Seluk Beluk Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian: Kelebihan dan Cara Mengajukan

gadai sertifikat rumah di pegadaian

Butuh dana tunai dalam jumlah banyak dengan segera? Kamu bisa gadai sertifikat rumah di Pegadaian. Simak kelebihan beserta cara lengkap mengajukannya dan syarat dokumen yang diperlukan di sini!

Dalam hidup, selalu ada situasi tak terduga yang membuat kita butuh dana dadakan dalam jumlah yang banyak. Biasanya hal ini terjadi ketika sedang terkena musibah seperti kecelakaan yang mengharuskan kendaraan masuk bengkel, sakit yang mengakibatkan harus diopname atau dioperasi, bencana alam yang mengakibatkan rusaknya rumah sehingga harus segera diperbaiki, hingga membayar biaya masuk sekolah anak yang saat ini jumlahnya bisa melebihi harga beli kendaraan bermotor. Di saat-saat seperti ini, jika tidak punya tabungan, maka aset bisa menjadi penolong.

Orang cenderung menggadaikan aset berharga milik mereka seperti emas, kendaraan bermotor, hingga rumah. Jika ingin mendapatkan dana pinjaman dalam jumlah besar, menggadaikan sertifikat rumah menjadi alternatif utama. Memangnya berapa dana pinjaman yang bisa didapat dari menggadaikan sertifikat rumah ini? Rata-rata kamu bisa mendapatkan maksimal pinjaman 70%-80% dari nilai jual rumah. Jadi kalau harga jual rumahmu bernilai Rp200 juta, maka dana yang bisa didapat berkisar antara Rp140 juta hingga maksimum Rp160 juta.

Kelebihan Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian (eljohnnews.com)

Ada dua tempat favorit yang paling sering dituju orang untuk menggadaikan sertifikat rumah, yakni bank dan Pegadaian. Keduanya sama-sama aman dipilih. Tapi sebagian besar orang lebih suka gadai sertifikat rumah di Pegadaian. Sebenarnya hal tersebut dilakukan bukan tanpa sebab karena ada beberapa kelebihan yang dimiliki gadai sertifikat rumah di Pegadaian, yaitu:

Baca juga: Cara Gadai BPKB Di Pegadaian Buat Kamu Yang Butuh Uang Cepat

  • Proses Lebih Mudah

Jika dibandingkan dengan proses pengajuan gadai sertifikat rumah di bank, syarat gadai sertifikat rumah di Pegadaian prosesnya jauh lebih mudah sehingga lebih banyak diminati. Hal ini dikarenakan proses yang dibutuhkan tidak berbelit-belit layaknya di bank. Ditambah lagi, syarat dan dokumen yang diperlukan tidak sebanyak yang diberikan oleh bank. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang tidak mau ribet, mereka akan lebih memilih gadai sertifikat rumah di Pegadaian.

  • Dana Cepat Cair

Kelebihan dari gadai sertifikat rumah di Pegadaian adalah dana pinjaman cepat cair. rata-rata pencairan dana bisa dalam jangka waktu 1-5 hari kerja saja, tergantung dari besaran nominal dana yang dipinjam. Semakin banyak dana yang dipinjam, maka semakin lama dana pinjaman bisa cair.

  • Jangka Waktu Pembayaran Lebih Lama

Pilih Waktu Peminjaman (Sumber: outwardfromnothingness.com)

Gadai sertifikat rumah di Pegadaian memiliki jangka waktu pembayaran yang sangat fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan keuanganmu. Jangka waktu pembayaran cicilan pada awalnya akan ditetapkan maksimum empat bulan, tapi jika kamu tidak sanggup membayar dalam jangka waktu tersebut, kamu bisa memperpanjangnya hingga berkali-kali. Jadi bisa dikatakan kalau sebenarnya tidak ada jagka waktu maksimum dalam pembayaran cicilan di Pegadaian. Meski demikian, ingatlah kalau semakin lama kamu membayar cicilan, maka semakin besar bunga yang akan ditanggung nantinya. Jadi lebih baik segera melunasi hutangmu!

  • Bunga Lebih Ringan

Salah satu hal terpenting ketika kamu mengajukan pinjaman jenis apapun, lihatlah berapa bunga yang dikenakan. Pegadaian menjadi salah satu penyedia pinjaman yang memberikan bunga ringan sehingga bisa dijangkau semua kalangan. Inilah alasannya kenapa sampai saat ini Pegadaian masih menjadi tempat favorit masyarakat saat meminjam dana.

