cara meminjam uang di bank

Menjelang hari raya lebaran, pengeluaran akan semakin bertambah, salah satunya untuk mudik. Jika dana THR belum turun, padahal mudik lebaran sudah di depan mata, bagaimana cara mengatasinya? Coba saja pinjam uang 2 juta tanpa jaminan di tempat ini! Simak cara lengkapnya ya!

Lebaran menjadi momen hari raya bagi umat muslim setelah satu bulan penuh berpuasa. Bagi masyarakat Indonesia, momen lebaran ini sangat kental dengan yang namanya mudik alias pulang ke kampung halaman. Mudik lebaran sudah menjadi tradisi secara turun temurun yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Biasanya orang akan mudik mulai dari H-7 hingga H-1 sebelum hari raya lebaran. Berhubung sudah tradisi, biasanya orang akan rela untuk menghabiskan dana lebih untuk keperluan mudik ini.

Seperti yang kamu ketahui, saat bulan Ramadhan pengeluaran bulanan pasti akan bertambah hingga dua kali lipat. Apalagi menjelang hari raya lebaran. Ditambah lagi adanya tradisi mudik lebaran ini. Jika dana yang ada sudah habis untuk keperluan selama bulan Ramadhan dan dana THR (Tunjangan Hari Raya) belum turun sementara kamu sebentar lagi akan mudik, apa yang akan kamu lakukan? Jalan satu-satunya adalah mengajukan pinjam uang 2 juta tanpa jaminan.

Baca juga: Pinjam Uang 20 Juta Tanpa Jaminan, Bisa? Ikuti Cara Jitu Ini!

Pinjam Uang 2 Juta tanpa jaminan untuk Keperluan Mudik, Bolehkah?

Plafon Pinjaman (Sumber: okezone.com)

Pastinya kamu sendiri bertanya-tanya bolehkah kita mengajukan pinjam uang 2 juta tanpa jaminan untuk keperluan mudik lebaran? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kamu mengetahui apa itu pinjam uang 2 juta tanpa jaminan. Sesuai dengan namanya, pinjam uang 2 juta tanpa jaminan ini adalah pinjaman sejumlah Rp2 juta tanpa kamu perlu memberikan agunan atau jaminan sebagai syarat pinjaman.

Penyedia pinjam uang 2 juta tanpa jaminan kebanyakan adalah perusahaan fintech yang bisa memberikan pinjaman online mulai dari Rp1 juta. Kenapa tidak pinjam ke bank saja? Perlu kamu ketahui kalau pinjaman tanpa jaminan yang ada di bank rata-rata memberikan plafon pinjaman minimal Rp5 juta sehingga kalau kamu hanya mengajukan pinjaman Rp2 juta, maka sudah pasti pengajuan pinjamanmu akan ditolak oleh bank. Lantas bagaimana dengan Pegadaian? Jika mengajukan pinjaman ke Pegadaian, sudah pasti kamu wajib memberikan jaminan seperti BPKB kendaraan, emas, sertifikat rumah, atau surat berharga lainnya. Jadi, bisa dikatakan kalau pinjaman online sangat cocok untuk kamu tuju.

Menjawab pertanyaan di atas, apakah kita boleh mengajukan pinjam uang 2 juta tanpa jaminan untuk keperluan mudik lebaran? Jawabannya sudah pasti sah-sah saja asalkan nantinya kamu bisa mengembalikannya secara tepat waktu. Lebih bagus lagi ketika dana THR milikmu turun, segeralah lunasi hutang pinjam 2 juta tanpa jaminan tersebut supaya nantinya kamu tidak akan terlilit hutang saat merayakan hari raya lebaran. Biasanya THR sudah cair paling lambat H-3 menjelang lebaran. Jika perusahaan atau kantor tempatmu bekerja belum juga menurunkan THR, maka kamu bisa menanyakannya kepada pihak HRD.

Baca juga: Pinjaman Koperasi Online Tanpa Jaminan Vs Pinjaman Online Tanpa Jaminan, Pilih Mana?

Cara Mengajukan Pinjam Uang 2 Juta Tanpa Jaminan

Pinjam Uang (www.ft.com)

Jika merasa kebingungan bagaimana cara mengajukan pinjam uang 2 juta tanpa jaminan ini, kamu bisa membaca penjelasan caranya yang diberikan oleh TimiKimi di bawah ini, yaitu:

  • Lakukan Perhitungan dengan Matang

Cara pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perhitungan mudik dengan matang. Hal ini perlu dilakukan supaya nantinya dana Rp2 juta tersebut bisa kamu pergunakan dengan baik dan benar. Jangan sampai karena salah perhitungan, dana yang dipinjam kurang untuk memenuhi kebutuhan mudik lebaran.

