Siapa bilang Jakarta tidak memiliki tempat menyenangkan untuk liburan?

 

Bagi sebagian orang, utamanya masyarakat kota Jakarta, liburan seringkali menjadi agenda utama yang selalu ditunda-tunda. Apa lagi kalau bukan perkara waktu? Rutinitas yang padat serta kondisi lalu lintas yang juga menyita banyak waktu. Selain itu, biaya juga menjadi kendala. Tiket pesawat, reservasi hotel dan kebutuhan akomodasi lainnya yang jika dikalkulasikan bisa mencapai angka jutaan untuk setiap orangnya.

 

Nah, untuk kamu yang berdomisili di Jakarta, kali ini TimiKimi akan membahas destinasi liburan di Ibu Kota yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Selain bisa menghemat waktu, tentunya kamu juga akan menghemat banyak biaya. Apa aja sih? Baca ulasan berikut yuk.

 

Taman Impian Jaya Ancol

Siapa yang tidak tahu dengan destinasi wisata yang satu ini? Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu lokasi wisata yang paling digemari oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Berlokasi di Jalan Lodan Timur No. 7, RW 10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Taman Impian Jaya Ancol menyajikan beraneka wahana dengan beragam keseruan yang tentunya akan sangat menarik untuk dikunjungi secara satu persatu.

 

Selain pantai dan taman bermain, lokasi wisata yang satu ini setidaknya memiliki 5 wahana yang tidak boleh kamu lewatkan.

Jika kamu senang menghabiskan waktu dengan menaiki beragam permainan dengan suasana outdoor, maka Dunia Fantasi bisa menjadi pilihan kamu. Dunia Fantasi merupakan pusat rekreasi outdoor dan menjadi kawasan edutainment fisika terbesar di Indonesia dengan wahana permainan berteknologi tinggi. Wahana yang biasa disingkat dengan sebutan Dufan ini setidaknya memiliki sekitar 22 wahana permainan yang bisa kamu jelajahi seharian. Mulai dari komidi putar, Bianglala, Kora-kora, Hysteria, Kicir-kicir, Tornado, Istana Boneka, Happy Feet hingga Halilintar.

Tidak nyaman dengan wahana outdoor? maka tempat wisata dengan konsep edukasi dunia bawah laut ini bisa menjadi pilihan kamu bersama keluarga. Utamanya jika kamu ingin membawa anak-anak dengan kisaran usia 4 hingga 12 tahun, Sea World akan sangat cocok karena mengusung tema edukasi dengan konservasi biota laut. Berbagai macam jenis ikan dan spesies laut hidup dalam akuarium raksasa sehingga kamu bisa dengan leluasa menikmati keindahan alam bawah laut melalui terowongan unik.

Harga Tiket Masuk Ancol | Ancol Jakarta | Taman Impian Jaya Ancol | Ocean Dream Samudera

Gelanggang Samudera merupakan wahana lain yang juga bisa kamu temukan jika mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol. Atraksi lumba-lumba yang sangat lincah dan cerdas bisa kamu saksikan disini Sobat. Selain menyaksikan pertunjukkan, kamu juga berinteraksi dan berfoto bersama dengan lumba-lumba lho. Selain lumba-lumba, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukkan dari satwa lain seperti singa laut, burung kakatua dan lain sebagainya.

Selain wahana permainan dan pertunjukkan, Taman Impian Jaya Ancol juga memberikan fasilitas untuk kamu yang senang dengan wisata air. Atlantis Water Adventure bisa menjadi pilihan kamu karena disini kamu bisa menaiki Crazy Water Slide dengan ketinggian 18,6 meter dan 22,8 meter dan panjang lintasan 122 meter dan 149 meter.

Wahana terakhir yang juga bisa menjadi pilihan kamu saat mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol adalah Ocean Ecopark. Wahana yang satu ini memiliki arena permainan meliputi Outbound, Rumah Energy, Kano, Rumah Lebah, Learning Farm dan wahana seru lainnya.

 

Ice Skating Sky Rink

Sensasi yang berbeda akan kamu temukan jika kamu mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Ice Skating Sky Rink berlokasi di Mall Taman Anggrek, Lantai 3, Jakarta Barat. Disini kamu bisa bermain Ice Skating dengan temperatur yang begitu dingin dan fasilitas yang dibutuhkan pun tersedia di tempat ini. Mulai dari sarung tangan hingga kaus kaki.

 

Planetarium Jakarta

Objek wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Cikini Raya no 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Dengan mengunjungi Planetarium, kamu akan diajak menjelajahi ruang angkasa luar dengan taburan bintang dan planet.

Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, kamu bisa menikmati suasana yang berbeda sekaligus belajar tentang alam semesta, khususnya benda-benda langit yang mempesona.

