Negara-negara Berikut Memiliki Tradisi Unik Saat Rayakan Valentine

Bulan Februari merupakan bulan yang penuh cinta. Pasalnya, setiap orang di seluruh dunia merayakan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang yang jatuh pada 14 Februari ini. Hari Valentine identik dengan momen romantis dengan orang terkasih. Tak sedikit pula mereka merayakannya dengan bertukar hadiah. Hadiah yang diberikan pun beragam, mulai dari cokelat, bunga, boneka, bahkan perhiasan. Bertukar hadiah merupakan hal yang umum dilakukan dibanyak negara saat perayaan Valentine.

Source: Pinterest

Tapi, selain bertukar hadiah ada beberapa tradisi unik yang dilakukan pada saat Hari Valentine di berbagai negara lho. Nah, TimiKimi punya ulsannnya buat kamu tentang tradisi unik perayaan Valentine di beberapa negara berikut. Simak yuk!

Baca juga: Fakta Unik Dibalik Perayaan Hari Valentine Yang Harus Kamu Ketahui

1. Korea Selatan

Source: Google

Negara Korea memiliki keunikan saat perayaan Valentine lho, Sobat. Valentine di Korea diadakan selama 3 bulan. Pada tanggal 14 Februari tepat di Hari Valentine, setiap perempuan akan memberikan kado kepada pasangannya berupa cokelat dan bunga. Setelah itu, pada tanggal 14 Maret ada perayaan yang dinamakan White Day, itu berarti para lelaki membalas kado yang diberikan.

Hari Valentine identik dengan perayaan bersama kekasih. Untuk kamu yang masih jomblo, jangan khawatir tidak bisa merayakannya. Nah, di Korea ternyata ada hari yang disediakan untuk kamu para jomblo yang ingin merayakan kesendirianmu. Pada tanggal 14 April dikenal dengan Black Day yang dikhususkan bagi para jomblo untuk merayakannya dengan cara memakai baju serba hitam sambil makan jjangmeyon dan minum kopi hitam. Unik ya!

2. Filipina

Source: Pinterest

Di Filipina, hal unik yang bisa kamu temukan di Hari Valentine adalah diadakannya pernikahan masal. Pasangan-pasangan akan berkumpul di sebuah tempat yang kemudian akan ada pendeta yang datang untuk memimpin upacara pernikahan. Tertarik untuk mencoba nikah masal di Filipina saat Hari Valentine?

3. Cina

Source: Google

Cina juga memiliki tradisi Valentine yang unik. Hari merayakan kasih sayang dinamakan dengan Qixi atau malam ketujuh. Hal ini dikarenakan Qixi dirayakan di hari ke tujuh pada bulan ke tujuh di kalender Cina. Awal mula Qixi berdasarkan dari cerita rakyat mengenai Zhinu. Zhinu merupakan seorang putri dari kerajaan surgawi.

Baca juga: Rekomendasi Toko Pakaian Online Buat Kamu Yang Suka Belanja

Kemudian Zhinu jatuh cinta dengan seorang gembala sapi, Niulang Mereka akhirnya menikah dan dikarunia dua anak kembar. Mengetahui pernikahan ini, ibu Zhinu menariknya kembali ke surga. Zhinu bertemu dengan Niulang dan kedua anak kembarnya setahun sekali, pada hari Qixi. Tradisi yang dilakukan pada perayaan Qixi, yakni para perempuan memberi seserahan berupa melon dan buah-buahan untuk Zhinu supaya bisa mendapatkan suami yang baik. Para pasangan juga pergi ke kuil dan berdoa untuk kebahagian mereka. Malam harinya, semua orang akan memandangi bintang, bintang Vega dan bintang Altair melambangkan Zhinu dan Niulang.

4. Jepang

Source: Pinterest

Sama seperti perayaan Valentine di Korea. Negara Jepang juga merayakan Valentine yang diperingati pada 14 Februari dan 14 Maret. Uniknya ada 2 jenis cokelat yang mereka berikan sebagai hadiah, yakni Honmei-choko dan Giri-choko. Honmei-choko diberikan untuk pria yang menjadi pujaan hati atau gebetan si wanita, sedangkan Giri-choko diberikan untuk teman-teman atau rekan kerja. Pada tanggal 14 Februari, para wanita memberi hadiah berupa cokelat kepada para pria. Biasanya cokelat yang diberikan dibuat sendiri sebagai ekspresi dari perasaan mereka.

