Rekomendasi Buku-Buku Sukses Berbisnis untuk Isi Akhir Pekan

Menjadi seorang pengusaha sukses, kamu akan dituntut untuk menjadi orang yang serba tahu. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk menambah ilmu pengetahuan secara terus menerus. Nah, salah satu cara menambah pengetahuan yaitu dengan membaca buku. Buku-buku sukses berbisnis apa sajakah yang bagus untuk mengisi akhir pekanmu? TunaiKita punya ulasannya buat kamu. 

Buku merupakan jendela dunia yang dapat mengantarkan kita pada beragam informasi dan pengetahuan. Dalam bisnis, buku juga memiliki peranan yang cukup penting dalam memunculkan banyak pengusaha sukses. Sebab beberapa pengusaha sukses mendapatkan ilmu berbisnis dari buku yang mereka baca..

Bukan hanya pengetahuan saja yang akan bertambah. Dengan membaca buku, saraf-saraf pada otak juga akan tumbuh sehingga dapat mempengaruhi pikiran dalam menciptakan tindakan produktif. Jika kamu ingin menambah pengetahuan dalam berbisnis, kamu bisa mencari buku-buku tentang bagaimana cara menciptakan bisnis yang sukses. Nah, di bawah ini TunaiKita akan mengulas tentang buku-buku sukses berbisnis yang bisa kamu baca untuk mengisi akhir pekan. 

Rekomendasi Buku Buku Sukses Berbisnis di Akhir Pekan

1. The Magic of Thinking Big (David J. Schwartz)

Klasik Tapi Masih Ngena: The Magic of Thinking Big (aparisme.blogspot.com)

Rekomendasi buku sukses berbisnis yang pertama yaitu The Magic of Thinking Big. Perbuatan merupakan manifestasi pikiran. Perbuatan yang berbuah kesuksesan besar, tidak lain berawal dari pikiran-pikiran besar pula. Pikiran menjadi awal munculnya tekad, dan selanjutnya menjadi sumber spirit berusaha melakukan hal-hal besar yang sebelumnya tidak terpikirkan sekalipun.

Melalui buku ini, David J. Schwartz mencoba mengulas kehebatan, bahkan keajaiban  seseorang yang berpikir besar. Mengingat tidak semua orang memiliki pikiran-pikiran besar dalam hidupnya. Kebanyakan orang tidak punya cukup keberanian untuk berpikir besar. Ini karena orang tidak punya keyakinan terhadap dirinya sendiri; apakah ia mampu mewujudkannya atau tidak nantinya. Kekecewaan dan kesedihan yang membayangi ketika impian tak tercapai, telah membuat orang tak punya keyakinan akan dirinya sendiri. Tak heran jika ada ungkapan “jangan terlalu tinggi terbang, jika jatuh akan semakin sakit”.

Dalam melandasi pemahaman tentang pentingnya berpikir besar, David J. Schwartz menekankan satu hal, yakni keyakinan. Keyakinan merupakan pemantik semangat, yang selanjutnya memberi energi bagi seseorang untuk terus berusaha mewujudkan pikiran-pikiran besar yang ia impikan. Sebaliknya, ketidakyakinan berkonsekuensi dengan ketidakmampuan. Jika seseorang sudah yakin bahwa ia tidak mampu melakukan satu hal, maka kegagalan akan mengikutinya.

Baca juga: Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Hindari Memikirkan Hal Ini

2. Think and Grow Rich (Napoleon Hill)

9 Quotes and My Review of Think and Grow Rich (www.heatherparady.com)

Buku Think and Grow Rich merupakan salah satu buku klasik legendaris tentang the science of wealth. Buku ini memberikan pelajaran renyah tentang bagaimana cara berpikir dan bertumbuh untuk menjadi seseorang yang sukses. Lalu apa intisari dari buku yang bertahun-tahun jadi best seller ini? Dan apa yang bisa Anda pelajari dan praktekkan dari karya fenomenal ini?

Buku Think and Grow Rich ini ditulis oleh Napoleon Hill yang juga dikenal sebagai figur dalam topik pengembangan diri yang sangat ternama, yang sejajar dengan nama besar seperti Dale Carnegie, Norman Vincent Peale hingga figur motivator modern seperti Antony Robbins.

Think And Grow Rich menjelaskan cara menjadi kaya secara filosofis dan fundamental. Napoleon Hill juga mengatakan dalam bukunya bahwa mungkin ini terdengar seperti omong kosong belaka, tapi percaya atau tidak inilah kesamaan orang-orang sukses yang beliau wawancarai macam Henry Ford, Andrew Carnegie, dan kawan-kawan. Mereka punya keyakinan mendalam bahwa mereka memang ditakdirkan untuk kaya.

Jadi, konsep cara untuk kaya yang dipaparkan pada buku ini sebetulnya lebih kepada the power of mind atau kekuatan pikiran. Tentu saja, Napoleon Hill juga menginstruksikan kerja keras dan kegigihan. Tidak bisa serta merta kita memikirkan uang 200 juta setiap hari tapi tidak ada usaha apapun. Latihan pikiran tadi, atau autosugesti disebutnya, hanyalah cara agar kita tidak kehilangan semangat bekerja dan tidak kehabisan ide. Mulai masuk akal kan sekarang?

