Pinjaman Uang Tunai

Pinjaman uang tunai menjadi pilihan tepat dan cepat bagi orang-orang yang membutuhkan uang. Biasanya peminjaman uang tunai disediakan oleh bank atau lembaga keuangan yang beroperasi via offline maupun online. Saat ini pinjaman uang tunai sudah menjadi alternative bagi orang yang membutuhkan dana instan. Jika dulu harus mencari pinjaman ke teman atau kerabat, sekarang meminjam uang sudah mengalami kemajuan dalam bidang teknologi tanpa harus bertatapan muka. Ada beberapa factor yang membuat masyarakat Indonesia melakukan pinjaman uang tunai. Mulai dari kebutuhan mendadak, terencana, konsumtif, dan lainnya.

 

Zaman sekarang semuanya terhubung dengan uang. Mengapa? Uang menjadi alat tukar yang digunakan dalam sebuah transaksi sehari-hari. Tidak heran jika dalam setiap aspek kehidupan, masyarakat akan selalu membutuhkan uang yang memang sudah menjadi alat pembayaran dan tukar yang sah. Uang pun sudah digunakan di semua negara, tidak terkecuali. Selain itu uang juga menjadi faktor penentu kehidupan seseorang karena sukses atau tidaknya seseorang dinilai dari jumlah uang yang dimiliki.

 

Sayangnya,kondisi perekonomian di Indonesia memang tidak stabil dengan kenaikan harga yang semakin meningkat di saat kebutuhan masyarakat akan barang-barang tersebut sangat dibutuhkan. Akibatnya, mencari pinjaman uang tunai menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Untungnya, sudah ada berbagai lembaga keuangan yang menyediakan layanan pinjaman uang tunai ini. Namun nyatanya pinjaman uang tunai bermacam-macam bentuknya tergantung dengan kebutuhan si peminjam.

 

Baca juga: Pinjaman Uang Online Terpercaya Di Indonesia

 

Ada yang meminjam karena kebutuhan dan ada juga yang menggunakan uang tersebut untuk perihal konsumtif. Berbeda kebutuhan, tentu berbeda jumlah pinjamannya. Dalam hal persyaratan, meminjam dengan jumlah yang besar tentu akan berbeda syaratnya dengan peminjaman skala kecil. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui jenis-jenis pinjaman apa saja yang di Indonesia. Kamu tahu apa saja jenis pinjamannya? TimiKimi mau kasih tau perbedaannya. Simak ya sobat TunaiKita.

Pinjaman Uang Tunai P2P Lending

Pinjaman Uang Tunai

source: Google

P2P merupakan singkatan dari peer to peer. Pinjaman uang jenis ini diprakarsai oleh perusahaan-perusahaan startup yang bergerak di bidang financial technology atau fintech. Perusahaan startup ini menjadi alternative paling cepat dalam mencari pinjaman uang tunai. Dua hal yang harus kamu ketahui sebelum meminjam ke fintech adalah suku bunga dan legalitas perusahaan.

 

Pegadaian Syariah

Pinjaman Uang Tunai

source: Google

Produk pegadaian syariah addalah gadai syariah, rahn, rahn hasan yang dikelola berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Produk pinjaman ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang tunai dengan system syariah. Dalam aturan syariah, tidak dikenal suku bunga melainkan ijaroh atau biaya sewa gudang pemeliharaan dan penyimpanan marhun/barang yang digadaikan.

 

Koperasi Simpan Pinjam

Pinjaman Uang Tunai

source: Google

Koperasi simpan pinjam juga menjadi andalan masyarakat dalam meminjam uang. Sayangnya, koperasi hanya memberikan pinjaman kepada anggotanya saja. Untuk meminjam uang, kamu diharuskan menjadi anggota dengan memberikan modal dan uang keanggotaan.

 

Kredit Tanpa Agunan

Pinjaman Uang Tunai

source: Google

Sumber pinjaman uang tunai lainnya yang tidak kala popular adalah kredit tanpa agunan. Ratusan produk KTA ditawarkan oleh bank maupun fintech. KTA dari bank biasanya ditujukan untuk nasabah yang sudah memiliki rekening di bank yang bersangkutan. Namun tidak menutup kemungkinan akan diberikan ke nasabah baru selama persyaratannya dipenuhi. Hal yang harus kamu perhatikan adalah suku bunganya sebesar 12%-14% per tahun.

 

Pegadaian

Pinjaman Uang Tunai

source: Google

Lembaga nonbank satu ini menyediakan pinjaman uang tunai yang menarik dicoba. Pegadaian menggunakan konsep meminjam uang dengan menggadaikan barang berharga, seperti emas. Setelah ditimbang, juru taksir akan menaksir harga nilai emasmu. Uangnya pun langsung cair atau langsung di transfer ke rekening pribadi milikmu pada saat hari dimana kamu gadaikan emas.

 

Pinjam ke Teman/Kerabat

Pinjaman Uang Tunai

source: Google

Sumber lain jika kamu sama sekali tidak ingin berurusan dengan suku bunga dan penagih hutang adalah meminjam uang kepada teman atau kerabat. Selama teman/kerabatmu memiliki uang lebih, tidak akan menjadi masalah. Satu hal yang perlu diingat adalah ketepatan pengembalian uang yang dipinjam.

 

Baca juga: Pinjaman Kamu Ditolak? Yuk Perbaiki Skor Kreditmu!

