Seluk Beluk SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan 2019, Kenali Keuntungannya!

sipp online bpjs ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan melakukan reformasi birokrasi dengan cara meluncurkan SIPP online BPJS ketenagakerjaan. Sebenarnya apa itu SIPP online BPJS ketenagakerjaan? Apa keuntungannya dan bagaimana cara menggunakannya? Simak selengkapnya di sini!

Siapa di antara kamu yang sudah memiliki BPJS ketenagakerjaan? Tidak semua masyarakat Indonesia memiliki BPJS ketenagakerjaan karena jenis BPJS ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang bekerja saja, baik itu pegawai negeri maupun pegawai kantoran biasa serta profesional,  buruh dan pekerja lepas.Pada dasarnya BPJS ketenagakerjaan ini merupakan peralihan dari Jamsostek sehingga tujuan dan sistemnya masih sama yakni melindungi para pekerja dari segala macam resiko yang bisa menghampiri.

Dalam BPJS ketenagakerjaan ada beberapa program yang bisa dipilih, yaitu

1. Program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) yang hanya menjamin resiko kecelakaan saat sedang bekerja saja.

2. Program JHT (Jaminan Hari Tua) yang memberikan jaminan ketika sudah tidak lagi bekerja.

3. Program JKM (Jaminan Kematian) yang memberikan santunan berupa jaminan kepada ahli waris.

4. Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) yang memberikan perlindungan pelayanan kesehatan.

Sebenarnya konsep BPJS ketenagakerjaan mirip dengan asuransi karena kamu juga tetap harus membayar iuran bulanan, tapi dana yang dibayarkan ini berasal dari potongan gajimu. Dengan begitu, bagi para pencari nafkah tidak perlu khawatir akan kelangsungan hidup anggota keluargamu. Untuk mempermudah layanan BPJS ketenagakerjaan ini, maka diluncurkanlah SIPP online BPJS ketenagakerjaan.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Tentang SIPP BPJS Ketenagakerjaan Dan Cara Penggunaannya

Mengenal SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan (sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id)

SIPP online adalah singkatan dari Sistem Informasi Pelaporan Peserta online yang merupakan salah satu sistem aplikasi terpadu yang dimiliki BPJS ketenagakerjaan online dengan fungsi untuk mengelola data tenaga kerja peserta BPJS ketenagakerjaan yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja secara online. Layanan ini sengaja dikembangkan sebagai alat bantu perusahaan dalam mengelola data BPJS ketenagakerjaan yang dimiliki oleh para karyawannya.

Keuntungan dari SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP online BPJS ketenagakerjaan memiliki beberapa keuntungan bagi para penggunanya yang perlu kamu ketahui. Apa saja keuntungan yang bisa didapat? Coba lihat langsung saja!

  • Memasukkan data baru dan mutasi

Dengan menggunakan SIPP online BPJS ketenagakerjaan 2019, kamu bisa memasukkan data baru seperti melakukan penambahan tenaga kerja yang terdaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan dari perusahaan. Ada dua pilihan menu penambahan yang bisa kamu pilih, yaitu penambahan secara individu dan penambahan secara massal. Kamu bahkan juga bisa melengkapi dan mengedit data keluarga pekerja pada laman profil tenaga kerja dan anggota keluarga.

  • Membuat laporan upah dan monitoring iuran

Tak hanya itu saja, di dalam SIPP online ketenagakerjaan juga ada pengaturan data upah atau tenaga kerja non aktif dengan cara mengunduh template yang disediakan. Kamu juga bisa memonitoring iuran perusahaan dari mulai jumlah total iuran hingga status pembayaran. Dengan begitu, perusahaan milikmu bisa terbantu dan terhindar dari kesulitan pengelolaan administrasi kepesertaan BPJS ketenagakerjaan dengan informasi yang terjaga validitas, kualitas, dan integrasinya.

  • Melakukan pembayaran

Uang (Sumber: okeinfo.net)

Ingin melakukan pembayaran BPJS ketenagakerjaan secara online? Kamu juga bisa melakukannya melalui SIPP online BPJS ketenagakerjaan. Ada beberapa pilihan metode pembayaran yang bisa kamu pilih, mulai dari metode transfer melalui ATM, ibanking, hingga minimarket terdekat.

Baca juga: Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Milikmu Dengan Cara Ini!