3. Purple Cow (Seth Gordin)

Be A Purple Cow (ashleybrookephoto.com)

Rekomendasi buku sukses berbisnis yang selanjutnya yaitu Purple Cow. Buku Purple Cow yang ditulis oleh Seth Gordin ini akan memberikan pengetahuan untuk kamu yang ingin menciptakan produk-produk berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga membuat produk kamu menjadi lebih unggul di mata pelanggan. Bukan hanya itu, dalam buku ini, kamu juga akan mendapatkan teknik menghasilkan produk berkualitas yang memiliki ciri khas dan menarik di mata konsumen. Dengan memiliki produk yang berkualitas, berarti kamu memiliki USP atau Unique Selling Propositions. Hal ini tentu dapat memudahkanmu dalam kegiatan promosi dan membangun citra brand lebih mudah.

Baca juga: Akhir Pekan Harus Produktif! Lakukan 7 Hal Ini Yuk!

4. Lean Start-Up (Eric Ries)

Book Review – The Lean Startup (artofthekickstart.com)

Buku karya Eric Ries ini merupakan rekomendasi buku sukses berbisnis keempat yang cocok untuk kamu yang baru ingin memulai bisnis dan sangat cocok untuk bisnis startup. Pada buku ini, kamu akan mengetahui beberapa teknik dan tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk memulai bisnis. Dengan mengikuti beberapa teknik dan tahapan pada buku ini, kamu dapat memaksimalkan uang, waktu, dan sumber daya yang akan dikeluarkan untuk bisnis, sehingga semua yang dilakukan tidak akan sia-sia.

5. The Monk and The Riddle (Randy Komisar)

The Monk and the Riddle: The Education of a Silicon Valley Entrepreneur (www.goodreads.com)

Pada buku The Monk and The Riddle yang ditulis Randy Komisar ini kamu akan mengetahui bagaimana cara memulai bisnis dan memberikan pelajaran dan tips bagi kamu yang ingin menyeimbangkan kegiatan bisnis dengan kegiatan yang kamu sukai di kehidupan pribadi. Dalam buku ini, kamu juga akan mendapati berbagai hal yang mungkin akan dihadapi dalam bisnis, sekaligus solusi dan cara mengatasi masalah-masalah dalam bisnis.

6. Rich Dad Poor Dad (Robert T. Kiyosaki)

Book Review: Rich Dad Poor Dad: What The Rich Teach Their Kids About Money – That the Poor and Middle Class Do Not!
(affiliateunicorn.com)

Sobat sudah pernah membaca buku ini? Buku yang tulis oleh Robert T. Kiyosaki ini memang terhitung sangat baik untuk dibaca oleh siapa saja yang ingin mendapatkan inspirasi hidup terutama dalam bidang finansial.

Sesuai dengan judulnya, buku ini bercerita mengenai pertentangan dua prinsip dalam pengaturan dan rencana finansial, yang berarti hidup itu sendiri. Ayah di sini bukanlah semata-mata sosok yang berbeda, tetapi merupakan sosok yang mewakili dua cara pandang yang berbeda.

Inspirasi Rich Dad Poor Dad ini kemudian memang berawal dari pengalaman pribadinya yang berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya adalah seorang guru yang pekerja keras, pendidikan tinggi, berdaya juang menjulang, tekun, dan patuh pada pemerintah. Kendati begitu, keluarganya selalu merasa pendapatan bulanan yang diperoleh itu pas atau sesekali kurang. Dia kemudian bertemu dengan temannya bernama Mike. Dia punya Ayah yang seorang pengusaha dengan beragam bisnis, pendidikan tidak tinggi, sama-sama pekerja keras, dan dari hari ke hari kekayaannya kian bertambah. Ayah kandungnya ini mewakili “Poor Dad”, sedang ayah Mike mewakili “Rich Dad.”

Kisah ini berawal ketika Robert berusia 6 tahun, sama dengan Mike. Mereka berdua mendapat perlakuan diskriminatif dari teman-teman sekelasnya. Mereka tidak diajak berlibur bersama karena dianggap miskin. Robert tertohok dengan perlakuan ini lalu mereka berdua mencari tahu bagaimana cara untuk mendapatkan sejumlah uang. Penasaran bagaimana kisah selanjutnya pada buku ini? Kamu bisa jadikan buku ini untuk mengisi waktu akhir pekan nanti.

Baca juga: 7 Tips Ini Bisa Kembalikan Semangat Kamu Setelah Libur Panjang

Isi Akhir Pekan Dengan Membaca 

Nah, yuk isi akhir pekanmu dengan membaca rekomendasi buku sukses berbisnis. Tidak ada salahnya mengisi akhir pekan dengan membaca, lumayan untuk menambah ilmu baru bukan?