Serba-Serbi Pinjaman Dana Online, Bisa Kamu Jadikan Alternatif Jelang Lebaran

pinjaman dana online

Aktivitas pinjaman online berbasis peer to peer (P2P lending) marak jelang lebaran 2019. Penggunaannya pun meningkat dibandingkan hari-hari biasanya. Nah, untuk kamu yang butuh dana untuk membeli tiket mudik, tetapi THR belum turun, pinjaman dana online bisa jadi pilihan.

Maraknya pinjaman dana online sekarang ini tentu sangat memudahkan masyarakat, khususnya ketika sedang membutuhkan dana darurat. Nah, di bulan Ramadhan ini, dilihat dari sisi konsumsi, masyarakat bisa memanfaatkan pinjaman online untuk pembelian berbagai kebutuhan selama bulan puasa dan juga hari raya. Misalnya, jika membeli tiket mudik pada saat THR turun, harga tiket bisa berubah semakin mahal atau malah habis.

Untuk itu, masyarakat bisa menggunakan pinjaman dana online melalui penyedia pinjaman online atau fintech dengan jangka waktu pelunasan pada saat gaji turun maupun THR cair. Selain itu, dana pinjaman tersebut juga dapat kamu manfaatkan untuk membeli kebutuhan lebaran dengan lebih nyaman.

Pinjaman Dana Online Jelang Lebara Bisa Dijadikan Alternatif

Source: Google

Untuk kamu yang membutuhkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan, momentum ramadhan dan lebaran bisa kamu jadikan keuntungan. Sebab, beberapa fintech menyediakan promo menarik walaupun promonya tidak semeriah e-commerce yang memberikan beragam diskon maupun cashback.

Baca juga: Ingin Ajukan Pinjaman Cepat Tanpa Syarat Ribet? Cek Langsung Di Sini!

Sebelum kamu mengajukan pinjaman online penting untuk kamu memperhatikan beberapa hal berikut, agar kamu tidak salah langkah dalam memilih pinjaman dana online. Di antaranya:

1. Pilih Fintech yang Terpercaya

Source: Google

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan sebelum mengajukan pinjaman online bunga rendah yaitu pilihlah pinjaman online yang terpercaya. Banyaknya penyedia pinjaman dana tunai online yang ada sekarang ini, kamu harus dituntut cermat dalam memilih platform tersebut. Banyak kasus orang-orang yang meminjam uang secara online malah terlilit bunga yang besar, diteror, karena tidak mengembalikan uang tepat waktu. Untuk itu pastikan kamu memilih layanan pinjaman online yang aman dan terpercaya.

2. Perhatikan Bunga yang Ditawarkan

Source: Google

Biasanya pinjaman online memiliki nominal yang dipinjamkan tidak terlalu besar. Seperti kebanyakan penyedia pinjaman uang, pinjaman online juga menyediakan bunga, besaran jumlah bunga masing-masing pinjaman online berbeda-beda. Peminjam diharuskan mengembalikan jumlah pinjaman yang dipinjam beserta bunganya dalam jangka waktu tertentu, biasanya satu atau dua bulan. Sebagai orang yang membutuhkan dana cepat, kamu harus memperhitungkan apakah dana yang akan kamu terima dan kamu kembalikan sebanding atau tidak.

Jangan sampai total uang pinjaman dan bunganya senilai dua kali lipat dari nominal yang akan kamu pinjam. Untuk itu, sebelum meminjam kamu perhatikan dulu besaran bunga yang diberikan.

3. Perhatikan Jangka Waktu Pengembalian Pinjaman

Source: Google

Jangka waktu pengembalian pinjaman dana online langsung cair atau tenor terbagi atas 3, yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Perlu kamu ketahui bahwa semakin panjang jatuh tempo, maka semakin besar biaya yang harus kamu bayarkan.

Saat mengajukan sejumlah uang, kamu juga harus memperhatikan lead-time pengembalian uang tersebut. Jangan sampai jangka waktu pengembalian dana tersebut tidak masuk akan atau malah jadi memberatkanmu. Uang yang kamu pinjam cukup banyak tapi jangan pengembaliannya terlalu singkat. Jangan sampai kamu malah mengajukan pinjaman untuk membayar utang di tempat lain.

