa kamu lihat di Museum Basoeki Abdullah.

 

Nah Sobat, itu dia beberapa museum sejarah di Jakarta yang bisa menjadi pilihan kamu dalam rangka merayakan hari Pahlawan Nasional. Kamu tidak hanya akan menikmati perubahan suasana dan belajar lebih banyak tentang Indonesia, tetapi kamu juga akan menghemat pengeluaran lho Sobat. Tiket masuk untuk museum-museum di atas jauh lebih murah dibandingkan dengan minuman yang sering kamu pesan di kafe langgananmu.

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari