Lebaran Sebentar Lagi! Persiapkan Mudik Dengan Baik Agar Tetap Aman di Perjalanan

Memasuki minggu kedua puasa, sudah saatnya untuk memikirkan dan mempersiapkan mudik lebaran bagi para perantau yang jauh dari kampung halaman. Terutama untuk kamu yang berencana menggunakan kendaraan pribadi. Agar tetap aman di perjalanan, simak tips persiapan mudik TimiKimi berikut yuk!

Lebaran merupakan perayaan besar bagi seluruh umat muslim di dunia. Tradisi berkumpul bersama keluarga di hari lebaran sudah menjadi agenda wajib yang tidak boleh dilewatkan. Apa lagi untuk para perantau, momen ini pastinya digunakan sebagai ajang silaturahmi dengan seluruh sanak saudara.

Mudik merupakan singkatan yang berasal dari bahasa jawa yaitu ‘ Mulih Dhisik’ yang artinya pulang sebentar ke kampung halaman, kota atau negara asal. Transportasi yang digunakan biasanya akan bervariasi, tergantung jarak yang ditempuh dan kemampuan finansial. Mulai dari sepeda motor hingga pesawat terbang.

Artikel kali ini khusus untuk Sobat yang berencana mudik ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi. Agar tetap aman di perjalanan, simak ulasan TimiKimi di bawah ini yuk!

Baca juga: Bisakah Usaha Modal 1 Juta Untuk Buka Bisnis Kue Kering Lebaran? Coba Kita Cek!

Mudik Dengan Persiapan Sudah Pasti Aman

Jika kamu berencana mengajak keluarga mudik melalui jalur darat dan mengendarai kendaraan pribadi, maka beberapa hal berikut wajib kamu perhatikan demi keamanan hingga sampai tujuan.

  • Pastikan kesehatan kendaraan

source: Google

Mudik menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor, wajib hukumnya untuk memastikan kondisi kesehatan kendaraan. Lakukan pengecekan ke bengkel mobil atau motor terdekat untuk memastikan apakah kendaraanmu mampu menempuh perjalanan jauh atau tidak.

Jika kamu pengguna mobil, maka periksa mesin, rem, oli, airbag dan roda. Jika kamu menggunakan motor, maka mesin, rem dan ban motor harus dipastikan dalam kondisi baik. Jangan meremehkan hal ini, karena banyak terjadi kecelakaan di jalan dikarenakan kondisi kendaraan kurang layak untuk dipakai mudik. Kondisi kendaraan menjadi faktor terpenting dan paling berpengaruh pada keselamatanmu dan keluarga.

  • Penumpang harus sesuai kapasitas

Pada dasarnya, setiap kendaraan didesain untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing. Salah satu penyebab kecelakaan yang paling besar terjadi selama arus mudik adalah kendaraan yang memuat penumpang melebihi kapasitas. Demi keselamatan dan keamanan selama perjalanan, akan lebih baik jika kamu tidak melanggar aturan yang satu ini. Jika terjadi kelebihan beban, hal ini berpotensi pada keselamatan seluruh penumpang.

Untuk kamu yang mengendarai sepeda motor, jangan membawa beban atau barang-barang dalam jumlah yang terlalu banyak. Bawa barang-barang yang kamu butuhkan saja.  

  • Persiapkan kebutuhan obat-obatan

source: Google

Obat-obatan adalah hal ketiga yang harus kamu persiapkan untuk perjalanan mudikmu. Apalagi jika kamu memiliki permasalahan kesehatan yang mengharuskanmu untuk mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu. Seperti penderita maag, asma, dan lain sebagainya.

Mempersiapkan obat-obatan jangan disepelekan Sobat. Mengingat kamu akan menempuh perjalanan jauh, maka kemungkinan akan menemukan apotik sangatlah kecil. Jangan sampai, di tengah-tengah kemacetan mengalami gangguan kesehatan yang tidak bisa ditahan. Jadi, persiapkan kebutuhan obat-obatan untuk seluruh anggota keluarga demi kebaikan bersama.

Baca juga: Diet Di Bulan Ramadhan? Ini Rekomendasi Menu Untuk Buka Puasa

  • Bawa makanan dan minuman

Selain obat-obatan, makanan dan minuman juga menjadi bagian dari persiapan mudik yang tidak boleh kamu lewatkan. Jika kamu penderita maag, selain mempersiapkan obat-obatan yang kamu butuhkan, kamu juga harus mempersiapkan makanan untuk menghindari ‘terlambat makan’. Jika kamu memiliki masalah dengan perjalanan darat, persiapkan permen mint dan air hangat untuk meredakan mual yang pastinya akan sangat mengganggu di tengah-tengah perjalanan.

Mempersiapkan makanan dan minuman juga akan sangat membantumu dan keluarga jika terjebak di dalam kemacetan arus mudik. Saat berkendara di tengah kemacetan yang membuat stress, kamu bisa berpotensi lapar dan haus, dan hal ini bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi saat menyetir. Hindari berkendara dalam keadaan lapar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, jangan lupa bawa makanan kesukaanmu saat mudik nanti ya!

  • Persiapkan uang tunai

Membawa uang tunai terhitung penting di saat mudik. Hal ini dikarenakan selama perjalanan menuju kampung halaman, tidak selalu ada mesin ATM dan tidak semua toko memfasilitasi pembeli melakukan transaksi pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit. Oleh karena itu, membawa uang tunai yang cukup adalah sebuah keharusan. Tidak perlu berlebihan, sebaiknya sebelum mudik, lakukan perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama di perjalanan.

Buat perhitungan secara terperinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan. Hitunglah mulai dari pengeluaran yang besar sampai yang terkecil. Hal ini akan membantumu mengantisipasi hal-hal menyebalkan seperti tidak bisa membeli makanan, tidak bisa membayar parkir atau bahkan tidak bisa membayar WC umum.

  • Gunakan GPS selama di perjalanan

Tidak jarang para pemudik tidak mengetahui atau tidak hafal jalan yang harus ditempuh. Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu wajib menggunakan GPS yang tersedia di smartphone. Untuk itu, sebelum memulai perjalanan, pastikan kamu sudah mengisi baterai ponselmu dengan penuh terlebih dahulu.

Penggunaan GPS akan sangat membantu dalam menghemat waktu di perjalanan pulang. Biasanya GPS akan memberikan jalur alternatif yang bebas macet dan juga memberitahu kondisi lalu lintas di depanmu dalam jarak tertentu.

  • Patuhi aturan lalu lintas

Penting untuk mematuhi aturan lalu lintas selama menempuh perjalanan mudik. Jangan sampai karena buru-buru ingin bertemu sanak keluarga, kamu mengabaikan rambu lalu lintas yang sudah ada. Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi dan tetap berada di dalam jalur aman.

Mengabaikan aturan lalu linta beresiko tinggi untuk terjadinya kecelakaan. Walaupun kamu sudah memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, membawa penumpang sesuai kapasitas, mempersiapkan makanan, minuman dan obat-obatan, akan tetap berisiko jika kamu berkendara tanpa aturan. Jadi, pastikan kamu tidak melanggar lalu lintas ya Sobat!

  • Jangan memaksakan diri

Tidak sedikit yang kita dengar terjadinya kecelakaan lalu lintas dikarenakan pengemudi yang kelelahan. Hal ini wajib untuk diperhatikan Sobat. Jika kamu mengendarai kendaraan pribadi dan menempuh jarak perjalanan yang panjang, jangan pernah ragu untuk beristirahat jika dirasa kamu butuh melakukannya.

Sepanjang jalur mudik biasanya akan terdapat banyak rest area dan pos-pos polisi yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat. Jika kamu sudah kembali mengisi tenagamu, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan nyaman dan aman.

Baca juga: Cara Cari Uang Cepat Dalam 1 Hari Selama Bulan Ramadhan, Memangnya Bisa?

Keselamatan Harus Diutamakan

Menempuh perjalanan jauh, apa lagi mengendarai kendaraan sendiri, memiliki peluang terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan jika kita tidak menyiasati dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, maka kamu sudah siap dengan agenda mudikmu di lebaran tahun ini.

Semoga membantu!