Perlu Tahu! Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Tanpa Agunan Online

Pinjaman Tanpa Agunan Online

Pinjaman tanpa agunan online memang sedang menjadi primadona. Sebelum mengajukan, lebih baik kamu ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pinjaman tanpa agunan online ini.

Kebutuhan hidup memang kerap kali tidak bisa kamu duga sebelumnya. Setiap orang pasti akan menemui masa di mana mereka berada dalam keadaan butuh dana mendesak. Misalkan saja jika kamu mengalami resiko kecelakaan sehingga harus memperbaiki kendaraan, sakit hingga dirawat inap di rumah sakit, terkena bencana alam, hingga harus membayar uang daftar ulang sekolah anak. Dalam keadaan seperti ini, tabungan dan dana darurat selalu menjadi andalan. Tapi bagaimana tabungan yang dimiliki sudah tidak ada dan dana darurat sudah habis terpakai?

Berdasarkan permasalahan inilah, bank dan juga lembaga keuangan membuat produk pinjaman tanpa agunan. Produk pinjaman tanpa agunan atau yang lebih dikenal dengan KTA (Kredit Tanpa Agunan) sebenarnya dikenal dari salah satu bank luar yakni Standard Chartered yang mengenalkan pinjaman pribadi atau personal loan. Produk pinjaman pribadi ini kemudian mulai diadaptasi oleh bank-bank lainnya yang ada di Indonesia, baik itu bank swasta maupun pemerintah.

Seiring dengan perkembangan zaman, produk pinjaman tanpa agunan sekarang juga sudah bisa diajukan secara online sehingga kamu tak perlu repot datang ke bank. Ibarat kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, supaya kamu lebih mengenal pinjaman tanpa agunan, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari pinjaman tanpa agunan sebelum mengajukan pinjaman. Mari kita lihat bersama!

Kelebihan Pinjaman Tanpa Agunan Online

Bukan tanpa alasan kalau pinjaman tanpa agunan online ini banyak dilirik dan diminati. Ternyata ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki, yaitu:

  • Tidak Memerlukan Jaminan

Agunan (amazonaws.com)

Sesuai dengan namanya, pinjaman tanpa agunan ini tidak memerlukan agunan atau jaminan jika kamu ingin mengajukan pinjaman. Berbeda dengan jenis pinjaman dengan agunan atau kredit multiguna yang mengharuskanmu memberikan jaminan saat mengajukan pinjaman. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi kamu yang tidak memiliki aset atau surat-surat berharga seperti sertifikat rumah, BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor), dan lain sebagainya.

  • Prosesnya Lebih Mudah dan Cepat

Berhubung semuanya dilakukan secara online, maka kamu bisa melakukan pengajuan dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu menunggu jam operasional bank. Ditambah lagi proses pencairannya juga lebih cepat karena semua data dan dokumen yang masuk dalam bentuk digital sehingga bisa langsung diproses oleh pihak bank. Berbeda kalau kamu mengajukan pinjaman tanpa agunan secara offline, semua data dan dokumen yang masuk dalam bentuk fisik sehingga harus discan terlebih dahulu untuk dijadikan bentuk digital.

  • Banyak Pilihannya

Produk pinjaman tanpa agunan online ini dimiliki hampir oleh semua bank yang ada di Indonesia sehingga kamu bisa membandingkannya dan memilih mana yang memberikanmu penawaran terbaik. Cari penawaran dengan bunga rendah agar beban cicilan per bulan jadi lebih ringan dan tidak terlalu memberatkanmu.

  • Bisa Digunakan untuk Apa Saja

Membuka Bisnis (www.kiplinger.com)

Kelebihan pinjaman tanpa agunan online ini adalah bisa digunakan untuk keperluan apa saja, mulai dari untuk keperluan membayar biaya rumah sakit, memperbaiki kendaraan, renovasi rumah, biaya pernikahan, tambahan modal usaha, dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini berbeda dengan jenis pinjaman bank lainnya seperti KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) yang hanya dibolehkan untuk membeli kendaraan, KPR (Kredit Pemilikan Rumah) untuk membeli rumah, hingga KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang diperuntukkan untuk modal usaha saja.

  • Plafon Pinjaman yang Diberikan Cukup Besar

Plafon pinjaman yang diberikan kepadamu juga terbilang cukup besar. Rata-rata pinjaman tanpa agunan online akan memberikanmu pinjaman dengan nominal minimal Rp5 juta hingga maksimum ratusan juta lebih. Meski kamu bisa mengajukan pinjaman yang cukup besar, lantas bukan berarti kamu harus mengajukan pinjaman dengan jumlah besar. Ajukan jumlah pinjaman seperlunya yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Masa Tenor yang Diberikan Fleksibel

Jangka Waktu Panjang (www.myjewishlearning.com)

Kelebihan terakhir adalah masa tenor atau jangka waktu pinjaman tanpa agunan online yang terbilang cukup fleksibel sehingga bisa memudahkanmu dalam membayar cicilan tepat waktu. Untuk maksimum masa tenor yang diberikan biasanya rata-rata bisa mencapai 60 bulan (5 tahun lamanya). Jika mengajukan pinjaman tanpa agunan online, usahakan untuk mengambil masa tenor yang tepat. Jika penghasilan bulananmu terbatas, maka ambillah masa tenor panjang atau maksimum supaya cicilan tidak menunggak. Tapi jika penghasilanmu terbilang cukup banyak, ambil masa tenor pendek supaya cicilan bisa cepat lunas.

