Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan Mudah dan Gak Jadul Kok!

Pinjaman koperasi tanpa jaminan

Koperasi selalu identik dengan lembaga keuangan yang jadul, entah itu dari urusan pinjamannya sampai peminjamnya pun identik dengan orang tua. Tahu tidak Sobat? Padahal, pinjaman koperasi ternyata leibih unggul daripada bank konvensional, lho. Pinjaman koperasi tanpa jaminan sangat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan dana tunai secara cepat dan mudah. Bahkan di era digital ini dengan banyaknya fintech yang menawarkan pinjaman tunai tanpa jaminan seperti saat ini. Keberadaan koperasi masih mampu bertahan dan tidak kehilangan nasabah.

Dikarenakan loyalitas yang terjaga anggota koperasi yang memiliki kepercayaan. Tak heran jika saat ini, koperasi masih menjadi tujuan utama pengajuan pinjaman masyarakat di berbagai daerah. Jenis koperasi yang paling populer di Indonesia yaitu koperasi simpan pinjam.

Keunggulan Koperasi Dibandingkan Layanan Keuangan Lain

Source: Google

Untuk kamu yang membutuhkan dana untuk modal usaha, pinjaman koperasi lebih menguntungkan, lho! Mengapa? TimiKimi punya ulasannya untuk Sobat, simak yuk!

1. Bunga yang Lebih Terjangkau

Bunga yang diterapkan oleh koperasi tidak kalah dengan pinjaman bank. Kementrian Koperasi dan UKM menetapkan suku bunga pinjaman di koperasi sebesar 7% per tahun. Suku bunga tersebut sama dengan sama dengan angka suku bunga pada KUR alias Kredit Usaha Rakyat yang disediakan oleh bank konvensional.

Baca juga: Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Dengan KTA Terbaik, Begini Lho Caranya!

2. Syarat yang lebih mudah daripada bank

Syarat pinjaman di koperasi jauh lebih mudah dibandingkan pinjaman di bank. Terlebih lagi jika kamu mempunyai relasi di koperasi tersebut, kamu bisa mendapatkan rekomendasi untuk dapat pinjaman di koperasi. Untuk lebih mudahnya lagi, kamu bisa mendaftar menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. Tidak sedikit koperasi yang menyediakan pinjaman tanpa agunan, selain itu prosesnya juga cepat.

3. Dapat SHU setiap tahun

Kalau kamu berencana untuk tidak cuma meminjam saja, kamu juga bisa menjadi anggota dan mendapat SHU setiap tahunnya. SHU adalah sisa hasil usaha yang bakal dibagikan sesuai kesepakatan di awal yang dibagikan setiap tahun. Secara tidak langsung kamu seperti lagi berinvestasi di koperasi.

Cara Ajukan Pinjaman Koperasi

Source: Google

Untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman di koperasi. TimiKimi punya panduan untuk kamu agar tidak bingung, Sobat.

1. Jadi anggota koperasi terlebih dahulu

Syarat pertama yakni kamu bisa mendaftar menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. Cara ini akan memudahkan kamu untuk dapat pinjaman. Lalu kamu isi formulir pengajuan pinjaman dan lengkapi syarat dokumen yang diminta.

2. Hubungi marketing koperasi

Kalau kamu belum tergabung menjadi anggota koperasi, kamu bisa menghubungi marketing langsung di koperasi yang kamu pilih.

3. Ajukan pinjaman koperasi melalui rekomendasi

Cara ini terbilang praktis, pasalnya jika kamu mempunyai keluarga ataupun teman dekat yang sudah terdaftar sebagai anggota koperasi. Kamu bisa minta mereka untuk merekomendasikan kamu untuk dapat pinjaman. Kamu juga harus memastikan kalau mereka punya track-record yang bagus agar permohonanmu disetujui.

4. Lengkapi data administrasi

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan yaitu melengkapi data administrasi yang diminta. Biasanya kamu akan diminta untuk isi formulir pengajuan pinjaman. Sebelum melengkapi formulir, kamu juga harus mempersiapkan fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Jika kamu sudah menikah, kamu perlu juga memberikan fotokopi KTP pasanganmu.

Baca juga: Pinjaman BRI Yang Tepat Untuk Kamu Saat Butuh Uang, Lihat Disini Yuk!

Lalu, beberapa syarat dokumen lainnya yang biasa diminta yakni Kartu Keluarga dan rekening listrik, juga dokumen slip gaji dan agunan. Setelah kamu melengkapi administrasi dan pihak koperasi mempertimbangkan, lalu kamu tinggal menunggu hasilnya Sobat.

Untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman di koperasi, kamu juga harus perhatikan metode pembayaran pinjaman yang berlaku di sana. Terdapat tiga metode yang ditawarkan koperasi untuk pengembalian dana yang kamu pinjam.

