Pinjaman Koperasi Online Tanpa Jaminan vs Pinjaman Online Tanpa Jaminan, Pilih Mana?

Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair

Koperasi online saat ini sedang marak dibicarakan. Sebenarnya, apa perbedaan koperasi online dengan pinjaman online pada umumnya? Simak perbedaan lengkapnya di sini!

Mengajukan pinjaman saat sedang terdesak memang tidak akan bisa kita hindari karena resiko dalam hidup tak bisa diduga-duga sebelumnya. Ada banyak sekali penyedia pinjaman yang bisa kita pilih. Tapi di antara sekian banyak itu, ada dua yang saat ini menjadi perbincangan khalayak ramai, yaitu koperasi online tanpa jaminan dan pastinya pinjaman online tanpa jaminan.

Persamaan dari keduanya ini ada dua, yakni tidak adanya agunan atau jaminan aset yang perlu kamu berikan dan cara pengajuannya yang menggunakan cara online sehingga lebih canggih dan mudah digunakan oleh siapa saja. Pinjaman online tanpa jaminan biasanya dikelola oleh perusahaan fintech. Kamu bisa mengajukannya melalui website resmi atau mendownload aplikasinya di PlayStore atau AppStore. Sedangkan pengajuan koperasi online tanpa jaminan ini kebanyakan hanya bisa diajukan melalui website resmi saja.

Biaya Pelunasan di Awal (dream.co.id)

Pinjaman koperasi online tanpa jaminan sebenarnya tidak jauh berbeda konsepnya dengan koperasi pada umumnya karena dikelola oleh organisasi atau sekelompok orang untuk kepentingan bersama para anggotanya. Prinsip dasar dari koperasi online tanpa jaminan adalah ekonomi kekeluargaan.

Meski sama-sama tidak mensyaratkan agunan dan bisa diajukan secara, tapi tetap saja keduanya merupakan produk keuangan yang berbeda sehingga pasti memiliki plus minus masing-masing. Supaya kamu bisa menentukan mana yang lebih baik dan menguntungkan untukmu, ada baiknya kamu simak plus minus dari keduanya.

Plus Minus Pinjaman Koperasi Online Tanpa Jaminan

Koperasi (Sumber: Tribunnews.com)

  • Prosesnya Mudah dan Cepat

Pinjaman koperasi online tanpa jaminan memang sangat mudah pengajuannya karena jenis pinjaman ini dikelola oleh lembaga, perkumpulan, atau organisasi sehingga tidak ada birokrasi yang ribet dan rumit. Selain itu, proses pencairannya juga tergolong cepat. Jika kamu sudah memenuhi persyaratan, dana pinjaman bisa sampai ke tanganmu dalam hitungan satu hari saja.

  • Harus Menjadi Anggota Koperasi

Berhubung tujuan utama dari koperasi adalah untuk mensejahterakan anggotanya, maka sudah pasti pinjaman koperasi online tanpa jaminan ini hanya diperuntukkan bagi para anggotanya saja. Jika ingin mengajukan pinjaman koperasi online tanpa jaminan biasanya kamu sudah harus terdaftar menjadi anggota setidaknya minimal 1 tahun.

Tapi saat ini ada beberapa koperasi yang juga memberikan pinjaman bagi non anggota. Tentu saja untuk mendapatkan pinjaman tersebut, kamu akan dimintai persyaratan dokumen tambahan.

  • Bunga yang Diberikan Ringan

Bunga yang Rendah (Sumber: charity.lovetoknow.com)

Tidak seperti bank yang menetapkan bunga berdasarkan suku bunga di pasaran sehingga kisarannya selalu tidak pasti setiap bulannya, pinjaman koperasi online tanpa jaminan ini justru memiliki bunga pasti alias bunga tetap karena menggunakan sistem perhitungan bunga flat. Bunga yang diberikan oleh koperasi online bisa ringan karena perhitungan bunga sudah ditetapkan oleh hasil kesepakatan semua anggota.

Misalkan saja dari hasil musyawarah, bunga pinjaman koperasi online adalah 3% pertahun, sedangkan kamu mengajukan pinjaman Rp10 juta dengan masa tenor 2 tahun (24 bulan), maka bunga yang harus dibayar akan tetap sama selama tahun pertama dan tahun kedua karena sistemnya menggunakan perhitungan bunga tetap (flat rate), bukan bunga mengambang (floating rate).

  • Plafon Pinjaman Terbatas

Sayangnya, plafon pinjaman yang diberikan oleh koperasi online ini jumlahnya terbatas. Berbeda dengan pinjaman dari bank yang jumlahnya bisa mencapai ratusan juta. Hal ini dikarenakan sumber dana pinjaman koperasi online tanpa jaminan berasal dari iuran anggotanya. Selain dari iuran anggota, dana juga berasal dari bunga dan juga hasil kegiatan yang diadakan bersama.

