Pinjaman Uang Tanpa Jaminan dengan KTA Terbaik, Begini Lho Caranya!

Pinjaman uang tanpa jaminan nampaknya tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Pasalnya semakin banyaknya lembaga penyedia pinjaman, seperti bank sampai perusahaan teknologi finansial yang ada sekarang ini. Menawarkan produk pinjaman uang tanpa jaminan yang biasa disebut juga kredit tanpa agunan (KTA). Tentu itu sangat menguntungkan bukan? Selain prosesnya yang mudah dan cepat, pinjaman tanpa jaminan biasanya juga diikuti dengan penawaran bunga yang cukup besar.

Kadang kala kebutuhan hidup tidak bisa ditutupi dengan penghasilan yang kita dapatkan. Untuk beberapa kebutuhan yang mendesak sehingga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Pinjaman uang tanpa jaminan bisa menjadi salah satu alternatif yang bagus untuk kamu.

Baca juga: Serba-Serbi Kredit Usaha Rakyat: Kelebihan Dan Cara Mendapatkannya

Kriteria yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Produk

Source: Google

1. Reputasi Bank

Source: Google

Perhatikan reputasi bank yang akan kamu pilih untuk mengajukan pinjaman. Karena reputasi merupakan aset tidak berwujud, misalnya seberapa mudah kamu mencari informasi tentang bank tersebut, berapa banyak nasabah yang dimiliki. Pilihlah bank yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

2. Bunga Cicilan

Jika semakin tinggi bunga, maka kewajiban cicilan kamu pun akan semakin besar. Sangat penting untuk kamu menghitung bungan cicilan yang ditawarkan. Biasanya bank akan menerapkan bunga terendah sebesar 1% per bulan atau 12% per tahun.

3. Limit Pinjaman KTA

Biasanya masing-masing bank memiliki regulasinya sendiri untuk pengajuan KTA, hal itu berlaku juga untuk calon nasabahnya. Ada baiknya kamu tentukan berapa dana yang kamu butuhkan untuk memudahkanmu memilih bank yang tepat. Karena tidak semua bank akan memberikan limit pinjaman sesuai dengan yang kamu butuhkan.

4. Petimbangkan Jangka Pembayaran

Source: Google

Kamu harus pertimbangkan jangka waktu yang tidak terlalu lama agar terhindar dari biaya tambahan dan bunga. Karena semakin lama jangka waktu yang kamu ambil, maka bunga yang diberikan akan semakin tinggi. Biasanya jangka waktu yang diberikan mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan tergantung pada kebijakan masing-masing bank.

5. Biaya Tambahan

Perhatikan biaya tambahan seperti biaya di muka, provisi, bunga, materai, penalti sampai dengan biaya asuransi yang merupakan biaya tambahan yang akan kamu keluarkan nantinya. Biaya ini tergantung pada berapa besar pinjaman yang kamu terima. Maka dari itu ada baiknya kamu cari tahu berapa besar biaya tambahan atau menanyakan kepada pihak bank.

Baca juga: Pinjaman Online Tanpa Jaminan Dan Kartu Kredit? Emang Bisa? Cari Tahu Caranya Yuk!

6. Kecepatan Proses Pencairan

Setiap pengajuan KTA memerlukan waktu untuk diproses. Untuk itu, carilah informasi berapa lama proses pencairan dilakukan juga dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk proses pencairan pinjaman.

7. Proses Pelunasan

Biasanya jika kamu melunasi cicilan pinjaman sebelum waktu yang ditentukan oleh bank kamu akan mendapatkan denda. Untuk itu, ada baiknya kamu mencari informasi apakah KTA memperbolehkan percepatan waktu pelunasan. Jika dibolehkan, berapa biaya denda yang akan dikenakan.

Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

  • Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum kamu mengajukan pinjaman pihak lembaga penyedia pinjaman baik itu dari bank atau pinjaman online pasti memintamu untuk melengkapi data-data dan dikumen yang dibutuhkan. Seperti fotokopi KTP, NPWP, slip gaji (jika karyawan) atau fotokopi SIUP (jika memiliki usaha).

  • Memiliki Kartu Kredit Menjadi Poin Lebih

Jika kamu memiliki kartu kredit itu akan menjadi poin lebih. Melalui kartu kredit, pihak bank dapat memantau bagaimana catatan pembayaran calon nasabahnya. Apakah kamu sering terlambat dalam membayar cicilan tagihanmu dan over limit pemakaian kartu, atau jika kamu tidak pernah mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan tagihanmu disertai pemakaian limit yang terkontrol maka itu akan menjadi poin lebih buat kamu.

