Di bulan Ramadhan kebutuhan pokok sangat diperlukan untuk membuat makanan sahur dan berbuka puasa. Namun, harga pokok yang semakin meningkat agaknya membuat masyarakat resah. Nah, TimiKimi punya solusi belanja kebutuhan selama puasa agar lebih hemat. Coba belanja sembako online di sini yuk!

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju sekarang ini, apapun dilakukan secara online. Mulai dari melakukan tagihan pembayaran, mengajukan pinjaman, hingga belanja kebutuhan pokok. Hal ini dilakukan tentu ada maksud tertentu, yaitu agar memudahkan kamu dalam melakukan kegiatan tersebut sehingga kamu tidak perlu repot untuk datang ke pasar atau supermarket. Sangat mudah dan praktis bukan?

Di bulan suci Ramadhan ini kebutuhan sembako tentu akan meningkat, selain itu harganya pun juga ikut melambung. Lalu bagaimanakah agar lebih hemat belanja kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan? Coba belanja sembako online yuk, kamu bisa belanja kapan dan di mana saja, lho! Kamu sudah bisa membeli keperluan apa saja melalui smartphone-mu. Tinggal pilih barang yang kamu inginkan, kemudian bayar dan barang pun akan diantar ke alamat rumahmu. Mudah banget kan?

TimiKimi punya ulasan mengenai penyedia belanja sembako online yang bisa kamu pilih, beberapa penyedia belanja online punya promo-promo menarik yang bisa kamu gunakan, lho! Belanja kebutuhan pun jadi lebih murah.

Belanja Sembako Online: Pilihan Penyedia Jasanya

Source: Google

Dengan adanya marketplace yang tersedia di Indonesia, kamu bisa dengan mudah berbelanja tanpa harus repot-repot pergi ke mall. Untuk Sobat yang masih awam dengan marketplace, ini merupakan sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Beberapa marketplace ini banyak dipilih masyarakat karena sering memberikan promo menarik, mulai dari pembelian pakaian, alat elektronik, makanan, dan sebagainya. Inilah mengapa banyak orang yang lebih memilih membeli apapun secara online.

Berikut beberapa pilihan marketplace yang bisa kamu pilih untuk belanja kebutuhanmu selama bulan Ramandhan ini, diantaranya:

1. Tokopedia

Source: Google

Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang paling sering dipilih masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan. Mulai dari pakaian, alat elektronik, makanan, dan sebagainya. Tidak hanya itu, di Tokopedia kini kamu bisa membeli pulsa, bayar tagihan bulanan, hingga voucher game, lho! Selain itu, disediakannya kode-kode promo yang bisa kamu gunakan agar belanja lebih hemat. Mulai dari kode promo tiket kereta api dan pesawat, kode promo Tokopedia pulsa, kode promo Tokopedia bebas ongkir, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kode Promo Tokopedia: Banyak Cashback, Beli Pulsa Lebih Hemat!

Tokopedia juga menawarkan ragam pilihan sembako yang bisa kamu beli, mulai dari buah-buahan, sayur mayur, hingga kebutuhan dapur kamu dengan harga yang cukup bersaing, lho! Kamu hanya perlu buka aplikasinya, lalu pilih barang yang ingin kamu beli, kemudian pilih proses pembayarannya. Untuk pembayaran kamu bisa menggunakan internet banking, mobile banking, kartu kredit bahkan cicilan. Lengkap dan mudah banget kan?

2. Shopee

Source: Google

Marketplace yang khas dengan warna orange ini menyediakan banyak pilihan kebutuhan yang bisa kamu beli. Sama seperti marketplace pada umumnya, Shopee menawarkan ragam keperluan sembako diantaranya, minyak goreng, gula, telur, beras, pasta, mie kering, sampai bumbu masak. Shopee juga memiliki program promo menarik yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa langsung lihat pada aplikasinya, nanti akan muncul informasi promo yang sedang berlangsung, kemudian pilih produk yang kamu inginkan, jika sudah selesai belanja kamu bisa langsung pilih pembayaran. Setelah selesai, kamu hanya tinggal duduk manis menunggu pesananmu datang.

3. BliBli

Source: Google

Blibli yang merupakan anak buah Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010, Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna Blibli. Dengan Blibli, kamu bisa memenuhi kebutuhan pokok selama puasa.

