Pinjaman Untuk Mahasiswa, Cepat dan Tanpa Ribet!

Pinjaman untuk mahasiswa sangat dibutuhkan untuk mahasiswa yang biasanya mengalami situasi dimana membutuhkan dana mendesak, baik itu untuk keperluan pembayaran uang kuliah ataupun untuk kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi jika kamu seorang perantau dan tinggal jauh dari orangtua dan keluarga.

Tinggal jauh dari keluarga memang sangat menyusahkan, apalagi kalau kamu sedang sakit rasanya ingin ada keluarga yang merawat dan memberi perhatian, bukan? Atau ketika kamu sedang membutuhkan uang mendesak tetapi belum mendapat kiriman uang dari orangtua. Hal yang bisa kamu lakukan hanya meminta bantuan kepada teman-temanmu.

Kebutuhan dana tidak hanya untuk seorang karyawan atau orangtua. Mahasiswa pun juga membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan. Biasanya mahasiswa membutuhkan dana untuk biaya kuliah, biaya penelitian, biaya kursus tambahan, belum lagi kalau kamu ingin hangout dengan teman-teman. Sudah pasti itu membutuhkan biaya. Nah, untuk mahasiswa yang sedang membutuhkan dana untuk keperluan tertentu, TimiKimi punya ulasannya untuk kamu mengenai pinjaman untuk mahasiswa yang bisa kamu ajukan kapan saja, lho. Simak yuk!

Baca juga: Tips Cara Kelola Gaji Bulanan Agar Tidak Ludes Tanpa Makna

Pinjaman Untuk Mahasiswa, Kenali Situasinya Dulu

Source: Google

Biasanyanya mahasiswa membutuhkan biaya dalam situasi-situasi tertentu. Dan membutuhkan dana dalam waktu cepat diluar kemampuan finansialnya, berikut situasi mendesak mahasiswa untuk mencari pinjaman:

  • Pembayaran biaya kuliah

Membayar biaya kuliah sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Pembayaran biaya kuliah merupakan suatu yang mendesak dan harus dibayarkan. Tetapi kadang mahasiswa tidak mampu membayar biaya kuliah dengan berbagai alasan.

  • Pembiayaan penelitian dan skripsi

Banyaknya mahasiswa yang tidak mampu melakukan penelitian lapangan, karena biasanya untuk mengikuti penelitian lapangan membutuhkan biaya yang cukup banyak. Karena penelitian lapangan dilakukan di luar kota bahkan di luar pulau.

  • Keuangan menipis di akhir bulan

Masalah klasik yang dialami seorang mahasiswa khususnya rantauan atau jauh dari orangtua yaitu uang kiriman habis di akhir bulan. Pada saat mendapat kiriman uang dari orang tua, membeli barang-barang yang mereka sukai atau membeli makanan enak. Nah, dampaknya di akhir bulan keuangan menipis bahkan habis.

  • Pembiayaan kursus tambahan

Selain belajar di kampus, mahasiswa juga mengikuti kursus-kursus yang bisa menambah keterampilan seperti mengikuti kursus bahasa inggris dan sebagainya. Mahasiswa membutuhkan belajar tambahan untuk meningkatkan ilmu yang dimiliki dan melengkapi gelar Sarjana atau untuk mengasah bakat dalam bidang tertentu.

  • Pengeluaran tak terduga

Mahasiswa biasanya tidak memiliki pengalaman hidup yang mandiri, sehingga banyak yang tidak tahu bagaimana mengatur keuangan mereka saat hal tidak terduga terjadi. Pengeluaran tak terduga biasanya ketika kamu mengalami kecelakaan atau jatuh sakit.

Baca juga: Cara Mendapatkan Tiket Murah Walau Sedang Tidak Promo

Strategi Pinjam Uang Untuk Mahasiswa

Sebelum kamu mengajukan pinjman ada baiknya kamu mengetahui strategi pinjam uang untuk mahasiswa yang bisa kamu ikuti, dianataranya:

  • Hitung jumlah pinjaman sesuai kebutuhan

Source: Google

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menentukan pinjaman yang dibutukan. Ingatlah Sobat, untuk menyesuaikan jumlah pinjaman uang yang dibutuhkan dengan kemampuan dari pengasilanmu setiap bulannya. Agar saat kamu mengangsur pembayaran tidak terlalu besar dan menghindari adanya hutang yang tidak bisa dilunasi.

  • Riset sebelum melakukan pengajuan pinjaman

Source: Google

Kamu sudah mengetahui jumlah dana yang kamu butuhkan maka kamu perlu melakukan riset ke berbagai tempat yang menyediakan fasilitas pinjam uang untuk mahasiswa. Dengan melakukan riset sederhana kamu akan lanjut ke proses berikutnya.

  • Bandingkan dengan situs perbandingan online terpercaya

Source: Google

Setelah melakukan riset, kamu berikutnya lakukan perbandingan. Kamu bisa memanfaatkan fitur perbandingan yang ada pada situs pembanding online terpercaya, sehingga kamu bisa mencari penyedia pinjaman yang sesuai kebutuhan dan pertimbanganmu. Perhatikan bunga, biaya, proses pinjaman, dan juga syaratnya.

  • Mengetahui persyaratan dan biaya tambahan

Source: Google

Berikutnya kamu harus mengetahui persyaratan, biaya administrasi, serta biaya tambahan dari institusi yang menyediakan fasilitas pinjaman tersebut. Hal ini guna meminimalisir kerugianmu.

  • Konsekuensi

Source: Google

Strategi yang terakhir adalah disiplin dalam membayar pinjaman tersebut. Kamu bisa membuat jadwal pembayaran dan dana yang telah kamu sisihkan supaya kamu disiplin dalam mengembalikan pinjamanmu.

Tempat Pinjam Uang Untuk Mahasiswa

Sudah banyak perusahaan dan lembaga penyedia pinjaman yang memberikan fasiitas pinjam uang untuk mahasiswa. Namun, tidak banyak mahasiswa yang tahu dimana harus meminjam uang. Berikut beberapa alternatif pilihan pinjaman untuk mahasiswa yang bisa kamu pertimbangkan.

Baca juga: Pinjaman Uang Untuk Karyawan Tanpa Jaminan, Solusi Saat Belum Gajian

1. Pegadaian

Source: Google

Pinjaman di pegadaia cocok untuk para mahasiswa yang membutuhkan dana cepat. Tetapi, pinjaman di pegadaian ini membutuhkan jaminan. Meskipun menggunakan jaminan, kamu masih bisa memenuhi jaminan tersebut. Seperti sertifikat kendaraan bermotor. Kamu bisa menggunakan sertifikat motormu untuk mendapatkan pinjaman dari pegadaian.

2. Pinjaman Online

Pinjaman online merupakan penyedia pinjaman yang mudah didapatkan. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi pinjaman online yang kamu inginkan. Tetapi kamu perlu hati-hati dalam memilih aplikasi pinjaman online. Pastikan aplikasi pinjaman online yang kamu pilih sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jangan sampai kamu salah pilih, yang ada malah menyusahkanmu dengan biaya dan bunga yang tinggi.

Source: TunaiKita

Nah, kamu bisa mengajukan pinjaman di TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sehingga terjamin keamanannya. Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta. Masa tenor yang diberikan hingga 6 bulan.

Cara mengajukannya pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal siapkan tiga syarat, yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, dan Bank Permata). Pastikan kamu sudah mendownload terlebih dahulu aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore. Lalu, kamu bisa langsung melakukan registrasi agar bisa login. Isi data diri dengan benar, kemudian lakukan login. Kamu nantinya harus mengisi nominal jumlah pinjaman dan memilih masa tenor yang diinginkan sesuai kebutuhanmu. Jika sudah, kamu tinggal menunggu pihak TunaiKita melakukan konfirmasi dan memproses pengajuan pinjaman mahasiswa tanpa jaminan. Kalau pengajuan pinjamanmu diterima, maka dalam jangka waktu beberapa hari saja dana bisa cair melalui rekening tabungan yang telah kamu berikan. Mudah bukan?

Baca juga: Mengenal Pinjaman Online Cepat P2P Lending Yang Aman Dan Terpercaya, Hati-Hati Penipuan!

Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan Kamu

Kebutuhan mahasiswa sebanding dengan kebutuhan karyawan pada umumnya, banyak yang harus dibiayai. Belum lagi kalau ada kebutuhan mendesak yang mengharuskan butuh uang cepat mungkin. Hal yang bisa dilakukak hanyalah meminjam uang. Semoga informasi yang TimiKimi berikan bermanfaat untuk Sobat semua dan menjadi pertimbangan untuk Sobat yang ingin mengajukan pinjaman.