Merintis sebuah bisnis dari awal hingga bisa mencapai kesuksesan memang bukan sesuatu yang mudah. Diperlukan pertimbangan dan persiapan yang matang. Terutama dalam hal memilih partner bisnis yang akan membantu kita saat menjalani dan mengembangkan bisnis itu sendiri. Satu hal yang harus dipahami, dalam memilih partner bisnis kita harus sangat berhati-hati. Bukan berarti jika kita sudah berteman lama dengannya, itu artinya dia akan menjadi partner bisnis yang tepat untuk kita.

 

Nah, di artikel kali ini, TimiKimi akan memberitahu tips bagaimana cara memilih partner bisnis yang baik agar tidak menjadi penyesalan bahkan malah merugikan. Yuk simak ulasan di bawah ini.

 

Temukan Partner Yang Bisa Mengisi Kekuranganmu

Mungkin terkadang kamu akan cenderung merasa nyaman bekerja dengan orang yang memiliki latar belakang yang sama denganmu. Dalam banyak hal kamu akan merasa cocok dan nyambung karena memiliki banyak kesamaan. Akan tetapi, akan lebih baik jika mencari partner bisnis dengan latar belakang yang berbeda. Biasanya, kamu dan partner bisnismu bisa saling mengisi kekurangan masing-masing.

Misalnya, memiliki latar pendidikan yang berbeda, skill dan keahlian yang juga berbeda. Dengan begini, partner bisnismu akan melengkapimu dalam merintis dan mengembangkan bisnis yang akan kalian jalani nanti.

 

 

Satukan Visi dan Misi

Visi dan misi merupakan fondasi utama dalam merintis sebuah bisnis. Jika memiliki visi dan misi yang kuat, maka secara otomatis kamu juga sudah melahirkan sebuah bisnis yang kuat pula. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyatukan visi dan misi terlebih dahulu sebelum menjalani bisnis bersama.

 

Pilih Partner Dengan Jaringan Bisnis Yang Luas

Faktor lain yang akan menunjang kelancaran bisnis dan menjadi penentu suksesnya suatu bisnis adalah networking atau jaringan berbisnis. Oleh karena itu, kamu harus memiliki partner bisnis yang memiliki hal ini. Kamu bisa meraup banyak peluang jika partner bisnis dimiliki punya banyak kenalan atau pengalaman bisnis sebelumnya.

 

Etos Kerja Yang Baik Adalah Syarat Wajib

Memiliki visi dan misi yang sama serta jaringan bisnis yang luas saja masih belum cukup untuk bisa dijadikan rekan kerja. Memiliki etos kerja yang baik adalah syarat wajib diantara semuanya. Disiplin dan kerja keras merupakan salah satu tanda bahwa partner bisnismu memiliki etos kerja yang baik. Maka, harus dipastikan kalau partnermu nantinya memiliki etos kerja tersebut demi kesuksesan bisnis yang kamu rintis dan kembangkan.

 

Komitmen dan Prioritas

Tidak hanya persoalan hubungan asmara, dalam berbisnis pun komitmen dan prioritas merupakan dua hal yang harus kamu tuntut kepada partner bisnismu. Pastikan bahwa partnermu benar-benar bisa berkomitmen untuk merintis dan menjalani usaha bersama. Selain itu, jangan sampai bisnis yang dijalankannya bersamamu ini hanya pekerjaan sampingannya karena jika hal ini terjadi, secara otomatis dia tidak akan bekerja secara maksimal.

 

Pastikan Kamu Bisa Mempercayainya

Kepercayaan menjadi modal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Tidak hanya dalam hubungannya dengan pihak eksternal, tapi juga dengan pihak internal, termasuk rekan bisnismu. Pastikan bahwa partnermu adalah orang yang dapat kamu percaya.

 

Harus Bisa Menerima Kritik

Segala hal pasti tidak akan lepas dari yang namanya kritik. Terutama saat menjalani bisnis, akan ada banyak masukan-masukan jujur yang harus kalian hadapi saat merintis bisnis bersama. Untuk itu, kamu sebaiknya memilih partner dengan sifat terbuka dan mau menerima kritik yang membangun. Sehingga kamu dan partner dapat memperbaiki segala celah dalam bisnis yang sedang kalian jalankan.

 

Nah itu dia Sobat, tips-tips dalam memilih partner bisnis yang bisa kamu terapkan agar kamu tidak salah langkah atau bahkan sampai menyusahkanmu di masa depan. Semoga membantu Sobat!

 

Penulis: Indah Sari