Seluk Beluk Kredit Tanpa Agunan Mandiri, Pelajari Dulu Sebelum Mengajukan!

Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Tertarik mengajukan kredit tanpa agunan Mandiri? Sebelum mengajukan, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan, syarat dan dokumen, serta cara mengajukannya di sini!

Bank Mandiri merupakan salah satu bank milik pemerintah yang keberadaannya di Indonesia terbilang cukup populer. Hal ini tentu saja dikarenakan Bank Mandiri memiliki banyak produk-produk unggulan yang bisa memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Sebut saja produk tabungannya, kartu kredit, kredit pemilikan rumah, kredit kendaraan bermotor, hingga kredit tanpa agunan yang saat ini sedang banyak diminati. Kredit tanpa agunan atau yang lebih dikenal dengan nama KTA.

Kredit tanpa agunan Mandiri merupakan jenis pinjaman yang diberikan kepada nasabah Bank Mandiri tanpa mensyaratkan adanya agunan atau jaminan aset tertentu. Dengan begitu, orang-orang yang tidak memiliki aset atau enggan mengagunkan aset mereka jadi bisa mengajukan pinjaman dengan mudah.

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Masing-masing produk bank selalu memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali kredit tanpa agunan Mandiri. Supaya kamu bisa mengenal lebih dalam lagi, ini kelebihan dan kekurangannya!

  • Proses Pencairannya Cepat

Ketentuan yang Berlaku (Sumber: kreditpintar.com)

Kelebihan dari kredit tanpa agunan Mandiri adalah proses pencairannya yang sangat cepat karena pada dasarnya jenis pinjaman ini tidak membutuhkan agunan atau jaminan sehingga tidak ada proses penaksiran aset. Jika data sudah berhasil diverifikasi dan dokumen sudah lengkap diberikan, maka dana bisa cair paling cepat 1 hari kerja. Jika ingin prosesnya lebih cepat, sebaiknya kamu mengajukan secara online supaya data dan dokumen yang diberikan sudah dalam bentuk digital.

Baca Juga : Kredit Tanpa Agunan Mandiri 2019: Cara Mengajukan Dan Syaratnya

  • Bisa Digunakan untuk Keperluan Apa Saja

Jenis pinjaman kredit tanpa agunan Mandiri ini bisa kamu pergunakan untuk keperluan apa saja. Baik itu untuk merenovasi rumah, biaya berobat ke rumah sakit, biaya pendidikan, biaya liburan, biaya pernikahan, modal usaha, dan lain sebagainya. Tapi ingat ya Sobat! Sebaiknya pergunakan kredit tanpa agunan Mandiri untuk keperluan darurat dan hindari untuk penggunaan hal-hal yang sifatnya konsumtif.

  • Limit Kredit Sangat Besar

Limit yang diberikan oleh kredit tanpa agunan Mandiri tergolong sangat besar jika dibandingkan dengan limit pinjaman yang diberikan oleh bank-bank lainnya. Maksimum limit yang bisa kamu dapatkan dari kredit tanpa agunan adalah Rp1 miliar. Tentu saja jumlah ini bukan serta merta bisa kamu ajukan dan dapatkan begitu saja. Pihak Bank Mandiri juga akan melihat berapa penghasilan bulananmu untuk dapat menentukan berapa nominal dana yang bisa dipinjamkan kepadamu.

  • Masa Tenor Panjang

Masa Tenor (Sumber: www.windowscentral.com)

Tidak seperti masa tenor kredit tanpa agunan dari bank lain yang hanya memberikan waktu maksimal 60 bulan (5 tahun saja). Masa tenor kredit tanpa agunan Mandiri bisa mencapai 15 tahun lamanya. Hal ini dikarenakan nominal pinjaman yang diberikan juga cukup besar sehingga waktu yang diberikan untuk dapat melunasi pinjaman jadi lebih panjang. Meskipun masa tenor yang diberikan panjang, disarankan untuk lebih baik mengambil masa tenor pendek supaya hutang bisa cepat dilunasi.

  • Bunga Pinjaman Tergolong Tinggi

Perlu kamu ketahui kalau bunga kredit tanpa agunan Mandiri tergolong cukup tinggi jika dibandingkan dengan bunga jenis pinjaman lainnya. Bunga yang cukup tinggi dikarenakan banyak hal seperti karena tidak adanya agunan sementara  dana pinjaman yang diberikan cukup besar. Tentu saja pihak bank terpaksa menetapkan bunga yang lebih sebagai ganti peniadaan jaminan aset.