  • Keamanan data sangat terjamin

Lalu apakah dana yang ada pada SIPP online ketenagakerjaan ini aman? Tentu saja aman karena di dalamnya dilengkapi dengan one time PIN (personal identification number) di mana PIN dikirimkan langsung via SMS dan email pengguna, automatic log out alias koneksi otomatis terputus ketika tidak ada tindakan atau kegiatan yang kamu lakukan selama 5 menit saat membuka situs SIPP online BPJS ketenagakerjaan, serta firewall yang membatasi dan menjamin hanya pengguna yang bisa mengakses SIPP online BPJS ketenagakerjaan.

Syarat Mendaftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan (blog.tunaikita.com)

Syarat pertama untuk mendaftar SIPP online BPJS ketenagakerjaan adalah memiliki BPJS ketenagakerjaan. Kalau belum punya, maka kamu harus mendaftar secara online melalui situs https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dengan memilih mendaftar atas nama perusahaan (pemberi kerja).

Ada dua pilihan jenis keanggotaan, yaitu kategori Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja dan Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja. Untuk kategori Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja dapat dilakukan oleh pemberi kerja, baik itu instansi atau perusahaan di mana mereka mendaftarkan pekerjanya ke BPJS ketenagakerjaan SIPP Online. Sedangkan untuk kategori Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja dilakukan oleh pekerja yang telah membentuk organisasi atau wadah kerja di mana anggotanya terdiri dari minimal 10 orang dan mendaftar ke BPJS ketenagakerjaan.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk kategori Tenaga Kerja Dalam Hubungan kerja adalah:

  • Fotokopi dan asli SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • Fotokopi dan asli NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaan
  • Fotokopi dan asli Akta Perdagangan Perusahaan
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) masing-masing karyawan
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga) karyawan
  • Pas foto karyawan ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar

Sedangkan untuk kategori Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja, persyaratan yang diperlukan adalah:

  • SIU (Surat Izin Usaha) dari RT, RW, dan Kelurahan setempat
  • Fotokopi KTP pekerja
  • Fotokopi KK
  • Pas foto pekerja ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar

Cara Mendaftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Online (bpjsketenagakerjaan.go.id)

Jika sudah memiliki BPJS ketenagakerjaan, kamu tinggal mengikuti cara-cara ini untuk mendaftar SIPP online BPJS ketenagakerjaan, yaitu:

  • Buka situs SIPP online BPJS ketenagakerjaan di alamat url https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Klik daftar
  • Isi NPP (Nomor Pokok Perusahaan), divisi, email aktif, nomor telepon, dan nomor kartu peserta BPJS ketenagakerjaan
  • Jika data yang diberikan sudah lengkap, maka otomatis kamu sudah terdaftar dalam SIPP online BPJS ketenagakerjaan dan akun bisa langsung kamu pergunakan saat itu juga

Perlu kamu ketahui kalau satu akun SIPP online BPJS ketenagakerjaan ini bisa mengelola lebih dari satu perusahaan milikmu, tapi pastinya dengan NPP yang berbeda. Jadi kalau mau mendaftarkan perusahaan lain milikmu, kamu bisa menggunakan akun SIPP online BPJS ketenagakerjan yang sama.

Baca juga: Cara Cek BPJS Kesehatan Secara Online, Mudah Dan Praktis

Cara Menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan (sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id)

Lalu setelah selesai membuatnya, bagaimana cara kita untuk menggunakan SIPP online BPJS ketenagakerjaan dengan baik? Caranya sangat mudah karena kamu cukup mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini!

  • Buka situs https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Lakukan login dengan memasukkan email yang terdaftar dan juga password
  • Pilih perusahaan yang ingin kamu kelola datanya
  • Setelah itu kamu tinggal mengklik data tenaga kerja
  • Klik tambah untuk menambahkan peserta yang baru (karyawan kamu) lalu klik manual untuk menambah atau menginput peserta satu per satu
  • Kalau karyawanmu sudah punya BPJS ketenagakerjaan, kamu tinggal menginput nomornya, tapi kalau karyawanmu belum punya BPJS ketenagakerjaan, maka kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu
  • Setelah data-data tersebut berhasil disimpan dan diapproval oleh SIPP online BPJS ketenagakerjaan, maka kamu tinggal menggunakannya seperti untuk melihat mutasi, membuat laporan, melakukan pembayarannya, dan lain sebagainya.

Jadi mulai sekarang kamu sudah memaksimalkan penggunaan BPJS ketenagakerjaan dengan adanya SIPP online BPJS ketenagakerjaan. Semoga informasi di atas berguna untukmu Sobat!