Baca juga: Pilihan Pinjaman Renovasi Rumah Untuk Kamu Yang Ingin Mempercantik Hunian

4. Sudah Terdaftar di OJK

Source: Google

Sebelum mengajukan pinjaman pastikan penyedia pinjaman online yang kamu pilih sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK merupakan lembaga independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. OJK berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. Jadi, semua kegiatan penyedia pinjaman online atau fintech diawasi oleh OJK, kamu pun merasa aman menggunakan pinjaman online.

5. Perhatikan Proses Pencairan Dana

Source: Google

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa penyedia pinjaman online tersebut memiliki prosedur yang tidak berbelit-belit dalam pencairan dana. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa segera menggunakan uang tersebut untuk kebutuhanmu. Jika prosedur bertele-tele dan sulit untuk dipahami, maka lebih baik kamu mencari pinjaman ke fintech lain. Karena pada dasarnya, pencairan dana pinjaman online cukup cepat.

Keuntungan Pinjaman Dana Online

Salah satu produk finansial yang bisa dimanfaatkan saat memiliki kebutuhan mendesak adalah pinjaman. Jenisnya pun beragam, mulai dari kredit tanpa agunan, KPR, kartu kredit sampai yang terbaru adalah pinjaman online. Dalam produk pinjaman yang lebih konvensional, biasanya ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi sampai proses peminjaman selesai dan dana yang dibutuhkan cair ke tangan kamu.

Namun, bagaimana untuk kamu yang tidak punya waktu untuk pergi bank? Nah, solusinya adalah dengan menggunakan kredit atau pinjaman online. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan saat mengajukan pinjaman dana online, di antaranya:

1. Proses Cepat, Lebih Hemat Waktu

Kehadiran teknologi memang sudah seharusnya memudahkan segala macam urusan, termasuk mengajukan pinjaman. Keuntungan utama dari pinjaman online adalah kamu tidak perlu menyediakan waktu untuk pergi ke bank. Kamu pun bisa mengajukan pinjaman secara online di sela-sela waktu istirahat atau saat melakukan kegiatan lainnya. Semua bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop saja, tanpa harus berpindah tempat.

2. Dapat menjaga Cash Flow Lebih Teratur

Kredit online juga bisa diandalkan pada saat kamu memiliki kebutuhan khusus atau mendesak seperti biaya rumah sakit, renovasi rumah, dan sebagainya. Kamu bisa dengan mudah mengajukan pinjaman uang secara online, selain syaratnya yang mudah prosesnya pun cukup cepat. Sehingga untuk kamu yang membutuhkan dana tunai secepatnya pinjaman online bisa jadi solusi yang tepat untuk kamu. Selain itu, kamu juga bisa memilih pengembalian pinjaman sesuai dengan waktu yang kamu butuhkan.

3. Variasi produk kredit online

Inilah salah satu keunggulan yang tidak bisa ditawarkan oleh bank konvensional. Kamu akan dihadapkan oleh beragam produk kredit online dan bisa membandingkannya dengan produk lainnya. Dengan cara ini kebutuhan kredit online kamu bisa lebih disesuaikan dengan produk yang tersedia.

Baca juga: Tips Dan Trik Memilih Pinjaman Online Terbaik Yang Aman

Dalam memilih pinjaman online, sebaiknya kamu juga mengetahui benefit yang ditawarkan oleh berbagai macam produk tersebut. Cara ini bisa membuat kamu melakukan filter terhadap produk yang tersedia dan mendapatkan pinjaman online yang terbaik.

4. Spesifikasi yang komplit

Kelengkapan informasi yang ada pada pinjaman online tentunya menjadi poin penting untuk mendapatkan kepercayaan agar calon nasabah bersedia untuk mengajukan pinjaman online. Oleh karena itu, penyedia pinjaman online atau fintech yang menawarkan kredit online ini semaksimal mungkin menghadirkan spesifikasi produk keuangan secara lengkap, baik melalui aplikasi, maupun situsnya langsung. Hal ini juga didukung dengan layanan pelanggan yang bisa dihubungi kapan saja dengan solusi yang mencerahkan.

Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

Pinjaman uang online tanpa jaminan hadir sebagai solusi keuangan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kebutuhan baik itu mendesak ataupun tidak. Prosesnya pun terbilang singkat sehingga solusi bisa dihadirkan dengan cara yang lebih efektif. Selain itu, tingkat keamanannya pun sudah terjamin sehingga kamu tidak perlu ragu untuk melakukan pinjaman online.