 

Salah satu fintech yang mudah dan cepat untuk kamu yang sedang membutuhkan uang adalah TunaiKita. Gimana ya caranya?

 

Cara Mengajukan Pinjaman di TunaiKita

 

  1. Unduh aplikasi TunaiKita

Hingga saat ini, TunaiKita baru tersedia untuk pengguna android. Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi TunaiKita di playstore.

 

  1. Mengisi Data Pribadi

Setelah mengunduh aplikasi TunaiKita di smartphone kamu, kamu harus mengisi data pribadi dan informasi yang dibutuhkan ke dalam aplikasi. Tahapan ini cukup mudah dan jelas, karena TunaiKita menyediakan tampilan aplikasi yang mudah dipahami serta mudah digunakan.

 

  1. Proses Verifikasi

Setelah melengkapi data pribadi dan informasi yang dibutuhkan, yang harus kamu lakukan adalah menunggu proses verifikasi. Proses ini membutuhkan waktu hitungan jam saja dan kamu akan segera menerima notifikasi melalui sms atau e-mail perihal informasi apakah pengajuan pinjaman uang online kamu disetujui atau tidak.

 

  1. Dana Cair ke Rekening

Jika pinjaman uang online kamu disetujui, maka uang akan cair ke rekening kamu. Pencairan dana bisa melalui berbagai rekening yaitu BCA, Bank Mandiri, BNI, BRi, Bank Danamon, Bank Permata, dan Bank Mega.

 

Syarat Pengajuan

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Memiliki KTP dan NPWP
  3. Memiliki rekening bank lokal atas nama pribadi

Tinggal atau berdomisili di area yang terjangkau oleh TunaiKita.

 

TunaiKita

 

Pinjaman Uang Tunai

source: Google

 

 

Kenapa TunaiKita menjadi lembaga pinjaman uang online yang terpercaya?

 

TunaiKita merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Financial Technology paling besar di Indonesia. Terdapat beberapa alasan mengapa TunaiKita menjadi lembaga pinjaman uang online yang terpercaya.

 

  1. Proses Cepat

Proses pengajuan di TunaiKita bisa dikatakan sangat mudah cepat. Hanya dengan mengunduh aplikasi TunaiKita di playstore dan memasukkan data diri serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan, kamu sudah bisa melakukan pengajuan pinjaman uang online dengan proses verifikasi yang cepat, yaitu 24 jam saja Sobat.

 

  1. Syarat Mudah

Melalui TunaiKita, pinjaman tunai online bisa didapatkan dengan mudah tanpa jaminan apapun. Kamu hanya perlu memasukkan data diri dan dokumen-dokumen wajib seperti KTP dan NPWP. Agar pengajuan pinjaman uang online kamu bisa diproses lebih cepat dan kemungkinan untuk dicairkan lebih besar, maka kamu harus melengkapi dokumen lain seperti slip gaji, surat keterangan kerja, kartu keluarga dan dokumen-dokumen lain yang nantinya akan lebih mempermudah proses pengajuan-mu.

 

  1. Pilihan Produk Pinjaman

Selain proses yang cepat dan syarat yang mudah, TunaiKita juga memiliki beragam produk pinjaman uang online yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk jenis produknya kamu bisa lihat melalui link di bawah ini.

 

TunaiKita memberikan nominal pinjaman mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 20 juta. Selain itu, TunaiKita juga memberikan jangka tenor yang fleksibel hingga 6 bulan lho Sobat.

 

  1. Mengutamakan Kualitas, Pelayanan dan Keamanan Data Pelanggan

Meski mengutamakan kecepatan, bukan berarti TunaiKita mengenyampingkan kualitas produk dan pelayanan. Memberikan yang terbaik untuk seluruh pelanggan sudah menjadi hal utama yang juga menjadi prioritas bagi TunaiKita. TunaiKita akan melayani keluhan dan pertanyaan pelanggan selama 7 hari dalam seminggu melalui line telepon, live chat dan juga e-mail melalui cs@tunaikita.com.

 

Keamanan data pelanggan juga terjamin jika kamu melakukan pengajuan pinjaman uang online di TunaiKita. Kamu tidak perlu khawatir data pribadimu akan disebarluaskan, karena TunaiKita memberikan pinjaman bertanggung jawab untuk seluruh pelanggan. TunaiKita mengikuti regulasi pinjaman yang berlaku di Indonesia sehingga akan menjamin semua data pribadi yang dikirimkan.. Pihak TunaiKita tidak akan membagikan informasi pelanggan kepada pihak manapun sebelum ada persetujuan dari kedua belah pihak.

 

  1. Terdaftar di OJK

Jika kamu ingin melakukan pengajuan pinjaman uang online, pastikan terlebih dahulu apakah KTA online tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. TunaiKita sendiri beroperasi di Indonesia dibawah kerangka perundang-undangan POJK/77 tentang peer-to-peer lending.

 

TunaiKita juga turut serta berperan aktif dalam mendukung kegiatan-kegiatan OJK dan secara mandiri melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, TunaiKita berharap agar masyarakat lebih #melekfintech dan lebih mengerti manfaat-manfaat juga ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan dalam menggunakan layanan jasa keuangan fintech.

 

Bagaimana? Terpercaya dan mudah bukan?

 

TunaiKita, Responsible Credit, Better Living

 

Penulis: Melati Maha