Serba-Serbi Layanan Keuangan dan Keuntungan Yang Diberikan, Cek Di Sini Yuk!

Banyaknya jasa pinjaman uang tanpa jaminan sekarang ini ditambah lagi dengan adanya teknologi yang semakin canggih memang sangat memudahkan berbagai kebutuhan banyak orang. Ingin belanja bulanan saja, kini sudah ada layanan pesan-antar khusus untuk groceries. Jadi, kamu tak perlu repot lagi untuk keluar rumah. Hebatnya lagi, sekarang banyak pinjaman online yang semakin memudahkan akses keuangan kamu.

Jasa peminjam uang yang sedang marak sekarang ini yaitu pinjaman online atau yang biasa disebut dengan fintech. Seluruh persyaratan dan prosedur yang semula harus dilakukan dengan tatap muka pun tidak diperlukan lagi. Bahkan, wawancara kelayakan kredit kini dilakukan melalui telepon. Selain itu, proses pencairannya pun juga cukup cepat, lho!

Nah, untuk pemilihan jasa peminjam uang online kamu harus lebih cermat lagi dalam memilihnya. Karena banyak juga pinjaman online ilegal yang tersebar. Namun, kamu jangan khawatir sudah banyak juga penyedia jasa pinjaman online yang kredibel dan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk itu, TimiKimi akan membahas mengenai serba-serbi jasa peminjam uang dan keuntungannya. Simak yuk!

Serba-Serbi Layanan Keuangan dan Keuntungannya

Source: Google

Hadirnya pinjaman online tentu menjadi suatu hal yang sangat membantu bagi sejumlah orang yang memang memiliki urgensi tertentu untuk memperoleh dana dalam waktu singkat. Proses pengajuannya hanya memakan waktu 24 jam. Serta proses pencairan dana yang selesai dalam 3 hari kerja saja. Tenor yang ditawarkan pun maksimal 20 bulan. Melalui website penyedia layanan keuangan masing-masing, di sana kamu akan dapat langsung memproses pengajuan pinjaman online ini dengan jumlah yang diinginkan. Pastinya tak banyak menyita waktu terutama bagi orang-orang yang memiliki kesibukan padat.

Di samping cepat dan praktis, sebagian besar website pinjaman online pun mematok suku bunga lebih rendah daripada lembaga lembaga keuangan pada umumnya. Penetapan rating pada tingkat bunga pinjaman, disesuaikan dengan ada atau tidaknya jaminan yang diberikan kepada sang peminjam. Apabila peminjam memberikan jaminan, maka tingkat bunga bisa lebih rendah sebab adanya jaminan akan memperkecil risiko pembayaran. Bila sewaktu-waktu tidak dapat melunasi dalam jangka waktu yang ditentukan, kamu juga bisa melakukan negoisasi untuk memperpanjangnya.

Syarat pengajuan pinjaman online juga cukup mudah. Terutama pinjaman tanpa jaminan, kamu tidak perlu memberikan jaminan apapun. Meski seperti yang telah dikatakan tadi, adanya jaminan sebenarnya mampu meringankan tingkat suku bunga. Namun kalau memang tidak memilikinya, tidak akan jadi masalah. Cukup siapkan dokumen pendukung yang berkaitan dengan identitas diri saja beserta slip gaji.

Baca juga: Hati-Hati Penipuan! Kenali Pinjaman 1 Hari Cair Tanpa Jaminan Yang Aman

Jenis-jenis Pinjaman yang Bisa Kamu Ajukan

Tidak jauh berbeda dengan produk konvensional, pinjaman online juga memiliki bermacam-macam jenis. Biasanya, jenis pinjaman tersebut dibedakan berdasarkan jumlah pinjaman, jangka waktu angsuran, suku bunga, agunan dan tujuan pembiayaan. Berikut ini jenis-jenis pinjaman online diantaranya:

1. KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Source: Google

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Dengan begitu, tidak adanya jaminan yang harus diberikan kamu untuk pinjaman tersebut.

Tanpa menggunakan syarat agunan/jaminan atas kredit yang ingin diajukan, inilah solusi untuk kamu yang membutuhkan kepraktisan tingkat tinggi dalam memperoleh pinjaman. Namun, pada umumnya penyedia aplikasi atau jasa pinjaman dana online menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syarat utama pengajuan KTA.

2. KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Source: Google

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah produk pembiayaan yang membantu sekali untuk para pelaku usaha mikro atau menengah. Untuk kamu yang ingin mengajukan kredit ini, kamu harus menyertakan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Produk pinjaman ini lahir atas kebijakan pemerintah Indonesia untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mengentaskan kemiskinan. Melalui paket kebijakan pemerintah mencoba meningkatkan sumber pembiayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKM).

Ada tiga jenis KUR yang kamu harus ketahui, berikut penjelasannya:

  • KUR Mikro

KUR Mikro diperuntukkan kepada pengusaha mikro. Plafon maksimalnya Rp25 juta, tenor maksimal tiga tahun, dan pengajuan pinjaman tanpa jaminan atau agunan.

  • KUR Ritel

Jumlah besaran plafon KUR Ritel kurang lebih Rp25 juta hingga Rp500 juta. Jenis usaha menengah, dan diharuskan menyertakan jaminan atau agunan pada saat mengajukan pinjaman pada produk pinjaman ini.

  • KUR TKI

KUR TKI diperuntukkan sebagai modal awal pemberangkatan tenaga kerja Indonesia (TKI) ke negara lain. Selain itu bisa juga dijadikan modal udaha keluarga mereka di kampung halaman. Plafon maksimal Rp25 juta, dan tenor sesuai dengan kontrak kerja TKI di negara yang bersangkutan.

Baca juga: Ingin Ajukan Pinjaman Dana Jaminan KTP? Ini Pilihan Penyedianya!

3. Kredit Ultra Mikro (UMi)

Source: Google

Sobat sudah mendengar apa itu UMi? UMi merupakan produk pinjaman yang diluncurkan pada 2017 lalu. Pinjaman ini diprakarsai oleh PT Pegadaian dan PT Penanaman Modal Madani.

Plafon maksimal dari pinjaman ini adalah Rp10 juta dengan tenor maksimal 48 bulan. Calon debitur UMi adalah pengusaha-pengusaha mandiri seperti tukang bakso dan sebagainya. Setelah cicilannya lunas, maka kamu akan baru dinilai layak mendapatkan KUR. dan Pinjaman ini hanya tersedia di lembaga keuangan bukan bank konvensional.

4. Pinjaman Online

Source: Google

Seperti yang sudah TimiKimi jelaskan di atas bahwa pengajuan pinjaman di penyedia layanan online atau fintech syarat dan pengajuannya cukup mudah dan cepat. Kamu hanya perlu mendownload aplikasinya, kemudian isi data diri, dan siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk kelengkapan pengajuan pinjaman. Dengan adanya  pinjaman online tentu menjadi suatu hal yang sangat membantu bagi sejumlah orang yang memang memiliki kebutuhan tertentu untuk memperoleh dana dalam waktu singkat. Tidak heran, sekarang ini banyak yang memilih pinjaman online sebagai salah satu solusi untuk kamu yang membutuhkan dana mendesak.

5. Kredit Kendaraan Bermotor

Source: Google

Kredit Kendaraan Bermotor cocok untuk kamu yang ingin mempunyai kendaraan impianmu tanpa harus membayar tunai. Kredit Kendaraan Bermotor adalah kredit konsumer yang diberikan untuk kamu membiayai kepemilikan kendaraan roda dua atau roda empat baik dalam keadaan baru atau bekas.

6. KPR (Kredit Kepemilikan Rumah)

Source: Google

Selain kendaraan, rumah impian juga bisa kamu miliki melalui bantuan dari pinjaman KPR ini. Jasa peminjam uang menyediakan produk pinjaman KPR, ini merupakan fasilitas pinjaman bagi kamu yang ingin membeli rumah dengan cara dicicil. Biasanya dalam proses pengajuan pinjaman ini kamu akan mengisi form pemesanan rumah dari developer, setelah itu lanjut untuk melunasi DP atau uang muka.

Baca juga: Pinjaman Uang Untuk Melahirkan: Ini Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan!

Pilih Penyedia Pinjaman yang Terpercaya

Ingat ya Sobat, untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman pilihlah jasa peminjam uang online terpercaya serta kredibel, dan pastikan sudah terdaftar oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Bayar cicilan utangmu dengan tepat waktu dengan begitu kamu akan terhindar dari bunga yang akan terus berjalan.