  • Tidak Banyak Pilihan Koperasi Online

Ada banyak koperasi yang tersebar di Indonesia, baik itu daerah perkotaan hingga desa-desa terpencil. Tapi hal ini ternyata berbanding terbalik dengan pinjaman koperasi online tanpa jaminan yang sangat sulit dijumpai. Beberapa pinjaman koperasi online tanpa jaminan yang populer dan dikenal masyarakat adalah Koperasi Mapan Indonesia (www.koperasimapan.com), Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati (www.sahabat-ukm.com), Koperasi Dana Rahayu (www.koperasidanarahayu.com), Koperasi Lima Garuda (www.koperasi5garuda.com), dan masih banyak lagi.

  • Syarat yang Diberikan Cukup Rumit

Dokumen Persyaratan (Sumber: www.thaicontracts.com)

Meski prosesnya mudah untuk dilakukan dan pencairan dananya juga cepat, tapi syarat yang diberikan terbilang cukup rumit jika dibandingkan dengan pinjaman tanpa jaminan online. Biasanya syarat yang diberikan adalah fotokopi KTP (Kartu Tanda Pengenal), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji atau bukti surat penghasilan, Kartu Keluarga (KK), dan rekening listrik atau PDAM.

Kalau ingin mengajukan pinjaman koperasi online tanpa jaminan untuk modal usaha, maka kamu harus memberika syarat tambahan berupa proposal usaha yang bisa meyakinkan pihak pengurus koperasi. Jadi jangan asal membuat proposalnya ya Sobat!

Plus Minus Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Mempelajari Syarat dan Ketentuan (Sumber: www.threatmetrix.com)

  • Proses Lebih Cepat dan Mudah

Proses pinjaman koperasi online tanpa jaminan memang tergolong cepat, tapi pinjaman online tanpa jaminan juga sangat cepat proses pengajuan dan pencairannya. Apalagi jika kamu mengajukannya melalui TunaiKita yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga berada dalam pengawasan pemerintah. Jika persyaratan sudah dipenuhi dan dokumen yang diberikan sudah lengkap, maka proses pengajuan dan pencairannya hanya memakan waktu 1-3 hari kerja saja.

  • Persyaratan Cuma Butuh Tiga

Ini yang menjadi salah satu kelebihan utama dari pinjaman online tanpa jaminan. Kamu cuma butuh tiga syarat utama supaya dapat mengajukan pinjaman online tanpa jaminan di TunaiKita, yakni KTP, NPWP, dan memiliki rekening bank lokal seperti BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, dan Bank Permata. Dengan adanya rekening bank lokal, maka proses pencairan akan jadi lebih mudah.

  • Nominal Pinjaman Tergolong Lebih Besar

Pinjam Kantor (www.ft.com)

Untuk plafon pinjaman yang diberikan oleh pinjaman online tanpa jaminan memang tidak setinggi kredit tanpa agunan dari bank. Tapi jika dibandingkan dengan pinjaman koperasi online tanpa jaminan, sudah pasti nominal angkanya lebih besar. Pinjaman online tanpa jaminan bisa memberikan maksimum plafon pinjaman hingga Rp20 juta dengan masa tenor hingga 160 hari.

  • Bunga yang Diberikan Tergolong Tinggi

Kelemahan dari pinjaman online tanpa jaminan adalah bunga yang diberikan rata-rata jauh lebih tinggi dibanding bunga pinjaman koperasi online tanpa agunan. Bunga yang tinggi ini sebenarnya sebanding dengan persyaratan yang mudah dipenuhi, pengajuan yang mudah, dan juga plafon yang terbilang besar.

  • Ada Kemungkinan Ditolak

Perlu kamu ketahui kalau tidak semua pengajuan pinjaman online bisa diterima atau diloloskan. Hal ini bisa dikarenakan banyak faktor. Mulai dari banyaknya antrian pinjaman yang masuk, dokumen tidak lengkap atau tidak bisa terbaca karena buram, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kalau kamu mengalami penolakan saat mengajukan pinjaman online tanpa jaminan, kamu jangan patah semangat karena bisa mencobanya lagi.

Pilih Mana, Pinjaman Koperasi Online Tanpa Jaminan atau Pinjaman Online Tanpa Jaminan?

Ambil Pinjaman Online (www.telegraph.co.uk)

Setelah melihat keduanya, sekarang kamu sudah tahu apa saja poin plus dan minus dari pinjaman koperasi online tanpa jaminan dan pinjaman online tanpa jaminan. Sebenarnya jika dilihat dengan seksama, keduanya sama bagus. Kamu hanya perlu mencari mana yang cocok dan sesuai denganmu. Jika kamu bukan anggota koperasi dan tidak ingin bergabung dalam koperasi, maka lebih baik mengambil pinjaman online tanpa jaminan. Tapi kalau kamu ingin pinjaman yang bunganya rendah sehingga tidak memberatkan, kamu bisa mengambil pinjaman koperasi online tanpa jaminan.

Apapun yang kamu pilih, selalu pertimbangkan dengan baik dan teliti serta lakukan perhitungan terlebih dahulu agar nantinya kamu tidak menyesal di kemudian hari. Selamat memilih Sobat!