 

Kidzania Jakarta

Berlokasi di jalan Jenderal Sudirman No. 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Kidzania hadir sebagai pusat hiburan anak-anak dengan konsep edutainment yang menarik. Disini anak-anak bisa belajar mengenai berbagai macam profesi dengan memerankannya secara langsung seolah-olah mereka benar-benar sedang menjalani profesi tersebut. Kidzania terdiri dari miniatur kota yang menyerupai rumah sakit, kantor polisi, pemadam kebakaran dan lain sebagainya.

 

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan terletak di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di sini, kamu bisa menemukan lebih dari 2.000 ekor satwa dari berbagai macam spesies. Selain ragam satwa yang cukup banyak, di tempat ini kamu juga bisa menyaksikan wisata hutan tropis mini dengan lebih dari 50.000 koleksi tumbuhan. Selain itu juga terdapat wahana-wahana lain seperti Taman Refleksi, Pusat Primata Schmutzer dan Taman Satwa Anak.

 

Kampung Main Cipulir

Jika kamu ingin berlibur ke objek wisata dengan suasana pedesaan, maka Kampung Main Cipulir bisa menjadi pilihan kamu. Kampung Main Cipulir berlokasi di Jl. Masjid Cidodol, Gg. H. Sairi No. 1A, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 3,5 hektar, kamu bisa menjelajahi kawasan wisata yang asri dan melakukan kegiatan liburan yang menyenangkan. Mulai dari berkuda, outbound, flying fox, ATV, berenang, futsal, trampoline dll.  Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap sehingga kamu bisa menikmati liburan dengan suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan.

 

Bumi Perkemahan Cibubur

Lahan seluas 210 hektar ini dikenal sebagai Bumi Perkemahan Cibubur dan berlokasi di Jl. Bumi Perkemahan, Cibubur, Jakarta. Fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini pun cukup lengkap, mulai dari kolam renang, kawasan hutan wisata, danau, tempat ibadah untuk 5 agama, toilet, cafetaria, taman lalu lintas, dll.

Selain difungsikan sebagai bumi perkemahan, di kawasan wisata Cibubur juga terdapat lapangan terbang dengan landasan pacu 1000 meter yang digunakan untuk latihan dan olahraga kedirgantaraan. Objek wisata ini dapat menampung sekitar 20 ribu orang dan seringkali sebagai tempat penyelenggaraan Jambore Nasional yang setiap tahunnya rutin diadakan.

 

Wisata Alam Angke Kapuk

Wisata Alam Angke Kapuk bisa menjadi solusi untuk kamu yang jenuh dengan padatnya suasana perkotaan. Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 99,82 hektar kamu akan diajak menikmati suasana alam yang asri dengan rindangnya hutan mangrove yang hijau. Objek wisata yang satu ini berlokasi di Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Jika kamu mengunjungi objek wisata yang satu ini, kamu akan menemukan bangunan yang difungsikan sebagai area restoran dan juga penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam. Selain itu kamu juga bisa menyewa perahu dan mengelilingi kawasan hutan mangrove.

 

Kampoeng Cina Jakarta

Kampoeng Cina merupakan bagian dari Kampoeng Wisata, yang di dalamnya terdapat empat kampung yaitu Kampoeng Indonesia, Kampoeng Cina, Kampoeng Amerika dan Kampoeng Jepang.  Namun diantara keempat tema kampung yang ada, Kampoeng Cina-lah yang saat ini masih banyak diminati oleh wisatawan.

Bangunan unik dengan gaya arsitektur Cina menjadi pemandangan yang menarik sehingga bisa jadi spot foto yang menawan. Jika kamu ingin mengunjungi objek wisata ini, Kampoeng Cina berlokasi di Kompleks perumahan Kota Wisata Cibubur, Jakarta.

 

Museum Fatahillah Jakarta

Museum ini juga dikenal dengan sebutan Museum Batavia atau Museum Sejarah Jakarta. Berlokasi di Jl. Taman Fatahillah No. 2, Jakarta, museum ini memiliki berbagai koleksi sejarah yang bisa kamu temui. Diantaranya Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Jayakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Sultan Agung dan Ruang MH. Thamrin. Selain itu kamu juga akan menemukan benda bersejarah seperti mebel antik dari abad ke-17, hingga yang paling populer adalah meriam si Jagur yang dipercaya memiliki kekuatan magis.

 

Nah Sobat, itu dia 10 destinasi liburan di Jakarta yang bisa kamu nikmati bersama dengan keluarga atau orang-orang terdekat. Liburan tidak harus ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, bukan? Jika di sekitar kita masih memiliki tempat-tempat yang menyenangkan, kenapa harus mengunjungi tempat lain yang lebih jauh dan mahal?

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari