Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bisa Datangkan Untung Melimpah

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kamu tidak bisa menghasilkan uang dari rumah. Ada banyak peluang bisnis ibu rumah tangga yang mudah dijalankan tapi bisa mendatangkan keuntungan. Simak peluang bisnis ibu rumah tangga yang bisa menjadi inspirasimu di bawah ini!

Setelah menikah, hampir sebagian besar perempuan akan berhenti bekerja. Apalagi jika sudah memiliki buah hati, mereka pasti akan memilih untuk menjadi ibu rumah tangga seutuhnya. Keputusan yang diambil ini sebenarnya tidaklah mudah mengingat sebelumnya kamu selalu menerima penghasilan bulanan. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang tadinya bekerja kantoran akan merasa kurang finansial karena mereka sudah tidak bisa lagi membeli barang-barang yang diinginkan sesuka hati.

Kondisi seperti ini sebenarnya bisa kita atasi dengan cara membuka bisnis yang bisa dijalankan dari rumah. Dengan begitu, kamu tidak hanya bisa mendapatkan uang sendiri, tapi pekerjaan rumah tangga dan anak juga masih bisa terurus. Jika tidak tahu ingin berbisnis apa, TunaiKita akan memberikanmu inspirasi peluang bisnis ibu rumah tangga yang bisa kamu coba, yaitu:

Bisnis Katering Bekal Makan Siang

Bisnis Katering (Sumber: squarespace.com)

Peluang bisnis ibu rumah tangga yang pertama sudah pasti ada hubungannya dengan dapur karena memasak menjadi salah satu keahlian ibu rumah tangga. Kamu bisa membuka bisnis katering khusus untuk bekal makan siang. Mulailah dengan menawarkan katering kepada orang-orang terdekat seperti teman, kerabat, hingga tetangga. Berikanlah sampel katering terlebih dahulu beserta dengan brosur yang berisi menu makanan yang bisa kamu masak.

Supaya lebih menarik lagi, tawarkan diskon bagi yang berlangganan selama satu bulan sehingga dengan begitu kamu akan memiliki pelanggan tetap. Jangan lupa untuk mensyaratkan uang muka 70% hingga 80% untuk mengantisipasi adanya pelanggan yang tidak membayar. Dengan adanya uang muka, kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli bahan-bahan makanan.

Baca Juga : Tantangan Saat Mengelola Bisnis Memang Banyak, Tapi Bisa Kamu Kalahkan Dengan Cara Ini

Bisnis Kuliner Kemasan

Kuliner Kemasan (Sumber: bisnisukm.com)

Jika kamu merasa katering bekal makan siang membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakannya, kamu bisa membuka bisnis kuliner kemasan seperti sambal kemasan, rendang kemasan, camilan kering, atau makanan beku kemasan. Untuk membuka bisnis kuliner kemasan ini, kamu harus melakukan uji coba ketahanan kuliner kemasanmu terlebih dahulu agar bisa mengetahui berapa lama masa kadaluarsanya. Jangan sampai nantinya kamu salah memberikan informasi mengenai masa kadaluarsa kepada pembeli.

Berhubung bisnis kuliner kemasan bisa distok, jadi kamu tidak harus memasaknya setiap hari. Buatlah kuliner kemasan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak supaya masih fresh ketika dijual dan tidak menumpuk di rumah terlalu lama. Untuk pemesanan dalam jumlah banyak, kamu bisa menerapkan sistem PO alias pre order supaya kamu bisa mengerjakannya dari jauh-jauh hari.

Bisnis Kerajinan Tangan

Bisnis Kerajinan Tangan (Sumber: www.blibli.com)

Kamu kurang ahli di bidang memasak? Jangan khawatir, masih banyak peluang bisnis ibu rumah tangga lainnya yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah bisnis kerajinan tangan seperti patchwork, sulam, dan lain sebagainya. Buat kerajinan tangan dengan tema yang unik supaya bisa lebih menarik perhatian seperti tas yang dibuat dari anyaman bambu atau barang daur ulang. Jual kerajinan tangan dengan sistem paket dan tawarkan diskon khusus untuk reseller.

Bisnis Barang Dekorasi Rumah Kekinian

Dekorasi Rumah (Sumber: pinimg.com)

Di era yang serba instagramable ini, rasanya hampir semua ibu rumah tangga muda yang ingin menciptakan suasana instagramable pada setiap sudut rumahnya seperti yang ada di kafe atau coffee shop kekinian. Kamu bisa menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis ibu rumah tangga dengan menjual barang-barang dekorasi rumah kekinian seperti pajangan quotes, pajangan huruf kaligrafi, bunga kertas artificial yang dipajang di tembok, dan lain sebagainya. Cobalah untuk sering-sering melihat referensi dari instagram dan pinterest dan terapkan tema dekorasi tersebut pada ruangan yang ada di rumahmu sendiri dan unggah fotonya di instagrammu sehingga calon pelanggan bisa langsung meliriknya.