Syarat Mengajukan Gadai Sertifikat di Pegadaian

Sertifikat Rumah (pgimgs.com)

Sebelum mengajukan gadai sertifikat di Pegadaian, kamu harus mempersiapkan syarat dan dokumen terlebih dahulu. Kita lihat bersama yuk apa saja syarat dan dokumen yang diperlukan!

  • Kartu Tanda Penduduk asli dan fotokopinya
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopinya
  • Sertifikat rumah asli

Meski persyaratan utama yang diperlukan hanya tiga, tapi jika kamu memiliki dokumen pendukung lainnya, maka lebih baik disertakan seperti surat keterangan kerja dan slip gaji asli. Hal ini dilakukan supaya pihak Pegadaian bisa lebih percaya kalau kamu memiliki penghasilan yang bisa membayar cicilan tepat waktu hingga lunas.

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian (akamaized.net)

Kalau syarat dan dokumen sudah dipenuhi, kini saatnya kamu langsung mengajukan gadai sertifikat di Pegadaian. Apakah caranya sulit? Tentu tidak, TimiKimi akan memberitahu cara mudahnya di bawah ini:

Baca juga: Untung Rugi Tabungan Emas Pegadaian, Bisakah Dijadikan Investasi?

  • Cari Informasi Selengkap Mungkin

Pertama-tama kamu harus mencari informasi tentang gadai sertifikat rumah di Pegadaian selengkap mungkin, mulai dari besaran bunga, lama waktu penitipan, jumlah pinjaman yang bisa diberikan, hingga biaya-biaya tambahan yang dikenakan. Ada dua cara mencari informasi ini, yakni dengan datang langsung ke kantor Pegadaian dan bertanya pada petugas setempat atau mengunjungi website resminya dan bertanya melalui layanan chat. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu bisa memikirkan dengan matang dan tidak mengambil keputusan secara terburu-buru.

  • Datang ke Kantor Pegadaian

Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian (prokal.co)

Setelah mencaritahu informasi yang lengkap, kamu bisa datang lagi ke kantor Pegadaian dengan membawa semua persyaratan dan dokumen yang diperlukan. Tapi pastikan terlebih dahulu kalau sertifikat rumah yang akan kamu gadaikan tersebut asli karena pihak Pegadaian pasti akan mengecek keaslian sertifikat rumah yang kamu gadaikan. Kalau palsu dan tidak terdaftar, sudah pasti pengajuan pinjamanmu akan ditolak.

  • Isi Formulir dan Serahkan Dokumen

Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian (www.aktual.com)

Kalau sudah sampai di kantor Pegadaian, maka isi formulir permohonan penitipan dan formulir pengajuan. Cek dengan teliti supaya tidak ada yang salah dan terlewat. Jika sudah, serahkan formulir beserta dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Nantinya sertifikat rumah milikmu akan ditaksir nilainya oleh petugas Pegadaian dan mereka akan menentukan berapa maksimum pinjaman dana yang bisa diberikan kepadamu. Ambil nominal pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan! Jangan sekali-kali tergoda untuk mengambil pinjaman lebih banyak karena beban hutang pasti akan bertambah.

  • Tunggu Pencairan Dana

Setelah menentukan nominal pinjaman, nantinya pengajuan gadai sertifikat rumah di Pegadaian akan langsung diproses oleh petugas. Tapi proses pencairan dana untuk gadai sertifikat rumah di Pegadaian tidak secepat gadai emas atau gadai BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) yang bisa cair hari itu juga. Kamu harus menunggu setidaknya 1-3 hari kerja. Kamu bisa memilih apakah dana pinjaman ingin ditransfer ke rekeningmu atau diambil dalam bentuk tunai.

Tak Ingin Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian? Kamu Bisa Dapatkan Pinjaman dari Sini!

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Jika dana pinjaman yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, daripada gadai sertifikat di Pegadaian, lebih baik kamu mengajukan pinjaman online. Selain tidak perlu repot menyiapkan agunan dan datang langsung ke Pegadaian, dana pinjaman juga bisa lekas cair pada hari itu juga. Salah satu penyedia pinjaman online yang bisa kamu lirik adalah TunaiKita yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK ( Otoritas Jasa Keuangan).

Baca juga: Ketahui 7 Kelebihan Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair Sebelum Mengajukan

Kamu cukup menyiapkan KTP, NPWP, dan rekening bank lokal milik pribadi seperti rekening bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, atau Bank Danamon. Setelah menyiapkan ketiga syarat pengajuan di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasiIsi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan jangka waktu pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Proses yang mudah dan cepat ini bisa kamu andalkan saat butuh dana darurat. Dengan begitu, keperluan mendesakmu bisa segera ditangani. Selamat mengajukan pinjaman dan semoga pinjamanmu diterima!