Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Bisa Dimanfaatkan untuk 7 Hal Ini

Pinjaman Dana Tanpa Jaminan

Saat sedang dalam keadaan terdesak, pinjaman dana tunai tanpa jaminan bisa menawarkan solusi yang tepat karena sifatnya sangat fleksibel sehingga bisa digunakan untuk apa saja.

Hampir semua orang pernah mengajukan pinjaman, baik itu pinjaman yang kepada teman, keluarga, kantor, hingga pinjaman dana tanpa jaminan. Datangnya kebutuhan yang sifatnya mendadak kerap kali membuat kita yang pada saat tersebut sedang tidak ada dana terpaksa harus mengajukan pinjaman. Jika pinjaman pribadi kepada orang terdekat dan kasbon kantor tidak bisa didapat, orang cenderung akan mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan melalui bank atau lembaga keuangan non bank lainnya.

Pinjaman dana tanpa jaminan yang paling sering dilakukan adalah mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan secara online melalui situs atau aplikasi pinjaman fintech. Bukan tanpa alasan kenapa orang lebih memilih cara ini karena pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair menawarkan kemudahan dengan persyaratan yang tidak ribet dan proses pencairan dananya lebih cepat. Rata-rata syarat yang dibutuhkan adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji (surat keterangan penghasilan), dan rekening tabungan.

Tidak seperti jenis pinjaman KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang dikhususkan untuk membeli rumah, KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang ditujukan untuk modal usaha, atau KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) untuk membeli kendaraan, pinjaman dana tanpa jaminan ini kegunaannya sangat fleksibel sehingga bisa dipergunakan untuk apa saja seperti beberapa kebutuhan yang ada di bawah ini!

Baca Juga : Mencari Dan Butuh Pinjaman Kilat? Ini Lho Rekomendasinya!

1. Modal Buka Usaha

Membuka Bisnis (www.kiplinger.com)

Pinjaman dana tanpa jaminan bisa dipergunakan untuk modal membuka atau mengembangkan usaha. Kenapa tidak mengunakan KUR saja? Perlu kamu ketahui kalau proses untuk mendapatkan pinjaman KUR cukup panjang dan persyaratannya juga tergolong rumit sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan secara online yang lebih mudah, baik itu dari segi syarat dan juga prosesnya. Pinjaman dana tanpa jaminan prosesnya bisa dicairkan dalam jangka waktu 1-14 hari kerja.

2. Perbaikan Rumah

Renovasi Rumah (ssremodeling.com)

Rumah bisa dibeli dengan KPR, tapi bagaimana jika rumah KPR yang sudah dibeli ingin diperbaiki atau direnovasi? Dananya bisa kita dapat dari mana? KPR hanya meminjamkan dana untuk membeli rumah, bukan untuk memperbaiki rumah. Di sinilah peran pinjaman dana tanpa jaminan bisa kamu manfaatkan. Untuk dana perbaikan rumah, kita memang akan membutuhkan dana yang tidak sedikit karena kisaran jumlahnya bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta.

Tapi ingat, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan secara online jika cicilan KPR milikmu sudah selesai. Jangan sampai kamu memiliki dua hutang cicilan sekaligus, yakni cicilan KPR dan cicilan pinjaman dana tanpa jaminan. Selesaikan terlebih dahulu cicilan KPR, baru kemudian kamu bisa mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan agar hutangmu tidak bertumpuk.

3. Berobat ke Rumah Sakit

Membayar Biaya Rumah Sakit (pokitdok.com)

Ada sebuah pepatah yang mengatakan kalau sehat itu mahal harganya. Ketika kamu sakit dan terpaksa harus berobat ke rumah sakit, pastinya akan ada dana yang harus dikeluarkan. Kalau sudah memiliki jaminan kesehatan seperti BPJS atau asuransi kesehatan, kamu tidak perlu khawatir, tapi bagaimana jika tidak ada? Besarnya biaya untuk berobat ke rumah sakit ini jumlahnya tidaklah sedikit, apalagi jika ada operasi atau rawat inap, pastinya dana jutaan rupiah akan mengalir dari kantongmu. Dalam keadaan terdesak seperti ini, orang cenderung akan mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan secara online untuk dapat berobat ke rumah sakit.

Baca Juga : Pinjaman Uang Tunai Beserta Jenisnya Di Indonesia

4. Membayar Biaya Pendidikan

Biaya Pendidikan (mozo.com.au)

Menempuh pendidikan yang tinggi menjadi cita-cita banyak orang karena pendidikan bisa menjadi bekal utama untuk mencari pekerjaan dan memiliki karir yang cemerlang. Sayangnya biaya pendidikan ini jumlahnya terbilang cukup mahal sehingga tidak semua orang bisa menempuh pendidikan yang tinggi. Oleh karena itu, pinjaman dana tanpa jaminan secara online seringkali dimanfaatkan sebagai biaya pendidikan. Penggunaan pinjaman dana tanpa jaminan proses 1 hari ini bukan hanya digunakan untuk biaya pendidikan diri sendiri, tapi bagi beberapa orang juga digunakan untuk biaya pendidikan anak sekolah seperti ketika akan membayar uang masuk atau uang bangunan serta daftar ulang sekolah.

