Resepsi Pernikahan Mewah atau Murah? 7 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan

Menggelar resepsi pernikahan yang mewah merupakan impian semua orang. Namun, tidak semua orang mempunyai budget pernikahan yang lebih. Bagaimana jika budget biaya resepsi pernikahan terbatas? Tentunya kamu harus menyiapkan perhitungan biaya nikah, kan? Nah, sebelum memutuskan menikah dan menggelar resepsi pernikahan yang mewah. Pertimbangkan hal-hal berikut ini yuk, Sobat!

Setiap orang pasti menginginkan pernikahan yang megah dan mewah. Namun, menggelar resepsi pernikahan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain mempersiapkan secara mental dan psikologis, kamu pun juga harus mempersiapkan segala halnya mulai dari sewa gedung, catering, undangan, baju pernikahan dan lainnya. 

Menggelar pernikahan sederhana selain dapat menghemat biaya, kamu tidak perlu repot menentukan segala halnya. Selain itu, menghemat biaya pernikahan dapat kamu gunakan untuk kebutuhan rumah tangga kamu nantinya. Memang menggelar pernikahan secara besar-besaran akan memberikan kenangan yang berkesan untuk pernikahanmu. Tapi, menggelar pernikahan sederhana tidak kalah berkesannya, pernikahan kamu justru bisa lebih sakral dan hikmat.  

Menikah sebenarnya bukan hanya masalah resepsi saja, ada banyak unsur penting yang seharusnya diutamakan. Nah, TunaiKita punya 7 alasan bahwa menggelar resepsi mewah itu bukan kewajiban utama. Simak ulasannya berikut ini ya!

Trik Tanpa Membebankan Biaya Resepsi Pernikahan

1. Tanggal Menentukan Biaya Sewa

Source: Google

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya resepsi pernikahan adalah menentukan biaya sewa. Sebenarnya, menyewa gedung adalah salah satu hal yang membuat anggaran membengkak. Namun kamu masih bisa menyiasati hal ini, apalagi jika kamu dan pasangan tidak ingin repot menggelar pernikahan di rumah. Untuk memangkas biaya, kamu bisa memilih dekorasi ruangan yang tak rumit, dan konsep pernikahan yang sederhana. 

Pertimbangkan juga tanggal pernikahan sedari awal. Mungkin harga sewa gedung Jumat malam lebih murah daripada Minggu siang. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyelenggarakan resepsi di hari Jumat malam saja. Lebih hemat, kan?

Baca juga: Keuntungan Dan Kekurangan Nikah Muda Yang Harus Kamu Pertimbangkan!

2. Gunakan Teknologi Digital

Tips berikutnya kamu bisa memanfaatkan teknologi digital karena ini bisa menekan budget biaya nikah 2019, lho! Nggak percaya? 

Sobat, memikirkan jumlah tamu undangan memang membuat pusing. Namun, yang lebih pusing lagi kalau kamu memikirkan biaya cetak undangannya. Tamu-tamu yang diundang dari kedua belah pihak sudah pasti tidak sedikit. Tentu kamu ingin mengundang teman-teman dan kerabat terdekatmu, bukan? Untuk itu, kamu bisa mengakalinya dengan memanfaatkan teknologi digital dengan mengirim undangan melalui pesan elektronik atau media sosial. 

Kamu bisa cetak undangan untuk kalangan kerabat dekat saja. Selain itu, kamu juga bisa minta bantuan teman kamu yang jago desain. Selain lebih murah, undanganmu pastinya juga bisa lebih berkesan.

3. Sewa Baju Pengantin

Source: Google

Membuat baju pengantin untuk pernikahan memang akan menjadi kenangan yang luar biasa. Namun, membuat baju pengantin sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit, Sobat. Untuk menjahit kebaya atau baju pengantin bukan hal yang sepele. Tidak mungkin kamu menggunakan jasa penjahit biasa untuk membuat baju istimewa di hari sakral-mu bersama pasangan nantinya. Salah-salah malah hasilnya jauh dari bayanganmu.

Belum lagi, kalau kamu berencana menggunakan beberapa baju berbeda dalam acara resepsi. Untuk itu, agar persoalan baju pengantin atau seragam untuk keluargamu lebih aman, lebih baik kamu menyewa saja. Agar lebih hemat, kamu juga bisa mencari jasa penyewaan yang sudah sekaligus menyediakan rias pengantinnya.

