Mengalami kendala dana saat menjalankan usaha? Kamu bisa andalkan pinjaman online langsung cair yang proses pengajuannya tidak rumit. Simak cara lengkap mengajukannya beserta keuntungan yang akan didapat nanti!

Modal selalu menjadi kendala yang paling banyak dialami oleh para pengusaha. Ada beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha, yakni dengan menghimpun beberapa orang teman atau kenalan dekat untuk menginvestasikan dananya ke dalam bisnismu. Tapi jika dana investasi yang didapat masih kurang untuk menjalankan usaha, maka mau tak mau kamu harus mengambil pinjaman. Terdapat tiga jenis pinjaman yang bisa diambil untuk tambahan modal usaha, yakni KUR (Kredit Usaha Rakyat), KTA (Kredit Tanpa Agunan), dan pinjaman online langsung cair.

Jika kita bandingkan, KUR dan KTA memang memiliki kelebihan dari segi banyaknya nominal pinjaman yang diberikan, tapi proses pengajuannya tergolong rumit karena syarat yang harus dipenuhi juga cukup banyak. Belum lagi semua pengajuannya belum tentu diterima karena biasanya harus melewati tahapan Bi checking terlebih dahulu untuk melihat apakah kamu pernah memiliki riwayat kredit yang buruk atau tidak. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan pinjaman online langsung cair.

Keuntungan Pinjaman Online Langsung Cair

Supaya kamu bisa lebih mengenal pinjaman online langsung cair, ada baiknya kamu melihat terlebih dahulu apa saja keuntungan yang dimilikinya. Secara umum, ada tiga keuntungan pinjaman online langsung cair yang bisa langsung kamu rasakan, yaitu:

  • Mudah Pengajuannya

Fintech P2P Lending (medium.com)

Keuntungan yang pertama adalah mudahnya pengajuan pinjaman online langsung cair. Berhubung bisa diajukan secara online, kamu bisa mengajukannya dari mana saja dan kapan saja. Cukup dengan mengandalkan gadget dan jaringan internet saja, kamu bisa mengajukan pinjaman online langsung cair. Biasanya pinjaman online langsung cair ini bisa diajukan melalui website atau aplikasi dan kamu tinggal mengunduh syarat yang diberikan saja tanpa perlu mendatangi kantor penyedia pinjaman.

  • Persyaratan Mudah Dipenuhi

Seperti yang sudah dikatakan di atas sebelumnya, untuk pinjaman KUR dan KTA, syarat yang diberikan oleh penyedia pinjaman terbilang cukup rumit sehingga tidak semua orang bisa mengajukannya karena terkendala syarat yang sulit dipenuhi. Misalkan saja untuk KTA rata-rata mensyaratkan adanya kartu kredit selama minimal 1 tahun. Sedangkan untuk KUR, kamu diharuskan meminta surat keterangan legalitas usaha dari kelurahan setempat.

  • Proses Dana Pencairan yang Cepat

Uang Muka (Sumber: okezone.com)

Keuntungan yang ini tidak bisa ditandingi karena bagaimanapun juga kamu pasti butuh tambahan modal dengan segera. Pinjaman online langsung cair tidak hanya mudah pengajuannya dan persyaratannya, tapi proses pencairannya juga sangat cepat. Ini dikarenakan syarat yang mereka berikan tidaklah banyak dan juga jumlah pinjaman yang diberikan rata-rata hanya mencapai Rp20 juta hingga Rp30 juta sehingga pencairan dana bisa dengan cepat dilakukan. Ditambah lagi semua dokumen persyaratan yang kamu berikan sudah dalam bentuk digital sehingga pihak penyedia bisa langsung memproses pengajuan danamu.

Baca juga: Serba-serbi Kredit Usaha Rakyat: Kelebihan dan Cara Mendapatkannya

Tujuan Menggunakan Pinjaman Online Langsung Cair untuk Usaha

Pinjaman online langsung cair biasanya dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk hal-hal sebagai berikut:

  • Menambah Peralatan usaha

Ekspansi Usaha (bizplus.az)

Semua usaha pasti membutuhkan peralatan supaya bisa operasional bisa berjalan dengan sempurna. Tapi ada beberapa usaha, khususnya usaha yang peralatannya setiap tahun semakin bertambah canggih. Dengan adanya peralatan usaha yang canggih, maka bisa mendongkrak aktivitas bisnismu. Contohnya saja seperti peralatan mesin pengemas industrial. Dengan adanya mesin pengemas tersebut, para karyawanmu tidak perlu mengemasnya secara tradisional lagi sehingga kuantitas barang yang dikemas bisa semakin bertambah.

Untuk dapat membeli peralatan usaha baru tersebut, pengusaha pasti membutuhkan dana yang cukup lumayan. Jika kamu mengambil dana kas, maka akan berpengaruh pada biaya operasional.