5. Membayar Akomodasi untuk Liburan

Biaya Liburan (www.rte.ie)

Agar bisa mendapatkan liburan yang berkesan, kita biasanya cenderung untuk memesan tiket transportasi (pesawat atau kereta) dan booking penginapan jauh-jauh hari karena bisa mendapatkan penawaran harga yang menguntungkan. Selain itu, kita juga bisa bebas memilih kursi atau kamar yang diinginkan karena biasanya jika memesan tiket transportasi atau booking penginapan secara dadakan, kita seringkali kehabisan tempat. Lalu bagaimana jika dana yang ada pada tabungan belum mencukupi? Di sinilah pinjaman dana tanpa jaminan secara online bisa diandalkan untuk membayar tiket dan memesan penginapan.

Sebelum mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan, sebaiknya kamu melakukan perhitungan yang matang karena bagaimanapun juga pinjaman yang kamu ajukan sifatnya untuk kebutuhan konsumtif. Usahakan untuk membayar lunas cicilan sebelum berangkat liburan sehingga ketika berlibur, kamu tidak memiliki tunggakan hutang dan bisa berlibur tanpa adanya beban.

6. Tambahan Modal Pernikahan

Biaya Pernikahan (redmesaevents.com)

Menurut kamu berapa kisaran dana yang digunakan untuk modal pernikahan? Baik itu pasangan yang menikah di kota besar maupun di daerah, semuanya pasti akan mengeluarkan dana pernikahan paling minim belasan juta. Bahkan beberapa di antaranya ada yang menghabiskan dana hingga puluhan dan ratusan juta. Hal ini dikarenakan kebudayaan masyarakat Indonesia yang ingin membagi kebahagiaan dengan banyak orang sehingga modal pernikahan yang dibutuhkan cukup besar.

Meski sudah menabung dari jauh-jauh hari, tapi bisa saja di tengah persiapan pernikahan, kita membutuhkan tambahan modal pernikahan. Misalkan saja tamu undangan tiba-tiba mengalami penambahan sehingga menjadikan perhitunganmu over budget. Inilah alasan kenapa orang mengambil pinjaman dana tanpa jaminan secara online untuk tambahan modal pernikahan karena tanggal yang dinanti sudah dekat sehingga mau tak mau kita akan mengajukan pinjaman.

7. Dana Darurat

Dana Darurat (www.kiplinger.com)

Menyisihkan sebagian dana dari penghasilan bulanan memang sangat dianjurkan oleh para pakar keuangan. Tujuannya agar ketika ada keadaan atau situasi darurat, maka kamu bisa menggunakan dana tersebut untuk keperluan tersebut. Tapi pada kenyataannya, dana yang disisihkan tersebut kerap kali terpakai untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu sehingga ketika datang situasi darurat, kita tidak memiliki simpanan dana darurat. Misalkan saja ketika terjadi kecelakaan atau terkena musibah bencana alam. Jika kondisinya sudah seperti ini, tentu saja kamu pasti butuh dana secara cepat sehingga pinjaman dana tanpa jaminan menjadi alternatif pilihan karena cepat cair dan bisa langsung digunakan.

Baca Juga : Pinjaman Uang Pribadi Tanpa Slip Gaji Di Indonesia

Bersikap bijak dalam mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan

Bersikap Bijak Dalam Mengambil Pinjaman (www.niekosau.lt)

Pinjaman dana tanpa jaminan secara online memang menawarkan beragam kemudahan dan keuntungan untukmu. Tapi bukan berarti kamu bisa langsung mengajukan pinjaman tanpa berpikir panjang. Seperti yang sudah dikatakan di atas, ketika akan mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan secara online, kamu diharuskan untuk melakukan perhitungan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengetahui berapa maksimal biaya yang bisa disisihkan dari penghasilan bulanan untuk membayar hutang cicilan.

Rasio hutang seseorang tidak boleh melebihi angka 30% dari jumlah penghasilan bulanan. Jadi kalau penghasilanmu Rp 5.000.000 per bulan, maka cicilan pinajaman dana tanpa jaminanmu jangan sampai melebihi angka Rp 1.500.000. Perhitungan yang matang akan membuatmu berhutang secara bijak dan bisa membayar cicilan hingga masa tenor selesai.

Semoga penjelasan di atas bisa memberikan pencerahan untukmu ketika akan mengambil pinjaman dana tanpa jaminan ya Sobat!