Tidak perlu keluar rumah, karena Blibli menyediakan berbagai macam kebutuhan, mulai dari makanan, pakaian, barang elektronik, pulsa, hingga tagihan listrik, air, dan semacamnya. Hanya dengan smartphone barang yang kamu inginkan akan sampai ke rumahmu.

4. Bukalapak

Source: Google

Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen. Semua orang dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak. Dengan belanja di Bukalapak, semua kebutuhanmu dengan mudah dapat terpenuhi. Masuk situs Bukalapak, pilih kategori BukaMart atau makanan, lalu kamu bisa bebas belanja sembako. Tersedia pula pilihan paket sembako murah. Barang yang dijual diklaim berasal dari merek resmi dengan kualitas terjamin.

Baca juga: Inspirasi Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Bulan Ramadhan, Pasti Laris Manis!

5. JD.ID

Source: Google

Marketplace yang mempunyai misi ‘Make the joy happen’ ingin menghadirkan kebahagiaan kepada seluruh pelanggan di Indonesia, dengan serangkaian produk-produk yang berkualitas asli dengan harga yang cukup bersaing. Kamu bisa membeli sembako di platform jual beli online ini dan kamu bisa mendapatkan promo gratis ongkos kirim (ongkir), lho!. Ragam produk sembako dengan berbagai merek tersedia di JDMart. Barang dijamin 100 persen asli dan uangmu akan kembali jika barang tidak terkirim.

Keuntungan dan Kerugian Belanja Sembako Online

Keuntungan Belanja Sembako Online

  • Belanja dengan santai

Belanja sembako online tidak dibatasi waktu. Kamu bisa dengan bebas berbelanja tanpa khawatir toko akan tutup, selama 7 hari 24 jam, Kam dapat membeli sembako kapanpun sesuka hati. Beda jika kamu pergi ke pasar tradisional atau swalayan yang hanya buka dari pagi sampai siang, atau jam operasional pasar swalayan pukul 9 pagi hingga 10 malam, sehingga tergesa-gesa. Belanja jadi kurang maksimal.

  • Barang lebih lengkap dan murah

Keuntungan lain belanja sembako online, pilihan barangnya lengkap karena langsung dari distributor atau toko grosir yang menjadi mitra dari marketplace. Ini juga yang bikin harga sembako via online lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

  • Banyak penawaran promo

Pembelian sembako minimal Rp100.000 atau lebih bebas ongkos kirim, paket sembako murah, potongan harga atau diskon, dan lainnya. Itulah beberapa promo yang biasa ditawarkan ke konsumen. Belum lagi kalau ada momen-momen spesial seperti hari raya, pasti banyak promo gila-gilaan.

  • Hemat waktu dan biaya

Kamu tidak perlu ke luar rumah untuk beli sembako, sudah berat, panas, dan capek, belum lagi antrian panjang untuk membayar ke kasir. Dengan belanja online, hanya tinggal duduk cantik, pesan, dan barang diantar ke rumah. Tidak keluar ongkos bensin pula buat naik ojek ke pasar, kan.

Kerugian belanja sembako online

  • Barang belum tentu cepat sampai

Kalau belanja di pasar, kamu bisa langsung mendapatkan barang sembako pada saat itu juga. Beda dengan online. Bisa jadi baru akan diterima pembeli 1 atau 2 hari. Jadi pastikan kamu masih punya stok sembako di rumah, ya.

  • Tak bisa cek kondisi barang

Ini juga kelemahan lain dari belanja sembako online. Kamu tidak dapat memeriksa kondisi barang atau sembako. Apakah kualitas barang masih bagus atau tidak. Sedangkan belanja sembako di pasar, bisa langsung tahu kondisi barang yang sebenarnya.

Baca juga: Tips Bijak Atur Keuangan Di Bulan Ramadhan

Belanja Online Jadi Makin Hemat

Sudah banyak pilihan penyedia belanja online yang bisa kamu pilih. Manfaatkan promo yang ditawarkan, belanja pun jauh lebih hemat. Pertimbangkan kembali sebelum kamu melakukan pembelanjaan, kamu bisa bandingkan harga terlebih dahulu dari satu marketplace ke marketplace lainnya, supaya lebih murah dan makin untung.