1. Pembayaran Harian

Pinjaman koperasi dengan pembayaran harian adalah fasilitas pinjaman yang diberikan bagi nasabah atau anggota dimana jadwal pengembalian dana pinjaman dilakukan setiap harinya. Layanan semacam ini biasanya diberikan bagi pengusaha mikro mulai dari pedagangan warung kelontong, pedagang kaki lima, hingga pedagang pasar.

2. Pembayaran Mingguan

Metode pembayaran dengan cicilan mingguan juga banyak diterapkan oleh koperasi yang menargetkan debitur kalangan pekerja yang menerima gaji setiap seminggu sekali. Biasanya pinjaman koperasi bayar mingguan diberikan bagi kalangan pekerja buruh harian lepas, pekerja bangunan seperti tukang, maupun ibu rumah tangga yang suaminya memiliki penghasilan yang diterima setiap minggunya.

3. Pembayaran Bulanan

Pinjaman koperasi online tanpa jaminan dengan metode pembayaran bulanan lebih luas lagi targetnya. Fasilitas pinjaman yang mereka tawarkan dapat diajukan oleh hampir semua status pekerjaan baik pedagang, sopir truk, hingga pekerja swasta yang menerima gaji setiap bulan. Dengan begitu, pinjaman koperasi dengan pembayaran bulanan biasanya mewajibkan nasabah untuk menyetorkan cicilan atau angsuran melalui teller. Sementara, metode pembayaran harian dan mingguan biasanya melakukan penagihan secara langsung dengan metode door to door.

Baca juga: Pinjaman Online Tanpa Jaminan Dan Kartu Kredit? Emang Bisa? Cari Tahu Caranya Yuk!

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan di Indonesia

Source: Google

Di Indonesia terdapat lembaga penyedia pinjaman koperasi tanpa jaminan di Indonesia, di antaranya:

1. Pinjaman Koperasi UGT Sidogiri

Salah satu koperasi yang menawarkan pinjaman uang tunai tanpa jaminan yaitu koperasi BMT UGT Sidogiri. Fasilitas Multi Guna ditawarkan bagi masyarakat yang terdaftar sebagai anggota koperasi UGT Sidogiri. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, modal usaha, hingga bisa pula dimanfaatkan sebagai sumber pembayaran hutang yang telah dimiliki.

2. Pinjaman Koperasi Mapan Indoensia

Pinjaman koperasi tanpa jaminan bisa pula anda ajukan melalui Koperasi Mapan Indonesia. Bahkan saat ini Koperasi Mapan menjadi salah satu koperasi yang menawarkan layanan secara online sehingga anggota dapat mengajukan pinjaman koperasi online tanpa agunan dengan mengunjungi situs web resmi. Prosedur pengajuan pinjaman sendiri diawali dengan mengisi formulir pengajuan secara online serta melengkapi berkas persyaratan yang dibutuhkan mulai dari KTP, NPWP atau Jamsostek, slip gaji, dan sebagainya.

3. Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati

Pilihan selanjutnya yakni Koperasi Simpan Pinjam Mitra Sejati (KSPSMS) yang didirikan oleh Sampoerna Group. KSPSMS ini sudah ada sejak tahun 2009. Hingga saat ini, cabangnya bahkan sudah mencapai 112 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah pinjaman yang diberikan juga beragam, tergantung kebutuhanmu. Maksimal pinjaman yang ditawarkan mencapai Rp1 miliar. Sama seperti Koperasi Mapan, KSPSMS ini menerapkan sistem online. Jadi, kamu bisa langsung kunjungi situs resminya. Koperasi ini membiayai peminjaman untuk usaha dan pembelian sepeda motor dan mobil (kredit kendaraan bermotor).

Baca juga: Ingin Pinjaman Uang Di Bank Cepat Disetujui? Ini Lho Caranya!

4. Koperasi Dana Rahayu

Sejak berdiri pada 1996, Koperasi Dana Rahayu masih tetap berjaya hingga sekarang. Koperasi Dana Rahayu telah bekerjasama dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) swasta, dan koperasi offline. Koperasi ini memiliki pinjaman koperasi online tanpa jaminan yang berpusat di Bali. Program pinjaman koperasi online yang dimiliki terbagi menjadi tiga yakni untuk pembiayaan kredit usaha, kredit sepeda motor, dan kredit serbaguna yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhanmu.

5. Koperasi Lima Garuda

Meski terbilang masih baru, tapi Koperasi Lima Garuda ini sudah memiliki cabang di beberapa kota besar. Ada dua jenis pinjaman yang ditawarkan Koperasi Lima Garuda, yakni kredit mitra usaha untuk pinjaman modal usaha yang limitnya mencapai Rp1 miliar dan kredit serbaguna dengan limit Rp2 miliar yang bisa digunakan kapan saja.

Ketersediaan pinjaman koperasi tanpa jaminan memudahkan setiap orang mengakses produk kredit secara cepat dan efektif. Selamat mencoba sobat!