Pengajuan Pinjaman Ditolak Bank? Tenang, Ada Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank

Pinjaman tanpa jaminan non bank

Bukan hal yang asing lagi kalau pengajuan pinjaman ke bank akan ditolak. Jika mengalami penolakan, kamu bisa mengandalkan pinjaman tanpa jaminan non bank yang ada di bawah ini!

Bank selalu menjadi tempat andalan ketika sedang membutuhkan dana pinjaman. Baik itu pinjaman untuk membeli rumah atau kendaraan, hingga ketika sedang butuh dana tunai yang akan digunakan untuk keperluan lainnya seperti untuk modal bisnis. Masyarakat memilih untuk mengajukan pinjaman ke bank dengan alasan keamanan yang terjamin sehingga jauh dari kata penipuan. Selain itu plafon pinjaman yang diberikan juga terbilang cukup besar.

Tapi sayangnya tidak semua pengajuan pinjaman selalu diterima oleh bank. Tak sedikit orang yang mengalami penolakan pinjaman dengan beberapa alasan tertentu seperti persyaratan yang disyaratkan tidak bisa kamu penuhi, dokumen yang diberikan tidak lengkap atau tidak sah, hingga tidak lolos BI Checking karena sebelumnya pernah memiliki tunggakan hutang di tempat lain. Jika sudah seperti ini, lantas kita harus bagaimana?

Pilihan Tempat Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank

Pengajuan pinjaman ditolak oleh bank bukan berarti kamu tidak bisa mengajukannya ke tempat lain karena masih ada banyak pilihan tempat pinjaman tanpa jaminan non bank yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Kerabat dan Teman Dekat

Pinjam Uang (Sumber: Jurnal.id)

Pilihan pertama adalah kerabat atau teman dekat. Beberapa orang cenderung meminjam dana kepada kerabat atau teman dekat ketika sedang membutuhkan dana tunai cepat karena prosesnya tidak berbelit-belit dan tidak butuh persyaratan khusus seperti di bank. Kekurangan dari pilihan ini adalah jumlah dana yang dipinjam sudah pasti tidak bisa terlalu banyak. Ditambah lagi, kemungkinan untuk pinjaman uang online ditolak kerabat atau teman dekat juga lebih besar karena belum tentu ketika kamu meminjam, mereka sedang ada dana yang bisa diberikan.

2. Kantor

Meminjam ke Kantor (Sumber: detik.net.id)

Pilihan kedua pinjaman tanpa jaminan non bank adalah kantor tempat kamu bekerja. Kita sering mengenal pinjaman jenis ini dengan nama kasbon. Biasanya dana yang dipinjam akan dibayarkan dengan cara potong gaji setiap bulannya dengan nominal dan masa pembayaran yang disepakati oleh kedua belah pihak, yakni dirimu sendiri dan pihak kantor. Persyaratan yang harus dipenuhi juga tidak ribet. Biasanya kamu hanya disuruh untuk membuat surat pernyataan pinjaman yang nantinya akan diberikan kepada bagian keuangan kantor. Jika pinjaman disetujui, maka dana akan cair pada hari itu juga.

Tak jauh berbeda dengan pilihan pinjaman kepada keluarga dan teman dekat, pilihan pinjaman ke kantor ini juga tidak bisa menyediakan plafon pinjaman yang tinggi. Rata-rata pihak kantor hanya akan meminjamkan dana paling tidak 1 sampai 2 kali lipat jumlahnya dari gaji bulananmu.

3. Koperasi

Koperasi (Sumber: Tribunnews.com)

Bagi orang-orang yang tinggal di kota-kota kecil, koperasi masih menjadi pilihan pinjaman tanpa jaminan non bank yang banyak dipilih. Pasalnya bunga yang diberikan oleh koperasi ini sangat rendah sehingga terjangkau oleh semua kalangan. Koperasi yang merupakan lembaga non bank ini hanya memberikan syarat pengajuan berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk), slip gaji, dan tagihan listrik atau telepon. Berhubung sumber dana koperasi ini didapat dari iuran para anggotanya, maka jumlah dana yang bisa dipinjamkan tidaklah banyak. Rata-rata koperasi hanya memberikan pinjaman ratusan ribu hingga maksimum Rp5 juta saja.

4. Perusahaan Modal Ventura

Modal Ventura (Sumber: dailysocial.id)

Jika dana yang ingin kamu pinjam akan dipergunakan sebagai modal usaha, maka kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan non bank ke perusahaan modal ventura. Sebenarnya apa itu perusahaan modal ventura? Perusahaan modal ventura memang terdengar asing di telinga karena masih sedikit orang yang menggunakannya. Perusahaan modal ventura ini merupakan lembaga keuangan yang akan memberikan pembiayaan dari sebuah perusahaan ke perusahaan yang lain melalui pinjaman dalam bentuk penyertaan modal alias kepemilikan saham.