Bulan berikutnya, pada 14 Maret waktunya untuk para pria mengembalikan hadiah tersebut. Giri-choko bisa dikembalikan sesuai bentuk aslinya, sedangkan honmei-choko harus dikembalikan dengan harga berkali-kali lipat dari aslinya lho, Sobat. Para pria Jepang biasanya mengembalikan Honmei-choko dalam bentuk perhiasan, lingerie, atau kado romantis lainnya.

5. Jerman

Source: Google

Jika kamu ke Jerman pada saat menjelang Valentine, jangan heran jika kamu menemukan banyak sekali simbol dan kado Valentine yang bertemakan babi. Hari Valentine biasanya khas dengan berbagai simbol dan ikon-ikon romantis yang bertema kasih sayang. Berbeda dengan negara Jerman, ketika memasuki Hari Valentine simbol yang digunakan adalah babi. Karena babi dianggap memiliki keberuntungan dan gairah.

6. Prancis

Source: Pinterest

Saling bertukar kartu adalah hal yang paling sering dilakukan pada saat perayaan Valentine di Prancis. Ternyata ada satu tradisi Valentine di Prancis yang karena terlalu riuh membuat pemerintah melarangnya? Loterie d’amour atau lotre cinta, merupakan tradisi di mana pria dan wanita akan berkumpul di dua rumah yang saling berhadapan. Sang pria akan memanggil nama wanita secara bergantian. Pria yang tidak puas dengan wanitanya akan meninggalkan wanita itu. Pada akhirnya, para wanita yang tidak terpilih akan berkumpul di api unggun, membakar foto pria yang menolaknya, dan meluapkan kekesalannya dengan sang pria. Tradisi ini sangat tidak terkontrol, membuat pemerintah melarang tradisi ini.

Baca juga: Bulan Madu Unik Dan Hemat, Mau?

7. Wales

Source: Google

Tanggal 25 Januari merupakan Hari Valentine yang diperingati masyarakat di negara Wales. Selain Valentine masyarakat Wales juga merayakan hari Santa Dwynwen, seorang Santa yang berasal dari Wales yang menjadi simbol cinta dan kasih sayang di negara tersebut. Biasanya tradisi romantis ini akan dirayakan dengan saling memberikan “sendok cinta”. Berawal di abad ke 17, para lelaki akan mengukir sendok kayu dan memberikannya ke pasangan mereka sebagai tanda cinta. Sampai sekarang, memberi “sendok cinta” ini dilakukan pada saat acara pernikahan, anniversary, dan kelahiran.

8. Peru

Source: Google

Biasanya cokelat, bunga, boneka atau perhiasan menjadi kado yang umum diberikan pada saat Valentine. Tidak dengan di Peru, negara ini memiliki tradisi khusus ketika Valentine yakni dengan bertukar anggrek. Ini dikarenakan bunga anggrek merupakan bunga khas negara Peru. Unik ya Sobat!

9. Republik Ceko

Source: Pinterest

Valentine di Republik Ceko tidak berlaku pada tanggal 14 Februari lho, Sobat. Di sana Valentine dirayakan pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Jika kamu ingin merayakan Valentine di sini, jangan lupa salah tanggal ya Sobat!

10. Afrika Selatan

Source: Pinterest

Pada saat perayaan Valentine, para secret admirer di Afrika Selatan akan membongkar dirinya. Tradisi ini dimanakan dengan Lupercalia, dimana para wanita akan memakaikan pin berbentuk hati yang bertuliskan nama pria yang ditaksir. Jadi, untuk kamu para secret admirer harus hati-hati ketika merayakan Valentine di negara yang beribukota kan Cape Town ini.

Baca juga: Siapa Bilang Liburan Di Jakarta Membosankan? Ini Lho Tempat Asyik Di Jakarta Yang Bisa Dikunjungi

Kalau di Indonesia sendiri, merayakan Valentine tidak harus unik. Biasanya orang Indonesia pergi berkencan dan makan malam bersama saja sudah cukup. Yang terpenting bisa menghabiskan waktu bersama dengan orang yang kita sayang. Semoga informasi di atas bisa menambah informasi untuk Sobat TimiKimi semua ya!

Selamat Hari Valentine, Sobat!