Nostalgia dengan 7 Lagu Terpopuler yang Bikin Kamu Makin Cinta Sama Musik Indonesia

Menjelang Hari Musik Nasional, Sobat tahu gak kapan hari itu diperingati? Ya, 9 Maret merupakan Hari Musik Nasional. Memang tidak banyak yang tahu, perayaan ini berlaku di Indonesia saja. Hari Musik Nasional merupakan hari untuk mengapresiasi karya-karya para musikus di Indonesia. 

Sobat tahu gak, mengapa tanggal 9 Maret dipilih sebagai Hari Musik Nasional? Itu karena bertepatan dengan tanggal lahir maestro sekaligus pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, WR Soepratman. WR Soepratman ditetapkan sebagai pahlawan nasional karena berjasa besar bagi musik di Tanah Air. Nah, pada masa setelah Indonesia merdeka mulai banyak bermunculan karya-karya yang diciptakan para musisi Indonesia, dengan lirik yang menggambarkan semangat rakyat Indonesia yang masih kita kenang sampai sekarang.

Bicara soal musik, banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa mendengarkan musik, tanpa musik hidup terasa hampa. Agaknya, pepatah itu memang benar. Coba Sobat bayangkan jika tidak ada musik, pasti akan sangat membosankan, bukan? Terlebih lagi untuk para generasi millennials, berbagai jenis musik yang ada sekarang ini menambah kemeriahan musik Indonesia. Tapi kira-kira millennials tahu gak ya lagu-lagu nostalgia tahun 2000-an yang sampai sekarang masih hits di hati? TimiKimi punya ulasan lagu-lagu hits tahun 2000-an yang bisa bikin kamu nostalgia.

Baca juga: Fakta Unik Yang Terjadi Ketika Umat Hindu Merayakan Nyepi

7 Lagu Cinta yang Bisa Buat Kamu Nostalgia

Source: Pinterest

Tahun 2000-an menjadi tahun kejayaan para musisi Indonesia. Mereka menciptakan karya-karya indah yang tak lekang oleh waktu. Band-band besar hadir memberi warna tersendiri untuk blantika musik Indonesia. Alunan musik yang nikmati didengar dan lirik yang puitis dengan makna yang dalam menjadi ciri khas musik tahun 2000-an. Untuk millennials yang masih asing dengan lagu-lagu ini, TimiKimi punya infonya untuk kamu nih!

1. Sempurna – Andra and The Backbone

Source: Liputan6.com

“Kau adalah darahku, kau adalah jantungku, kau adalah hidupku, lengkapi diriku… Oh sayangku, kau begitu, Sempurna..”

Untuk kamu yang sedang jatuh cinta lagu ini cocok untuk kamu, Sobat. Memang kadang cinta itu bisa membutakan, semua yang terlihat sangatlah sempurna. Lagu yang diciptakan Andra dan Stevi Item ini memang sangat romantis, lagu ini dirilis pada tahun 2007 dan masih hits dan didengar semua orang. Nah, untuk kamu yang ingin menyatakan cinta ke gebetanmu, kamu bisa nyanyikan lagu ini dijamin si dia pasti terenyuh.

2. Ku Tak Bisa – Slank

Source: Lorongmusik.com

Lagu milik salah satu band legendari Indonesia ini cocok untuk kamu yang baru saja jadian, lho. Liriknya yang romantis dan manis sangat menggambarkan perasaanmu, Sobat. Lagu ini bisa kamu jadikan senjata rayuanmu, dia pasti senyum-senyum bahagia ditambah lagi kamu yang menyanyikannya, kan!

Sobat tahu gak? Lagu ini sudah berusia 15 tahun, lho! Lagu ini dirilis pada tahun 2004 oleh band asal Jakarta yang dibentuk pada 26 Desember 1983. Band yang beranggotakan Bimbim, Kaka, Ridho, Ivanka, dan Abdee. Slank menjadi salah satu band terbesar di Indonesia dan hampir semua lagu-lagunya masih melekat di hati semua orang.

Baca juga: Yuk Coba, Uji Coba Perdana MRT Gratis Untuk Umum Lho!

3. Kenangan Terindah – Samsons

Source: tribunenews.com

Ini merupakan lagu ter-galau tahun 2000-an, lho. Dari judulnya saja kalian sudah bisa menebak kan lagu ini mengisahkan tentang apa. Orang yang mendengarkan lagu ini dibuat sendu dan otomatis galau, Sobat.

“Namun takkan mudah bagiku meninggalkan jejak hidupmu, yang tlah terukhir abadi, sebagai kenangan yang terindah..” 

