Pinjaman Uang Untuk Melahirkan: Ini Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan!

pinjaman uang untuk melahirkan

Kehamilan merupakan hal yang paling membahagiakan bagi para calon ibu. Dibutuhkan persiapan yang matang untuk mempersiapkan proses persalinan. Proses persalinan pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu, kamu bisa mengajukan pinjaman uang untuk melahirkan yang disediakan.

Selama sembilan bulan proses kehamilan tentu kamu harus memberikan nutrisi yang baik untuk calon bayimu di dalam kandungan, sampai si kecil lahir ke dunia.  Banyak yang harus disiapkan sebelum menghadapi proses persalinan, selain mempersiapkan fisik dan mentalmu, kamu juga harus mempersiapkan dana persalinan. Karena biaya melahirkan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Besaran biaya persalinan berbeda-beda, tergantung dimana kamu melahirkan dan metode apa yang kamu ambil saat hari melahirkan tiba. Setiap ibu pasti menginginkan proses persalinan secara normal dan lancar. Selain nyaman untuk ibu, biaya proses persalinan normal lebih terjangkau dibandingkan biaya persalinan dengan metode caesar. Tetapi, kadang kala persalinan normal sulit untuk ditempuh karena kondisi ibu dan bayi yang tidak memungkinkan. Untuk itu, proses persalinan caesar menjadi alternatif melahirkan.

Sayangnya, para calon orang tua kadang tidak mempersiapkan dana yang cukup untuk proses persalinan caesar. Sedangkan biaya melahirkan 2018 tentu berbeda dengan biaya melahirkan di tahun 2019. Jika hal tersebut terjadi, mencari pinjaman uang untuk melahirkan lah menjadi solusi.

Pinjaman Uang Untuk Melahirkan yang Bisa Kamu Pilih

Source: Google

Seperti yang sudah TimiKimi bahas di atas, kebanyakan calon orang tua tidak mempersiapkan dana yang cukup untuk proses persalinan. Nah, TimiKimi punya solusi untuk para calon orang tua yang sedang membutuhkan pinjaman uang untuk melahirkan.

Saat ini, apapun menjadi sangat lebih mudah dengan menggunakan sistem online karena kemajuan teknologi yang ada. Dengan menggunakan sistem online, kamu bisa melakukan transaksi apapun tanpa harus membawa uang tunai. Tidak hanya itu, bahkan kamu bisa mengajukan pinjaman secara online yang biasa disebut pinjaman online (fintech). Ini tentu sangat membantu kamu yang membutuhkan dana mendesak dan cepat. Karena, selain syaratnya yang mudah, proses pencairannya pun cepat.

Baca juga: Ingin Ajukan Pinjaman Dana Jaminan KTP? Ini Pilihan Penyedianya!

Sebelum kamu mengajukan pinjaman uang untuk melahirkan, kamu harus cermat dalam memilih pinjaman online yang ada saat ini. Banyaknya lembaga penyedia pinjaman online atau fintech yang beredar saat ini, membuat kamu harus teliti dalam memilihnya. Pasalnya, tidak sedikit fintech yang ilegal atau belum terdaftar. TimiKimi punya ulasan mengenai tips memilih pinjaman online aman dan terpercaya.

1. Sudah Terdaftar OJK

Source: Google

Dalam memilih lembaga penyedia pinjaman secara online, kamu harus pastikan bahwa fintech tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK merupakan pihak yang berwenang mengatur dan mengawasi aktivitas lembaga finansial di Indonesia. Untuk mengetahui bahwa fintech tersebut sudah terdaftar OJK, kamu bisa melihat di website pemberi pinjaman uang online tersebut. Biasanya keterangan itu ada di bagian bawah website-nya.

2. Biaya Bunga Rendah

Source: Google

Pilihlah penyedia pinjaman online dengan penawaran bunga yang lebih kecil dibandingkan yang lainnya. Sebab, itu sudah pasti akan sangat menguntungkanmu, Sobat. Jika bunga yang kamu dapatkan rendah sudah pasti cicilan yang akan kamu bayarkan juga tidak seberat ketika kamu mendapat bunga yang tinggi, menguntungkan bukan?

3. Syarat Mengajukan Pinjaman

Source: Google

Syarat pinjaman online lansung cair umumnya lebih mudah dibandingkan syarat mengajukan kredit di bank. Hal yang menjadi syarat utama sudah pasti kartu identitas (KTP), begitu juga nomor pokok wajib pajak (NPWP). Biasanya fintech juga tidak mengharuskan kamu memiliki kartu kredit. Jika ada yang mengharuskanmu memberikan foto kartu kredit bolak-balik, lebih baik kamu urungkan niat untuk meminjam di sana deh.

Sebab, nomor kartu kredit harus dijaga kerahasiaannya, terutama tiga digit nomor dibelakang kartu. Karena, nomor itu bisa dijadikan alat untuk validasi transaksi. Syarat lainnya yang tidak harus kamu penuhi yaitu bayar dulu untuk mendapatkan pinjaman. Ini jelas penipuan, Sobat. Sangat tidak masuk akal jika seseorang yang butuh pinjaman justru diminta untuk membayar kepada peminjam, kan?

TunaiKita: Pinjaman Aman Tanpa Ribet Untuk Melahirkan

Sobat, untuk kamu yang membutuhkan pinjaman uang untuk melahirkan tidak perlu khawatir, karena TunaiKita siap bantu kamu, lho! TunaiKita merupakan sebuah platform pinjaman online tanpa jaminan, yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bergerak di bawah P2P lending. Kamu cukup mengunduh aplikasinya yang tersedia di playstore atau AppStore untuk mengajukan pinjaman. Proses peminjaman di TunaiKita cukup mudah dan cepat. Yang dibutuhkan hanya foto diri langsung, Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, serta surat penghasilan atau slip gaji.

TunaiKita

TunaiKita menyediakan beberapa produk pinjaman yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.  Ada dua jenis pinjaman yang ada di TunaiKita yaitu jangka pendek dan cicilan. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Jenis pinjaman jangka pendek dan cicilan terbagi lagi dari beberapa produk. Untuk pinjaman jangka pendek terdiri dari:

  • Sakti

Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 5 juta dengan tenor 10-30 hari. Serta biaya jasa harian 0,4% hingga 0,5%. Jika kamu melakukan pembayaran kamu bisa mendapatkan yang namanya TK$ Rewards sebesar 4%  berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

  • Fast

Sedangkan produk Fast, tidak jauh berbeda dengan Sakti. Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 5 juta dengan tenor 10 hingga 30 hari. Dengan biaya jasa harian sebesar 0,5%. Kamu juga akan mendapatkan TK$ Rewards sebesar 4% berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

Sedangkan untuk produk cicilan yang bisa kamu ajukan yaitu:

  • Sakti+

Jumlah pengajuan yang bisa kamu ajukan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Biaya jasa harian yang dikenakan 2,75% hingga 7,75%. Sama dengan produk jangka pendek kamu juga bisa mendapatkan TK$ Rewards sebesar 2% berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

Baca juga: Pinjam Uang 20 Juta Tanpa Jaminan, Bisa? Ikuti Cara Jitu Ini!

  • Premiere+

Produk berikutnya, jumlah pengajuan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Dengan biaya jasa harian yang dikenakan sebesar 3% hingga 8%. Dan kamu akan mendapatkan TK$ Rewards sebesar 3% yang berlaku untuk peminjaman selanjutnya.

Pilihan Biaya Persalinan Lainnya

Persalinan bukanah kondisi darurat yang terjadi dengan tiba-tiba. Pasalnya, proses kehamilan selama sembilan bulan sudah pasti kamu mempersiapkan dana untuk melahirkan. Jika kamu memilih untuk tidak menjadikan pinjaman sebagai sumber dana persalinan, kamu bisa memilih beberapa alternatif lain yang bisa digunakan untuk melunasi biaya persalinan.

  • Tabungan pribadi

Sumber dana yang pertama untuk membayar biaya persalinan sudah pasti tabungan pribadimu sendiri. Tabungan di bank biasanya memang ditujukan untuk membantu di masa-masa sulit dan mendesak. Selain itu, mengambil dana simpanan yang kamu tabung di bank juga tidak membutuhkan waktu lama. Kamu bisa melakukan penarikan dana melalui ATM.

Untuk memiliki dana simpanan atau pinjaman uang untuk biaya melahirkan yang mencukupi, kamu perlu meyiapkannya sejak jauh-jauh hari, misalnya dengan mengubah gaya hidup dan menghemat biaya hidupmu. Dengan demikian dana pengeluaran bisa diminimalkan dan tabunganmu bisa lebih cepat bertambah.

  • BPJS

BPJS memang cukup membantu masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Salah satunya untuk kebutuhan proses persalinan. Untuk kamu yang sudah terdaftar sebagai anggota BPJS, kamu bisa memanfaatkan fasilitas BPJS untuk membantu meringankan biaya persalinan. Dengan adanya biaya BPJS, biaya persalinan bisa lebih mudah ditanggung, atau bahkan kamu bisa melakukan proses persalinan tanpa biaya.

Baca juga: Pinjaman BCA Yang Paling Dipilih Banyak Orang, Bunga Rendah Hingga 1 Persen, Lho!

  • Polis Asuransi Pribadi

Asuransi pribadi juga bisa kamu jadikan alternatif untuk menutupi biaya persalinan yang relatif tinggi. Beberapa polis ini bisa kamu dapatkan dari tempat di mana kamu atau pasanganmu bekerja. Bisanya, setiap bulannya ada sebagian gaji kamu yang dipotong untuk membayar iuran polis asuransi ini. Selain asuransi dari kantor, kamu juga bisa memanfaatkan polis asuransi dari bank tempat kamu menabung. Kedua asuransi ini bisa kamu jadikan sebagai sumber dana persalinan kamu.

Nah Sobat, sebelum kamu melakukan proses persalinan ada baiknya kamu mempersiapkannya dengan matang, terutama dalam hal finansial. Pilihlah tempat meminjam uang yang aman dan terpercaya ya, Sobat!