Sehingga dibutuhkan setidaknya masa terbit atau berlaku sudah 1 tahun kartu kredit yang kamu punya. Ingat ya Sobat, jangan gunakan kartu kreditmu lebih dari 80% limit kartu, jika ingin pinjamanmu disetujui

  • Isi Formulir

Jangan lupa kamu isi formulir sesuai data dan fakta, pihak bank akan tahu jika data yang kamu tulis dalam formulir tidak sesuai dengan fakta yang ada. Ini akan berakibat pengajuan pinjamanmu akan ditolak. Jangan lupa juga derikan alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi ya Sobat.

  • Verifikasi dan Survei

Pihak bank akan mehubungi kamu dan melakukan verifikasi. Verifikasidilakukan untuk mengecek kelengkapan dan persyaratan dalam pengajuan KTA. Setelah itu pihak bank akan melakukan survei ke ruamh atau kantor kamu.

  • Menunggu Persetujuan Pihak Bank

Yang terakhir, kamu hanya tinggal menunggu kabar persetujuan dari pihak bank. Pihak bank akan menginformasikan pinjamanmu disetujui atau tidak. Jika disetujui, kamu bisa mencairkan pinjamanmu. Apabila pihak bank tidak memberikan kabar kelanjutan dari pinjamanmu sangat disarankan untuk menghubungi pihak bank yang bersangkutan.

Baca juga: Bolehkah Melunasi Hutang Kartu Kredit Dengan Pinjaman Cepat Online?  

Adapun jika kamu mengajukan pinjaman dengan KTA, kamu bisa mendapatkan keuntungan lho Sobat. Keuntungan yang pertama yaitu persyaratannya mudah dan prosesnya juga cepat. Selain itu, sudah jelas tanpa menggunakan jaminan apapun, serta penggunaan jaminan bebas sesuai dengan kebutuhanmu. Suku bunganya pun tetap (tidak berubah-ubah selama masa kontrak kredit). Serta jangka waktu pinjaman hingga 60 bulan atau 5 tahun. Pinjaman ini dapat diangsur setiap bulan lho Sobat. Nah, keutungan terakhir yang bisa kamu dapatkan yaitu kamu mendapat perlindungan asuransi : Credit Guard dan Life Protector. Banyak ya keuntungannya!

3 KTA Terbaik Rekomendasi Untuk Kamu

1. BNI Fleksi

Source: Google

Bagi kamu yang ingin mengajukan KTA, Bank Bukopin memberikan plafon pinjaman maksimal hingga Rp500 juta dengan bunga pinjaman sebesar 0,88% per tahun dan jangka waktu tenor hingga 60 bulan. Untuk pencairan dananya sendiri terhitung 14 hari kerja setelah persetujuan KTA. Biaya yang dibebankan kepada nasabah yakni biaya provisi 1% dari jumlah pinjaman, dan biaya asuransi. Tetapi pinjaman ini bebas biaya penalti dan materi.

2. PITA – Pinjaman Tanpa Agunan Maybank Indonesia

Source: Google

Maybank Indonesia menyediakan produk kredit tanpa agunan dengan nama PITA. Fitur yang ditawarkan cukup menarik dan persyaratannya tidak terlalu sulit. Maybank memberikan plafon pinjaman hingga Rp250 juta, kamu bisa mencicil tagihan selama 5 tahun. Bunga yang diberikan mulai dari 0,99%, proses pencairan dana hanya 3 hari. Selain kamu harus berusia minimal 21 tahun, kamu juga harus berpenghasilan minimal Rp3 juta.

3. Mandiri KTA – KTA Bank Mandiri

Source: Google

Bank mandiri menyediakan KTA dengan penawaran menarik dan suku bunga mulai dari 1,56%. Kamu memanfaatkan untuk berbagi untuk keperluan dana tunai yang mendesak. Limit kredit yang diberikan hingga Rp200 juta, dengan jangka waktu masa tenor sampai dengan 3 tahun (khusus pegawai yang menyalurkan gaji melalui Bank Mandiri, jangka waktu kredit hingga 5 tahun). Kamu juga akan mendapatkan asuransi jiwa.

Nah Sobat, semoga ulasan yang TimiKimi berikan bermanfaat untuk kamu yang mungkin sedang mencari informasi mengenai pinjaman uang tanpa syarat terbaik. Semoga membantu ya!