Liriknya saja sudah galau banget kan? Lagu yang dibawakan oleh Band Samsons ini dirilis pada tahun 2006. Lagu ini juga berhasil menduduki posisi pertama di tangga lagu MTV Ampuh dari bulan Februari 2006 hingga Juni 2006. Memang lagu ini sangat melekat di hati kita semua, ya!

4. Roman Picisan – Dewa 19

Source: Liputan6.com

Ini juga merupakan salah satu lagu ter-galau di Indonesia. Lagu dari Dewa 19 ini pedih banget, bahwa cinta tak harus memiliki. Padahal kalau cinta sudah pasti maunya memiliki, kan? Dewa 19 memang juara dalam menciptakan lagu-lagu galau. Tapi gak cuma itu kok, mereka pun juga banyak menciptakan lagu romantis yang tidak kalah hits dan masih sering didengarkan, lho!

Lagu ini sudah berusia 19 tahun, lho! Dirilis pada tahun 2000 dan berhasil memenangkan berbagai penghargaan diantaranya AMI Award for Best Alternative Pop Song dan Best Video Music Clip dalam Panasonic Gobel Award.

Baca juga: Yuk Cek Kekayaan Rami Malek Si Peraih Best Actor Oscar 2019!

5. Ruang Rindu – Letto

Source: Brilio.net

“Mata terpejam dan hati menggumam, di ruang rindu.. kita bertemu”

Lirik indah yang dibawakan band asal Yogyakarta ini dirilias pada tahun 2005 dalam album mereka yang bertajuk Truth, Cry and Lie. Grup musik yang beranggotakan Noe, Patub, Arian, dan Dhedot dibentuk pada tahun 2004. Noe sang vokalis merupakan putra dari penyair Indonesia yakni Emha Ainun Nadjib. Lirik-lirik dari lagu yang diciptakan Letto sangat romantis, tak heran lagu-lagunya pun masih terus didengar hingga sekarang, lho!

6. Pelangi di Matamu – Jamrud

Source: idntimes.com

Sobat, lagu ini bisa bikin kamu baper banget. Bayangkan, cinta sama seseorang, namun si dia ternyata sudah punya gebetan. Sama seperti lagu Roman Picisan dari Dewa 19, Lagu dari Jamrud ini sudah berusia 19 tahun. Jamrud yang terkenal dengan musiknya yang cadas. Dari lagu ini berhasil membawa Jamrud sukses meraih penghargaan AMI Award untuk Best Song dan Music Arranger dalam ajang penghargaan musik yang sama. Suara khas dari Krisyanto sang vokalis membuat Jamrud susah untuk dilupakan.

7. Pudar – Rossa

Source: KapanLagi.com

Sri Rossa Roslaina Handiyani yang juga dikena sebagai Rossa. Merupakan penyanyi solo wanita Indonesia yang membawakan beberapa lagu sendu. Nah, salah satu hits yang tidak bisa dilupakan dari wanita kelahiran Sumedang, 9 Oktober 1978 ini yaitu Pudar.

“Setan dalam hati ikut bicara, bgaimana kalau ku selingkuh saja?”

Lagu yang bisa membuatmu dilematis karena kamu masih ingin sama pacarmu, tetapi juga ingin segera putus dan beralih dengan yang lainnya. Lagu yang dirilis pada tahun 2004 dalam albumnya yang berjudul Kembali, berhasil menjadi hits yang selalu diputar berulang kali. Ayo, siapa yang sering karaoke dengan lagu Pudar ini? Lagu ini memang asik dinyanyikan bersama teman-temanmu, beatnya yang asik bikin kamu ingin menggerakan badanmu.

Baca juga: Jangan Lupa! Tiket Kereta Api Untuk Mudik Sudah Bisa Dipesan Sekarang

Ayo Apresiasi Karya Musisi Indonesia!

Hari Musik Nasional menjadi hari spesial bagi para musisi Indonesia, dan kesempatan kita untuk mengapresiasikan karya-karya tersebut. Kita sebagai bangsa Indonesia patutnya mendengarkan musik-musik asli Indonesia. Jangan sampai dengan munculnya musik-musik internasional, membuatmu lupa atau bahkan tidak mau lagi mendengarkan musik Indonesia.

Ayo Millennials dukung terus musik Indonesia, kalau bukan kita siapa lagi yang akan meneruskan eksistensi karya-karya dari para musisi Indonesia, kan? Selamat Hari Musik Nasional untuk semua musisi di Indonesia. Yuk, dengarkan lagu-lagu Indonesia!