Baca Juga : Intip Kelebihan Yang Dimiliki Pinjaman Tunaiku Amar Bank

Dalam arti kata lain, usaha yang akan kamu jalani ini akan dimodali terlebih dahulu oleh perusahaan modal ventura. Nantinya ketika usaha sudah berjalan, maka kamu diwajibkan untuk mengembalikan dana beserta persentase keuntungan yang besarannya sudah disepakati di awal oleh kedua belah pihak. Jumlah dana yang bisa diberikan oleh perusahaan modal ventura ini terbilang cukup besar karena maksimum bisa mencapai ratusan juta. Tapi ingat, proposal dan prospek usaha kamu harus jelas ya Sobat!

5. Fintech

Fintech (Sumber: thenextweb.com)

Pilihan yang terakhir adalah fintech yang saat ini sedang populer karena memberikan pinjaman online cepat cair. Fintech atau financial technology merupakan perusahaan yang menyediakan pinjaman dana tunai secara online. Kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan non bank melalui situs fintech atau aplikasi. Ada empat golongan perusahaan fintech di Indinesia yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Payment, clearing, and settlement

Golongan fintech yang pertama ada fintech payment, clearing, and settlement yang hanya memberikan layanan sistem pembayaran saja. Misalkan kamu ingin membeli sebuah barang, maka kamu bisa menggunakan pinjaman fintech payment, clearing, and settlement untuk membayarkan terlebih dahulu barang yang kamu inginkan. Nantinya kamu tinggal membayar cicilan selama masa tenor yang sudah dipilih. Beberapa contoh perusahaan fintech payment, clearing, and settlement adalah Doku, Kartuku, Xendit, iPaymu, dan Finnet.

  • Risk and investment

Fintech Risk and Investment (Sumber: detik.net.id)

Untuk fintech risk and investment adalah perusahaan fintech yang memberikan jasa layanan perencanaan keuangan, platform e-trading, e-insurance. Jadi nantinya kamu akan dibantu dan diarahkan agar bisa memilih produk investasi terbaik yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan dan kebutuhanmu. Dalam arti kata lain, konsep dari fintech risk and investment adalah financial planner yang berbentuk digital. Contoh perusahaan fintech risk and investment di Indonesia adalah RajaPremi, CekPremi, dan Bareksa.

  • Market aggregator

Selanjutnya ada market aggregator yang mengumpulkan dan mengolah data produk dari beberapa bank. Data produk yang dikumpulkan ini mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, kredit kendaraan bermotor, kredit pemilikan rumah, kredit multiguna, dan lain sebagainya. Fintech market aggregator nantinya akan menyajikan data produk tersebut secara lengkap, mulai dari harga, bunga, fitur, dan lain sebagainya sehingga kamu bisa membandingkan dan mendapat penawaran yang terbaik tanpa perlu perlu repot-repot datang ke kantor cabang bank terdekat. Contoh fintech market aggregator adalah HaloMoney.co.id, Cermati.com, Finansialku.com, dan lain sebagainya.

  • Peer to peer lending

Pinjaman Dana (Sumber: www.tunaikita.com)

Lalu yang terakhir ada fintech peer to peer lending yang memberikanmu pinjaman uang online berupa dana tunai tanpa perlu memberikan agunan. Peer to peer lending atau (P2P lending) ini memiliki sistem peminjaman yang bisa cair dalam hitungan hari, bahkan beberapa ada yang menawarkan dana cair dalam waktu satu hari saja. Jenis fintech ini tergolong sangat populer karena persyaratan yang diberikan sangat mudah sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengajukan pinjaman. Biasanya syarat yang diperlukan hanya KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji atau surat keterangan penghasilan, dan rekening bank.

Baca Juga : Pinjaman KTA Vs Pinjaman Online, Mana Yang Terbaik?

Berhubung fintech P2P lending sangat populer, maka sangat rentan terhadap penipuan online. Oleh karena itu, pilih fintech P2P lending yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) karena lebih aman dan terpercaya. Salah satu perusahaan fintech P2P lending yang bisa kamu pilih adalah TunaiKita karena sudah terdaftar di OJK sehingga kamu tidak perlu khawatir akan keamanannya.

Kartu Tanda Penduduk (Sumber: detik.net.id)

Syarat pengajuan pinjaman tanpa jaminan non bank di TunaiKita hanya KTP, NPWP, dan nomor rekening lokal (BCA, Mandiri, BRI, BNI, Danamon, Bank Mega, dan Permata Bank). Untuk plafon pinjaman yang diberikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan masa tenor 10 hari hingga 180 hari. Kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan non bank melalui TunaiKita secara mudah. Cukup download aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore lalu isi data diri secara lengkap lalu kamu tinggal memilih nominal pinjaman dan masa tenor yang diinginkan. Jika syarat dan dokumen lengkap dan pengajuan diterima, maka dana akan cair dalam hitungan 1-3 hari kerja. Mudah bukan?

Setelah membaca informasi yang ada di atas, nantinya kalau pengajuan pinjamanmu ditolak oleh bank, kamu bisa mengandalkan salah satu pilihan pinjaman tanpa jaminan non bank di atas Sobat!