Baca juga: Pinjaman KTA Vs Pinjaman Online, Mana Yang Terbaik?

Kekurangan Pinjaman Tanpa Agunan Online

Setiap produk perbankan pasti ada kekurangannya, tak terkecuali pinjaman tanpa agunan online. Lalu apa saja kekurangannya? Mari kita lihat bersama yuk Sobat!

  • Bunga Tergolong Relatif Tinggi

Bunga yang Dikenakan (Sumber: www.nu.or.id)

Kekurangan pertama adalah pinjaman tanpa agunan online ini memiliki bunga yang relatif tinggi dibanding jenis pinjaman lainnya. Ini dikarenakan kamu tidak memberikan agunan sebagai jaminan atas pinjamanmu. Biasanya di tahun pertama dan kedua, bunga yang diberikan adalah bunga flat, tapi setelah itu bunga yang dikenakan adalah bunga floating yang mengikuti suku bunga pasar.

  • Harus Memiliki Kartu Kredit

Kekurangan kedua adalah adanya syarat kepemilikan kartu kredit yang harus kamu miliki. Kenapa harus memiliki kartu kredit? Karena dari kartu kredit, pihak bank bisa melihat bagaimana ketaatanmu dalam membayar cicilan setiap bulannya. Tapi tidak semua bank mensyaratkan pemilikan kartu kredit kok. Ada beberapa yang tidak memberikan syarat kartu kedit seperti Amar Bank, Hana Bank, dan masih banyak lagi. Jadi, perhatikan selalu syarat yang diberikan oleh penyedia pinjaman tanpa agunan online tersebut.

  • Ada Minimal Penghasilan

Pemikiran Kata Saat Gajian (Sumber: www.sofi.co.id)

Dalam pinjaman tanpa agunan online, ada syarat minimum penghasilan yang nominalnya berbeda-beda tergantung bank penyedia. Ada yang mensyaratkan minimal penghasilan Rp3 juta, Rp5 juta, hingga Rp10 juta. Perbedaan minimal penghasilan ini akan berpengaruh pada nominal plafon pinjaman yang bisa kamu ajukan. Semakin tinggi penghasilan bulananmu, maka semakin tinggi plafon pinjaman yang diberikan.

  • Syarat yang Diberikan Cukup Ribet

Selain syarat kartu kredit dan minimal penghasilan, ternyata pinjaman tanpa agunan online ini juga punya syarat lainnya yang harus kamu penuhi seperti KK (Kartu Keluarga), slip gaji, rekening koran, pas foto, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya syarat yang diberikan tentu persiapan yang kamu lakukan akan jadi lebih ribet. Tapi jika dilihat dari besarnya nominal pinjaman yang diberikan, wajar saja kalau ada banyak persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi.

  • Banyaknya Biaya Tambahan

Terakhir adalah adanya biaya-biaya tambahan yang perlu kamu ketahui. Biasanya pinjaman tanpa agunan online akan mengenakan biaya provisi, biaya administrasi, denda pelunasan di awal, dan lain sebagainya. Jadi saat mengajukan, tanyakan dulu apa saja biaya tambahan yang nantinya akan dikenakan kepadamu.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Ribet Cukup Dengan Tiga Syarat

Pilihan Selain Pinjaman Tanpa Agunan Online

Tunaikita (Tunaikita.com)

Perlu kamu ketahui kalau masih ada jenis pinjaman online selain pinjaman tanpa agunan, yaitu pinjaman online P2P lending. Jenis pinjaman ini tergolong lebih mudah untuk diajukan karena kebanyakan menggunakan aplikasi yang bisa kamu download melalui PlayStore atau AppStore. Salah satu penyedia pinjaman online P2P lending yang bisa dipilih adalah TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online P2P lending yang terpercaya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Cara mengajukan pinjaman online melalui TunaiKita sangat mudah. Kamu cukup mendownload aplikasi TunaiKita lalu registrasi supaya bisa login. Setelah berhasil login, kamu harus mengunggah KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Selain itu, kamu juga harus memberikan nomor rekening bank lokal pribadi seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Danamon. Setelah memberikan informasi data dan dokumen, kamu tinggal memilih plafon pinjaman yang diinginkan dan juga masa tenor pinjaman. Untuk plafon pinjaman yang diberikan oleh TunaiKita minimal Rp1 juta dan maksimum Rp20 juta dengan maksimum masa tenor 180 hari.

Setelah memilih plafon pinjaman dan masa tenor, kamu tinggal menunggu pihak TunaiKita melakukan konfirmasi dan verifikasi data. Jika pengajuan pinjaman diterima, maka dana akan langsung dikirim ke nomor rekening bank lokal yang sudah kamu berikan sebelumnya. Mudah bukan? Apapun pilihan pinjaman online yang kamu pilih, ingat untuk selalu membayarnya tepat waktu dan jangan sampai menunggak ya!