4. Cukup Berikan Kain untuk Teman dan Keluarga

Tips keempat yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya resepsi pernikahan yaitu kamu bisa memberi kain untuk keluarga dan teman-temanmu, dan menjahit biar jadi urusan mereka sendiri. Selain itu, untuk meminimalkan pengeluaran, kamu cukup memakai satu busana pengantin untuk acara akad dan nikah. Pilih model yang fleksibel untuk kedua acara. 

Baca juga: Intip 4 Hal Mengapa Kamu Harus Tahu Kondisi Keuangan Pasangan, Yuk!

5. Gunakan Jasa Teman/Keluarga untuk Dokumentasi

Kalau kamu punya teman atau saudara yang jago memotret, walaupun bukan professional wedding photo tetap bisa kamu manfaatkan, lho! Selain harga bisa dinegosiasikan, biaya resepsi pernikahan kamu pun bisa jadi lebih hemat. Jika kamu tidak punya kerabat atau teman yang jago memotret, pilihlah jasa mahasiswa jurusan Fotografi. Tapi sebelumnya lihat terlebih dahulu portofolio mereka. Jangan sampai salah pilih fotografer, dan hasil jepretan momen sakral bersama pasangan jadi kurang maksimal.

7. Pilih Catering yang Tepat

Source: Google

Jasa catering pernikahan memang ada banyak, tapi pastikan jasa yang kamu pilih sesuai dengan budget. Catering dengan cara prasmanan tidak hanya praktis tapi juga murah. Selain itu, pastikan menu yang kamu pilih sesuai dengan selera dan membuat tamu merasa kenyang. 

Sedangkan menu sampingan atau snack, kamu bisa memesannya di tempat yang berbeda. Akan lebih bagus jika kamu punya teman yang memiliki usaha kue. Pesan kue dan snack dengannya sudah pasti tidak cuma membuat temanmu senang, tapi harga yang kamu bayar pasti juga tak terlalu mahal. Untuk urusan minum, jangan khawatir kamu juga bisa meminimalkan biaya dengan membeli minuman kemasan seperti Aqua.

8. Gunakan Kreativitas untuk Membuat Souvenir

Tidak hanya hidangan, souvenir pernikahan menjadi item wajib untuk menjamu tamu undangan pernikahanmu. Ini bertujuan agar tamu yang datang akan terkenang dengan pernikahanmu, dan sebagai wujud ucapan terima kasih sudah berkenan datang. Memang banyak jasa yang menawarkan pembuatan souvenir. Namun, lagi-lagi kamu harus ingat penghematan biaya pernikahan. Kenapa tidak kamu buat saja sendiri? Kamu bisa mengisinya dengan bermacam-macam jenis bibit tanaman, bahkan mungkin juga sekedar permen cokelat warna-warni, atau kamu bisa melihat cara membuat souvenir di Youtube. Dengan membuat souvenir handmade tentunya pernikahanmu jauh lebih hemat dan berkesan, bukan?

7. Foto Pre-Wedding Simple

Source: Google

Foto pre-wedding memang menjadi salah satu kebutuhan wajib para calon pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan. Selain untuk menjadi kenang-kenangan di kemudian hari, foto pre-wedding juga bisa menjadi hiasan untuk mempercantik dekorasi pernikahanmu. Namun, biasanya foto pre-wedding membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari menyewa kostum, fotografer, tempat untuk foto, dan lainnya. 

Nah, untuk lebih menghemat biaya resepsi pernikahan, alternatif yang bisa kamu lakukan dengan memilih tema foto pre-wedding yang simple namun berkesan. Kamu bisa melakukan foto pre-wedding dengan memanfaatkan properti yang kamu miliki dan memanfaatkan halaman belakang rumah untuk dijadikan tempat berfoto. Untuk jasa fotografer, kamu juga bisa memanfaatkan teman atau saudara untuk menggunakan jasanya, lumayan untuk menghemat budget, kan. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal hanya untuk foto pre-wedding.

Baca juga: Manfaat Memiliki Asuransi Keluarga Terbaik Dan Pilihan Penyedianya Yang Bisa Dipercaya

Resepsi Pernikahan Sederhana? Kenapa Tidak!

Menggelar pernikahan tidak harus mewah dan megah kok Sobat, yang terpenting adalah kesakralan dari pernikahanmu. Tidak perlu pedulikan apa kata orang tentang pernikahanmu, yang terpenting pernikahanmu berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang kamu rencanakan. Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat membantu dan menginspirasi Sobat yang ingin merencanakan pernikahan dalam waktu dekat.