  • Inovasi Usaha

Modal Usaha (blog.indeed.ca)

Usaha yang dimiliki seseorang bisa terus berkembang karena mereka selalu melakukan inovasi supaya tidak ketinggalan jaman dan bisa bersaing dengan usaha-usaha serupa. Tapi untuk melakukan inovasi usaha ini dibutuhkan biaya tambahan yang harus kamu keluarkan. Coba saja kita ambil contoh pada beberapa tahun belakangan ini, kuliner martabak manis tak lagi bertopping keju, kacang, cokelat, dan biji wijen saja. Tapi juga ada topping kitkat, jagung manis, ovaltine, nutella, dan lain sebagainya. Untuk menjadikan martabak manis tersebut memiliki citarasa yang pas, sebagai pengusaha tentunyakamu harus melakukan eksperimen terlebih dahulu.

  • Ekspansi Usaha

Modal Usaha (accan.org.au)

Tujuan menggunakan pinjaman online langsung cair yang paling banyak digunakan adalah untuk ekspansi usaha. Siapapun pasti ingin usahanya berkembang dengan pesat. Untuk itu dibutuhkan ekspansi usaha. Coba saja kamu lihat Ayam Geprek Bensu yang saat ini tidak hanya bisa ditemukan di Jakarta saja, tapi juga ada di beberapa kota besar di Indonesia. Ini karena mereka melakukan ekspansi usaha. Dengan memperluas usahamu, keuntungan yang didapat nantinya juga akan berkali-kali lipat.

Untuk meminimalisasi dana yang harus dikeluarkan, kamu bisa menerapkan sistem kemitraan atau franchise. Tapi tetap saja harus ada dana yang kamu keluarkan untuk mempromosikan program kemitraan dari usahamu tersebut.

Baca juga: Ketahui Lima Pilihan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan   

Langkah Mengajukan Pinjaman Online Langsung Cair untuk Usaha

Untuk dapat mengajukan pinjaman online langsung cair ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini, yaitu:

  • Tentukan Nominal Pinjaman yang Dibutuhkan 

Uang Muka (Sumber: amazonaws.com)

Langkah pertama adalah menentukan terlebih dahulu berapa nominal pinjaman online langsung cair yang kamu butuhkan. Hitung dengan baik dan rinci supaya nantinya tidak ada kebutuhan yang terlewat. Nominal pinjaman yang kurang bisa membuat kamu kerepotan untuk mencari pinjaman tambahan. Sementara nominal pinjaman yang lebih bisa membuat beban hutang jadi bertambah. Amannya, kamu harus melakukan simulasi perhitungan terlebih dahulu supaya bisa mengetahui nominal pinjaman dan juga nominal angka cicilan per bulan yang bisa disanggupi.

  • Cari Penyedia Pinjaman yang Terpercaya

Selanjutnya adalah mencari penyedia pinjaman online langsung cair yang terpercaya. Bagaimana caranya? Kamu bisa melihat apakah penyedia pinjaman tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum karena jika sudah terdaftar di OJK, maka sudah pasti terjamin keamanannya. Salah satu penyedia pinjaman online langsung cair yang terdaftar di OJK adalah TunaiKita. Jumlah pinjaman yang bisa diberikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan masa tenor maksimal 180 hari.

  • Lengkapi Semua Dokumen Persyaratan

Persiapkan Dokumen (Sumber: amazonaws.com)

Jika kamu sudah menentukan nominal pinjaman dan sudah dapat penyedia pinjaman yang terpercaya, segera lengkapi dokumen persyaratan yang diminta. Untuk pinjaman online langsung cair di TunaiKita, kamu hanya memerlukan tiga syarat pengajuan saja, yakni KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal seperti BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank Mega, dan Bank Permata.

Untuk dapat mengajukan pinjaman online langsung cair di TunaiKita, kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu yang ada di PlayStore atau AppStore dan melakukan registrasi. Nantinya kalau sudah berhasil registrasi, kamu bisa login dan mengajukan pinjaman online langsung cair untuk usahamu.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat yang Mudah

Pinjaman Online Langsung Cair Juga Bisa Digunakan untuk Keperluan Ini

Biaya Pelunasan di Awal (dream.co.id)

Selain untuk kebutuhan tambahan modal usaha, pinjaman online langsung cair juga bisa digunakan untuk memperbaiki rumah, membayar biaya rumah sakit, biaya pernikahan, uang sekolah anak, hingga memperbaiki kendaraan. Sifatnya yang fleksibel sehingga bisa digunakan untuk semua keperluan. Tapi ingat, pinjaman online langsung cair ini tidak disarankan untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif ya Sobat. Jadi pergunakan sebijak mungkin dan perhitungan kembali sebelum kamu mengajukan pinjaman agar nantinya kamu bisa berkomitmen untuk membayar cicilan tepat waktu hingga lunas. Selamat mengajukan pinjaman online langsung cair Sobat!