Baca Juga : Terlihat Nyeleneh, Tapi Ide-Ide Bisnis Ini Ternyata Bisa Meraup Keuntungan Fantastis

Bisnis Tanaman Hias

Tanaman Hias (Sumber: dogotamlinh.net)

Buat kamu yang suka bercocok tanam, cobalah untuk membuka bisnis tanaman hias. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan uang, tapi hobi bisa tetap tersalurkan. Tanaman hias yang kamu jual bisa berupa tanaman hias yang bisa dipajang di dalam ruangan karena saat ini sedang tren meletakkan tanaman hias dalam ruangan. Agar tampilan tanaman hiasmu jadi berbeda, kamu bisa menghias pot dengan pita atau membungkus pot dengan karung goni. Sambil berjualan, kamu juga bisa memberikan beberapa tips dan trik cara merawat tanaman hias tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu sudah mengedukasi masyarakat untuk go green.

Bisnis Reseller Pakaian dan Aksesoris Anak

Baju Anak (Sumber: www.childmags.com.au)

Menjadi reseller pakaian memang paling banyak diminati oleh para ibu rumah tangga sehingga bisa kamu lirik. Tapi tahukah kamu kalau ternyata reseller pakaian dan aksesoris anak-anak jauh lebih banyak peminatnya dibanding reseller pakaian dan aksesoris perempuan. Hal ini dikarenakan pakaian dan aksesoris anak-anak jauh lebih lucu dan menarik. Dengan menjadi reseller pakaian dan aksesoris anak, kamu tidak butuh modal yang banyak. Cukup berbekal distributor yang terpercaya, gadget, dan jaringan internet saja.

Untuk memperluas pasar, jangan cuma menjual pakaian dan aksesoris anak melalui medial sosial pribadi, tapi kamu juga bisa menaruh barang daganganmu di e-commerce sehingga pasarannya bisa jauh lebih luas karena menjangkau seluruh Indonesia.

Bisnis Mainan Edukatif

Mainan Edukasi (Sumber: www.dhresource.com)

Terakhir adalah berbisnis mainan edukatif. Tentunya bagi kamu yang sudah menjadi ibu rumah tangga akan memiliki teman-teman yang pastinya juga sudah memiliki anak sepertimu. Kamu bisa menjadikan menjual mainan edukatif kepada mereka. Ingin pasaran yang lebih luas lagi? Buatlah video tutorial mainan edukatif dan berikan penjelasan mengenai manfaat dari mainan edukatif tersebut bagi anak-anak yang menggunakannya. Dengan begitu orang-orang jadi lebih tertarik untuk membelikan buah hati mereka mainan edukatif.

Manfaatkan Pinjaman TunaiKita Sebagai Modal Awal Berbisnis

Pinjaman Dana (Sumber: www.tunaikita.com)

Untuk memulai bisnis ibu rumah tangga, pastinya kamu butuh modal awal. Jika dana di tabungan tidak mencukupi untuk membuka bisnis ibu rumah tangga, lantas bukan berarti kamu tidak jadi membuka bisnis. Manfaatkan pinjaman TunaiKita sebagai modal awal kamu membuka bisnis ibu rumah tangga. Plafon pinjaman yang diberikan oleh TunaiKita ini mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan mulai dari 10 hari sampai 180 hari.

Baca Juga : Pahami Tips-Tips Memilih Partner Bisnis Agar Tidak Merugikanmu Di Masa Depan

Tidak seperti jenis pinjaman online lainnya yang mensyaratkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan, TunaiKita tidak mensyaratkan slip gaji sehingga cocok untuk dijadikan pinjaman bisnis ibu rumah tangga. Syarat utama untuk mengajukan pinjaman ini hanyalah KTP (Kartu Tanda Pengenal), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal (BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, dan Bank Permata).

Tapi sebelum mengajukan pinjaman TunaiKita untuk modal bisnis ibu rumah, kamu harus terlebih dahulu melakukan perhitungan dengan matang. Jangan sampai nantinya pinjaman yang kamu ajukan menjadi boomerang. Hitung dengan teliti, berapa modal yang dibutuhkan, mulai dari biaya bahan baku dan biaya produksi. Kemudian barulah hitung simulasi hutang. Simulasi hutang ini akan membantumu untuk menentukan nominal cicilan hutang per bulannya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berapa dana yang harus disisihkan per bulannya untuk membayar cicilan.

Itulah informasi yang bisa kamu dapatkan mengenai peluang bisnis ibu rumah tangga. Semoga saja di antara ketujuh peluang bisnis ibu rumah tangga di atas ada yang cocok untukmu Sobat. Selamat membuka bisnis baru!