Keuangan merupakan hal yang sudah wajib hukumnya untuk dipelajari. Ada berbagai sarana untuk mempelajari apa itu keuangan. Melalui keluarga, buku, kelas khusus, internet, bahkan melalui film sekalipun. Nah Sobat, jika kamu gemar menonton film dan sedang ingin belajar tentang keuangan, artikel ini akan cocok untuk kamu.

 

Di artikel kali ini, TimiKimi akan membahas film-film yang bisa mengajarkanmu banyak hal tentang keuangan. Apa aja sih? Yuk simak ulasan berikut.

 

Jerry Maguire – 1996

Film yang dibintangi oleh Tom Cruise, Cuba Gooding Jr dan Renee Zellweger ini menceritakan tentang agen olahraga yang berjuang untuk kembali ke posisi puncak. Jerry Magire yang diperankan oleh Tom Cruise belajar untuk lebih menghormati orang lain, dirinya sendiri dan etika dalam menjalankan sebuah bisnis, ketimbang mengagung-agungkan uang.

Dari film ini, hal yang bisa dipelajari adalah, uang bukanlah segala-galanya. Masih banyak aspek lain di dalam hidup yang juga harus kita hargai.

 

The Pursuit of Happyness – 2006

Karya biopic yang satu ini menceritakan tentang kisah hidup dari Chris Gardner yang diperankan oleh Will Smith, seorang salesman miskin yang akhirnya berhasil menjadi pialang saham yang sukses. Berawal dari kesulitan ekonomi yang membuatnya tidak mampu membayar sewa rumah dan tagihan-tagihan lain yang akhirnya menumpuk, Chris bertemu dengan pialang saham yang membuatnya untuk memulai karir sebagai seorang pialang saham. Chris berhasil membangun perusahaan pialang miliknya sendiri yang diberi nama Gardner Rich, dan berhasil mendapatkan jutaan dolar.

Film ini akan mengajarkan kita bahwa meraih kesuksesan harus disertai kerja keras dan perencanaan keuangan yang matang agar terhindar dari kondisi ekonomi yang sulit dan serba kekurangan.

 

The Counterfeiters – 2007

Jika kamu pecinta film yang membahas sejarah, maka The Counterfeiters akan menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Berlatar masa Perang Dunia II, film ini menggambarkan konflik batin dari Salomon Sorowitsch, seorang pemalsu uang yang dipekerjakan dalam industri uang palsu NAZI. Film yang rilis pada tahun 2007 silam ini dibintangi oleh sederet aktor ternama di antaranya Karl Markovics, August Diehl dan Devid Striesow. Selain itu The Counterfeiters juga memenangkan “Best foreign movie“ pada ajang Academy Awards 2007.

Dari film ini, hal yang bisa kita pelajari adalah, penguasa menciptakan sistem ekonomi untuk mendukung kebutuhan perang. Di sisi lain juga akan diperlihatkan bagaimana pemerintah mampu dengan lihainya menyembunyikan kebangkrutan perekonomian negara.

 

Margin Call – 2011

“Listen, if you really wanna do this with your life you have to believe you’re necessary and you are. People wanna live like this with their cars and big fuckin’ houses they can’t even pay for, then you’re necessary. The only reason they all get to continue living like kings is because we got our fingers on the scales in their favor” merupakan kutipan yang paling dikenal dari film yang dibintangi oleh Zachary Quinto, Stanley Tucci dan Kevin Spacey ini.

Film ini menceritakan tentang 36 jam pertama menuju krisis ekonomi di Amerika Serikat pada tahun 2008 silam. Film ini juga menceritakan bagaimana perusahaan dan bankir di Amerika Serikat mengenali tanda-tanda resesi ekonomi di negara mereka.

 

Melalui Margin Call, kita bisa mengambil pelajaran bahwa keuntungan besar seringkali diperoleh dari penderitaan yang menyebabkan banyak pihak terbebani. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang menjalankan sebuah bisnis tanpa mengukur kemampuan dan kapasitas mereka terlebih dahulu.

 

The Wolf of Wall Street – 2013

Film yang satu ini dibintangi oleh Leonardo Dicaprio yang berperan sebagai seorang pialang saham bernama Jordan Belfort. Menceritakan perjalanan hidup seorang Belfort yang ambisius dalam memenangkan saham-saham besar.

Film ini mengajarkan kita tentang bagaimana caranya mengatur keuangan dengan baik dan bijak saat menggunakannya. Film ini juga mengajarkan tentang pentingnya membuat perencanaan keuangan.

 

Nah Sobat, itu dia 5 film yang bisa kamu tonton jika ingin mendapatkan pelajaran tentang keuangan. Mempelajari sesuatu bukan berarti harus melalui sarana yang kaku dan membosankan, bukan? Kamu juga bisa melakukannya melalui film yang bisa disaksikan sambil bersantai bersama keluarga.

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari