Quality Time Juga Butuh Modal, Yuk Pelajari Cara Kelola Dana Untuk Akhir Pekan!

Bagi karyawan atau pekerja lepas yang memiliki siklus bulanan mulai dari tanggal dia memperoleh gaji hingga uang tersebut habis dan dapat gaji lagi. Cara mengatur keuangan setiap individu pun berbeda pula, tergantung lifestyle mereka. Belum lagi saat akhir pekan, Agar gaji tidak cepat habis, simak ulasan mengenai cara kelola dana untuk akhir pekan berikut ini ya.

Bagi seorang pekerja, meluangkan waktu bersama keluarga di akhir pekan merupakan momen yang sangat berharga. Selama lima hari disibukkan dengan rutinitas pekerjaan yang menumpuk, akhir pekan lah menjadi waktu yang tepat untuk kamu manfaatkan berkumpul bersama keluarga. Baik itu jalan-jalan ke tempat wisata, nonton film bersama, ataupun hanya sekedar makan-makan bersama. 

Namun, masih banyak orang yang belum bisa mengelola keuangan dengan baik. Alhasil, gaji dari jerih payahnya selama sebulan bekerja jadi sia-sia lenyap entah kemana. Memang agak sulit untuk mengatur keuangan. Ketika punya uang sedikit langsung ingin buru-buru menghabiskannya. Budaya konsumtif seperti ini harus segera direm biar kondisi keuanganmu tidak  jadi korbannya. 

Untuk itu, berikut cara kelola dana untuk akhir pekan agar punya modal untuk quality time bersama orang-orang yang kamu sayang, berikut ulasannya.

Cara Kelola Dana Bulanan Untuk Akhir Pekan

1. Atur Anggaran Bulanan

Kesalahan Saat Menyusun Anggaran Bulanan (www.akun.biz)

Anggaran pribadi atau rumah tangga adalah ringkasan yang diperinci tentang pendapatan dan pengeluaran yang dihasilkan dalam jangka waktu tertentu, paling sering satu bulan. Anggaran akan menunjukkan berapa banyak uang yang akan kamu hasilkan untuk semua pengeluaran. Daripada melihat anggaran sebagai negatif, lihatlah sebagai alat untuk mencapai tujuan keuanganmu.

Membuat anggaran sangat penting karena untuk menjaga keuanganmu agar anggaran bergantung pada pemasukan. Sebelum kamu mulai membuat anggaran, nah agar lebih hemat pengeluaran dan kamu bisa berakhir pekan dengan nyaman, kamu harus memberikan informasi yang rinci dan akurat untuk menunjukkan seberapa banyak pengeluaran yang terjadi dalam sebulan.

Baca juga: Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Hindari Memikirkan Hal Ini

2. Buat Rekening Khusus

Cara kelola dana yang berikutnya yaitu membuat rekening khusus. Memiliki dua rekening tabungan yang berbeda itu sebenarnya menjadi salah satu cara mudah untuk mengatur keuangan. Jadi, satu rekening untuk operasional kamu, dan satunya lagi memang dikhususkan untuk menabung. Agar target menabung tercapai, sebaiknya pilih rekening tabungan yang gak bisa ditarik. Salah satunya, tabungan berjangka yang menjadi program perbankan. Selain gak terpotong biaya administrasi, kamu justru malah mendapatkan bunga. Jadi, semakin banyak deh uang yang kamu tabung.

3. Jaga Hutang Konsumtif

Hutang ini merupakan jenis hutang yang nilainya semakin berkurang dari waktu ke waktu, sebab tidak ada nilai yang bisa membantu kamu menghasilkan uang. Sifat utang ini lebih boros sebab digunakan untuk kesenangan dan keinginan semata. 

Utang ini biasanya juga bisa muncul akibat adanya tekanan dari lifestyle yang menuntut seseorang untuk mengikuti gaya hidup tertentu, sehingga mau tidak mau mereka juga harus berbelanja barang atau jasa yang tidak terlalu dibutuhkan. Contohnya orang yang membeli smartphone baru karena seluruh temannya sudah membeli jenis yang baru keluar, padahal smartphone yang dimilikinya masih bisa dipakai. Tidak ada nilai yang bisa bertumbuh dari pembelian smartphone tersebut jika fiturnya tidak dapat digunakan untuk menambah penghasilan.

4. Ngopi Di Rumah Aja

How to Get Your Friends Into Coffee (blog.suvie.com)

Bertebarannya kedai kopi dan kafe perlahan mengubah sebagian gaya hidup masyarakat. Dari yang semula kamu tidak suka ngopi, akhirnya jadi suka ngopi sambil nongkrong. Kamu mungkin tidak menyadari kalau biaya nongkrong buat ngopi saja minimal harus mengeluarkan kocek Rp20 ribu. Karena tidak mungkin kan kamu nongkrong buat ngopi saja. Pasti pesan makanan atau camilan juga, kan? Apalagi ngopinya di Starbucks. Harus pinter-pinter ngakalinnya deh.

Nah, tips hemat berikut ini bisa kamu ikuti. Daripada keseringan ngopi di luar yang bisa bikin kantong jebol, lebih baik ngopi di rumah aja jauh lebih hemat bukan?

5. Usahakan Transaksi Secara Tunai

Punya kartu kredit memang banyak untungnya. Kamu bisa dapat diskon khusus, promo gratis, hingga cashback. Keuangan pun bisa jadi lebih sehat kalau punya kartu kredit. Itu kalau kamu bijak memakainya ya.

Kartu kredit bisa jadi pisau bermata dua. Kalau tidak paham dan mengerti cara pakainya, besar kemungkinan keuangan malah berantakan. Atau yang lebih parah, hidup jadi gak tenang karena terlilit utang. Nah, agar tidak mengalami hal seperti ini, lebih baik terapkan cara menghemat uang yang satu ini. Sebisa mungkin, gunakan uang tunai untuk tiap transaksi pembelanjaan. Dengan begitu, arus kas masuk dan keluar pun jadi lebih terkontrol.

Baca juga: 6 Hal Boros Yang Selalu Dilakukan Millennials Setelah Gajian

6. Jangan Boros

Inilah 5 Tips Hemat Menjelang Lebaran, Jangan Boros & Kelola Keuanganmu! (style.tribunnews.com)

Tips terjitu cara atur keuangan yang berikutnya agar pengeluaran tidak jebol adalah jangan boros! Formula simpelnya adalah tidak mengeluarkan uang lebih banyak daripada pendapatan yang kamu terima. 

Orang cerdas akan memanfaatkan gaji kerja sampingan untuk hal-hal yang bermanfaat, misal ditabung demi masa depan atau untuk keperluan lain yang mendadak. Namanya kerja, memang tujuannya untuk mempersiapkan dana di masa yang akan datang, entah itu jangka pendek maupun persiapan kebutuhan jangka panjang. 

Atau bisa juga memanfaatkan gaji tambahan itu untuk membayar utang-utang yang masih menumpuk. Lumayan kan, kamu gak perlu mengorbankan gaji dari pekerjaan pokok untuk mencicil pembayaran utang. 

Mau Quality Time Sama Keluarga tapi Belum Gajian? Tenang, Ada TunaiKita!

TunaiKita

TunaiKita menyediakan beberapa produk pinjaman yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Ada dua jenis pinjaman yang ada di TunaiKita yaitu jangka pendek dan cicilan. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

TunaiKita merupakan solusi tepat yang bisa menjadi pilihanmu yakni dengan mengajukan pinjaman online melalui TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang memberikan banyak keuntungan untukmu, yaitu:

  • Plafon pinjaman mulai dari Rp500 ribu hingga Rp20 juta
  • Masa tenor hingga 6 bulan
  • Syarat pengajuan hanya butuh KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal (BRI, BNI, BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, Bank Danamon)
  • Aplikasi mudah digunakan
  • Proses pencairan dana cepat
  • Dana bisa dipergunakan untuk keperluan apa saja

Dengan beragam kelebihan yang ditawarkan, pastinya kamu akan merasa diuntungkan. TunaiKita ini sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga aman karena selalu diawasi, mulai dari proses pengajuan, pencairan dana, penagihan, hingga pembayaran. Tapi ingat, kamu harus tetap membayar tagihan secara tepat waktu agar skor kreditmu terus meningkat.

Baca juga: 7 Kebutuhan Utama Yang Harus Diutamakan Setelah Gajian

Hidup Hemat dan Atur Keuangan dengan Baik

Nah, itulah sejumlah cara kelola dana bulanan dengan yang bisa diterapkan dalam keseharianmu. Kadang hal-hal sepele ini bisa sering gak terpikirkan. Padahal bisa saja pengeluaran bisa bengkak gara-gara hal yang sepele. Dikit-dikit, lama-lama menjadi bukit, lho.

Semoga informasi yang TimiKimi sampaikan dapat membantu dan menginspirasi, Seobat. Selamat mencoba!