  • Harus Punya Kartu Kredit

Kekurangan dari kredit tanpa agunan Mandiri adalah adanya syarat kepemilikan kartu kredit dengan masa penggunaan aktif selama 1 tahun. Tentu saja tidak semua orang memiliki kartu kredit. Kenapa harus memiliki kartu kredit? Adanya kartu kredit ini bisa memudahkan pihak Bank Mandiri untuk melihat sejauh mana kamu bisa membayar cicilan secara tepat waktu dan tanpa menunggak. Dengan melihat ketaatanmu membayar cicilan bulanan, maka pihak Bank Mandiri bisa langsung memberikan pinjaman kredit tanpa agunan kepadamu.

Baca juga: Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan Mudah Dan Gak Jadul Kok!

Syarat dan Dokumen Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Mempersiapkan Dokumen untuk Kredit Tanpa Agunan (Sumber: www.accountingweb.com)

Untuk mengajukan kredit tanpa agunan Mandiri, kamu harus memenuhi persyaratan dan dokumen yang diajukan oleh Bank Mandiri, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat cicilan berakhir
  • Pegawai tetap, profesional, dan wiraswasta dengan masa kerja minimal 1 tahun
  • Memiliki penghasilan minimum Rp3 juta per bulan
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Slip gaji asli atau surat keterangan penghasilan
  • Fotokopi SIUP (Surat izin Usaha Perdagangan) bagi wirausaha
  • Fotokopi Izin Praktek bagi profesional
  • Fotokopi kartu kredit (depan dan belakang)
  • Tagihan asli kartu kredit selama 1 bulan terakhir
  • Rekening koran atau fotokopi buku tabungan

Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Bank Mandiri (disk.mediaindonesia.com)

Jika persyaratan dokumen sudah dipenuhi, maka kamu tinggal langsung mengajukannya. Ada dua cara untuk mengajukan kredit tanpa agunan Mandiri, yaitu:

1. Ajukan Secara Offline

Cara yang pertama adalah mengajukannya secara offline dengan datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Jangan lupa untuk membawa semua kelengkapan dokumen lalu mengisi formulir pengajuan kredit tanpa agunan Mandiri yang diberikan. Jika sudah mengisi formulir dan menyerahkan kelengkapan dokumen, kamu tinggal menunggu pihak Bank Mandiri untuk menghubungimu.

2. Ajukan Secara Online

Cara yang kedua adalah dengan mengajukannya secara online. Pengajuan kredit tanpa agunan Mandiri secara online lebih mudah karena bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Pengajuan online kredit tanpa agunan Mandiri ini terbagi menjadi dua, yakni melalui situs resmi Bank Mandiri atau mengajukannya melalui situs fintech ternama. Jika kamu mengajukan kredit tanpa agunan Mandiri secara online, maka kamu harus menscan semua dokumen persyaratan sehingga berbentuk digital sehingga bisa langsung diupload. Cara mengajukannya, kamu tinggal mengunjungi situs tersebut lalu mengikuti arahan yang diberikan dan mengupload semua persyaratan.

Untuk pengajuan kredit tanpa agunan Mandiri secara online biasanya akan lebih cepat prosesnya dibanding dengan cara offline karena data yang masuk sudah dalam bentuk digital. Proses kredit tanpa agunan Mandiri ini bisa berlangsung antara 1-14 hari kerja.

Baca juga: Perlu Tahu! Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Tanpa Agunan Online

Kredit Tanpa Agunan Mandiri Tidak Diterima? Ajukan Pinjaman di TunaiKita

Tunaikita (Tunaikita.com)

Tak semua pengajuan kredit tanpa agunan Mandiri diterima. Ada banyak pengajuan yang ditolak karena berbagai macam hal seperti persyaratan dokumen tidak lengkap hingga karena tidak lolos BI checking atau memiliki skor kredit yang buruk. Jika sudah seperti ini, lantas kita harus bagaimana? Tenang saja Sobat, kamu masih bisa mengajukan pinjaman online di TunaiKita yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Lalu bagaimana cara mengajukannya? Kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dan login
  • Lengkapi data diri dan persyaratan dokumen seperti KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal seperti BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank Mega, dan Bank Permata
  • Isi nominal jumlah pinjaman dan masa tenor yang diinginkan lalu ajukan sekarang

Setelah itu, kamu tinggal menunggu pengajuan pinjamanmu diproses oleh TunaiKita. Jika data sudah berhasil diverifikasi dan pengajuan diterima, maka dalam jangka waktu beberapa hari, dana pinjamanmu akan langsung ditransfer ke rekening bank lokal yang sudah kamu berikan sebelumnya. Mudah bukan?

Jangan lupa untuk mengambil pinjaman seperlunya dan membayarnya tepat waktu supaya hutang cepat lunas. Selamat mengajukan pinjaman Sobat!