Untuk mempermudah, buatlah list pengeluaran selama mudik nanti, mulai dari tiket kendaraan (pesawat, bus, atau kereta api) untuk pulang pergi, makan selama perjalanan, oleh-oleh, bingkisan untuk keluarga, dan lain sebagainya. Jika perhitungan melebihi budget, maka kamu bisa mengurangi beberapa pos pengeluaran yang tidak diperlukan.

  • Cek Alokasi Dana yang Dimiliki untuk Mudik

Melakukan Perhitungan (www.thoughtco.com)

Cara kedua adalah dengan mengecek alokasi dana yang dimiliki untuk mudik lebaran. Biasanya alokasi dana untuk mudik lebaran bersumber pada dana THR. Pertanyaannya adalah apakah dana THR milikmu hanya dipergunakan untuk keperluan mudik lebaran saja? Sebaiknya saat menerima THR, sisihkan 10-20% untuk ditabung atau dialokasikan untuk investasi terlebih dahulu. Lalu lunasi semua hutang yang kamu miliki. Barulah sisanya boleh kamu pergunakan untuk keperluan mudik lebaran.

  • Tentukan Penyedia Pinjaman

Kalau kedua hal di atas sudah dilakukan, sekarang saatnya menentukan penyedia pinjaman. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pilihan penyedia pinjam uang 2 juta tanpa jaminan adalah perusahaan fintech yang bisa memberikanmu pinjaman online tanpa jaminan. Tapi jangan asal memilih perusahaan fintech! Carilah yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) karena semua prosesnya telah diawasi sehingga aman dan bisa dipercaya. Salah satu perusahaan fintech yang sudah terdaftar di OJK adalah TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang bisa memberikan dana pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta.

  • Pilih Jangka Waktu Pembayaran yang Tepat

Masa Tenor (www.wanista.com)

Perlu kamu ingat kalau pinjaman online yang diajukan untuk pinjam uang 2 juta tanpa jaminan ini berbeda dengan pinjaman ke bank karena jangka waktu pinjamannya terbilang sangat singkat berhubung dana yang dipinjam tidak terlalu banyak. Di TunaiKita, kamu bisa memilih jangka waktu pinjaman hingga 180 hari (6 bulan). Tentukan jangka waktu pembayaran yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Jangan sampai mengambil jangka waktu pembayaran yang salah sehingga berakibat pada telatnya membayar hutang cicilan.

  • Siapkan Syarat yang Diperlukan

Mempersiapkan syarat yang diperlukan adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan saat mengajukan pinjam uang 2 juta tanpa jaminan. Jika syarat tidak lengkap dan tidak bisa dipenuhi, maka pengajuan pinjamanmu bisa ditolak. Di TunaiKita, syarat pengajuannya cukup 3 saja, yakni KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening lokal (BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, Bank Permata).

Baca juga: Ketahui 7 Kelebihan Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair Sebelum Mengajukan

Cara Mengajukan Pinjaman di TunaiKita

Source: TunaiKita

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman di TunaiKita, caranya sangatlah mudah karena kamu cukup mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini saja, yaitu:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dan lengkapi data
  • Setelah berhasil registrasi, lakukan login
  • Isi nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor yang disanggupi
  • Klik mulai ajukan

Sekarang kamu hanya perlu menunggu pinjamanmu diproses oleh pihak TunaiKita. Jika data diri yang diberikan dan dokumen sudah lengkap, maka dana bisa cair dalam hitungan hari saja. Dana yang cair akan langsung ditransfer melalui rekening bank lokal milikmu yang nomornya sudah kamu berikan sebelumnya.

Jangan Lupa Membayar Cicilan Tepat Waktu

Meskipun kamu bisa dengan mudah mengajukan pinjam uang 2 juta tanpa jaminan di TunaiKita, tapi jangan lupa untuk membayar cicilannya secara tepat waktu hingga lunas supaya ketika kamu butuh pinjaman dana lagi, kamu bisa mengajukannya dengan mudah karena memiliki histori kredit yang sangat bagus. Semoga informasi di atas berguna untukmu Sobat dan selamat melakukan persiapan untuk mudik lebaran!