Siasati Pengeluaran Membengkak, Ini 5 Persiapan Menghemat Budget Natal

Ingin merayakan Natal dengan meriah tapi takut isi dompet langsung kempes? Kamu butuh persiapan yang matang untuk menghemat budget agar perayaan Natalmu tidak membuat pengeluaran membengkak. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di sini!

Perayaan Natal tinggal menghitung hari. Sudah seberapa jauh persiapan yang kamu lakukan? Biasanya persiapan Natal akan dilakukan paling tidak satu minggu sebelum perayaan berlangsung. Berhubung perayaan Natal adalah hari besar dan hanya berlangsung satu tahun sekali, maka orang-orang akan menyambutnya dengan meriah dengan mengadakan jamuan Natal. Bukan hal yang asing lagi kalau setelah perayaan Natal, isi dompet langsung kempes karena ada banyak sekali keperluan Natal yang harus dibeli dan dipersiapkan, mulai dari baju baru, hiasan Natal, kado Natal, hingga makanan untuk jamuan makan.

Keadaan seperti ini harus kamu antisipasi agar nantinya tidak budget tidak membengkak dan berujung pada penyesalan yang terlambat di kemudian hari karena terjadi besar pasak daripada tiang. Oleh karena itu, dibutuhkan trik cerdas agar nantinya kamu bisa mempersiapkan Natal dengan budget yang hemat tapi tetap bisa merayakannya dengan meriah. Coba cek dulu persiapan yang harus kamu lakukan di bawah ini!

1. Buat Daftar List Belanjaan Natal

Membuat Daftar List Belanjaan (Sumber: www.privateproperty.co.za)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar list belanjaan Natal terlebih dahulu. Apa saja yang perlu dibeli dan buat rincian harganya secara mendetail. Kita terkadang malas meluangkan waktu untuk membuat rincian harga belanjaan Natal dan langsung pergi berbelanja tanpa adanya persiapan terlebih dahulu. Padahal, jika kamu melakukan hal tersebut, bukan hal yang asing lagi kalau nantinya tiba-tiba total belanjaan membengkak dan melebihi budget.

Baca Juga : 5 Tempat Pinjaman Uang Cepat Tanpa Syarat Yang Ribet

Selain itu, dengan membuat daftar list belanjaan Natal, maka kamu bisa mengontrol keinginan impulsif ketika berbelanja karena sudah pasti menjelang Natal akan ada banyak godaan promo dan diskon yang ditawarkan. Daftar list belanjaan ini yang wajib dibuat adalah belanjaan jamuan makan dan kado Natal.

2. Memasak Jamuan Natal Bersama Keluarga

Mempersiapkan Jamuan Natal (Sumber: kansaslivingmagazine.com)

Perayaan Natal selalu dirayakan bersama dengan keluarga besar. Jadi sudah pasti jamuan makannya harus kamu persiapkan dalam porsi yang banyak. Tak sedikit orang yang ingin mencari jalan pintas dan tidak ingin capek dengan memesan menu makanan untuk keluarga ketika Natal. Padahal, budget yang dikeluarkan sudah pasti akan membengkak dan membuat dompet kamu langsung kempes. Untuk menyikapinya, lebih baik kamu memasak jamuan Natal dengan mengajak anggota keluarga. Dengan begitu, kamu juga bisa mempererat hubungan kekeluargaan.

Pilih menu makanan dan minuman yang mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Misalkan saja ayam panggang, salad, sayur tumisan, hingga olahan seafood. Untuk minumnya, siapkan saja koktail atau es buah dalam wadah besar. Lalu untuk cake Natal dan kue kering bagaimana? Untuk membuat cake Natal dan kue kering memang membutuhkan waktu yang lama sehingga kamu boleh membelinya. Cari kerabat atau teman yang menjual cake dan kue kering supaya kamu bisa mendapatkan potongan harga.

3. Cari Kado Natal dengan Memanfaatkan Diskon

Membeli Kado Natal Secara Online (Sumber: ramseysolutions.net)

Bagi anak-anak, kado Natal adalah hal yang paling dinanti-nanti. Oleh karena itu, kamu pasti harus menyiapkan budget khusus untuk membeli kado Natal untuk keluarga, terutama untuk anggota keluarga yang masih berusia anak-anak. Untuk menghemat budget, cari tempat yang memberikan diskon Natal dengan harga miring. Disarankan agar kamu lebih memilih untuk membeli kado Natal secara online dibanding datang ke toko atau pusat perbelanjaan karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah.

Cek beberapa toko online atau e-commerce ternama dan terpercaya seperti Lazada.co.id, Bukalapak.com, Tokopedia.com, BliBli.com, Shopee.co.id, dan JD.id. Dengan mengecek beberapa toko online, maka kamu bisa membuat perbandingan harga supaya nantinya kamu bisa mendapatkan penawaran yang menguntungkan lagi. Selain itu dengan berbelanja online, kamu juga bisa menghemat budget transportasi yang harus dikeluarkan ketika membeli kado Natal di pusat perbelanjaan.

Baca Juga : Tips Dan Trik Agar Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair

4. Daur Ulang Pohon Natal dan Buat Sendiri Ornamen Hiasan Natal

Pohon Natal dari Buku (Sumber: Organics.org)

Merayakan Natal rasanya tidak akan lengkap jika tidak ada pohon Natal dan ornamen hiasannya. Jika masih ada pohon Natal tahun lalu, kamu tak perlu membeli yang baru karena seperti yang kamu ketahui, harga pohon Natal ini bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Tapi kalau kelihatan lusuh dan kusam bagaimana? Tenang saja, kamu bisa membuatnya tampil lebih kece kembali dengan memberikan ornamen hiasan Natal yang meriah.

Untuk ornamen hiasan Natal yang meriah tidak perlu yang mahal karena kamu bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang ada di dalam rumah seperti lampu bekas, spatula kayu, hingga barang-barang yang sudah tidak terpakai. Bingung ingin membuat ornamen hiasan Natal seperti apa? Kamu bisa searching tutorial membuat ornamen hiasan Natal di Google.com, Youtube.com, atau Pinterest.com dengan keyword DIY christmas decoration.

Lantas bagaimana kalau pohon Natal yang lama sudah tidak ada? Pohon Natal bukan berarti harus terbuat dari pohon cemara asli atau artificial, tapi kamu juga bisa membuatnya sendiri dari baran-barang di rumah. Misalkan saja, manfaatkan buku-buku yang ada di rumah dan tumpuk hingga membentuk pohon dan lilit sekelilingnya dengan hiasan lampu kerlap-kerlip. Pohon Natal dari buku ini akan terlihat unik dan menjadi spot foto favorit keluargamu.

5. Mix and Match Baju Lama

Mix And Match Baju Lama untuk Natal (Sumber: Google.com)

Tampil menawan ketika perayaan Natal memang diinginkan semua orang. Oleh karena itu, mereka akan membeli baju baru untuk merayakan Natal. Baju yang dibeli pun tak hanya satu. Biasanya ada dua baju yang dibeli yakni baju untuk ibadah Misa Natal dan baju untuk menghadiri jamuan Natal bersama dengan keluarga. Tak perlu membeli baju Natal karena kamu bisa melakukan mix and match baju lama. Agar tampilan jadi berbeda dan tidak terlihat seperti baju lama, maka kamu bisa menambahkan beberapa aksesoris tambahan.

Baca Juga : Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Bisa Dimanfaatkan Untuk 7 Hal Ini

Untuk perempuan, kamu bisa menambahkan kalung dan anting atau bisa juga kamu menambahkan outwear. Sedangkan untuk laki-laki, tambahkan saja vest, sabuk, dasi, atau sweater yang dipadukan dengan kemeja lama. Dengan menambahkan beberapa detail tersebut, maka tampilanmu akan terlihat menawan meski menggunakan baju lama.

Selalu Sesuaikan Keinginan dengan Kemampuan Finansial

Membuat Daftar List Belanjaan (Sumber: moneytips.worldnow.com)

Godaan saat akan mempersiapkan perayaan Natal memang sangat banyak dan kamu harus menahan diri dari keinginan-keinginan tersebut. Jika budget Natal sudah ditentukan, maka jangan sampai kamu terlena dan tergiur sehingga membeli keperluan Natal diluar dari daftar list belanjaan. Untuk menyikapi terjadinya keperluan tambahan yang tidak terduga, maka kamu harus menyiapkan dana darurat setidaknya 10-15% yang diambil dari bugdet anggaran persiapan Natal.

Misalkan saja budget untuk merayakan Natal adalah Rp 5.000.000, maka kamu harus menyisihkan terlebih dahulu Rp 500.000 – Rp 750.000. Setelah menyisihkan dana darurat, barulah kamu bisa mengalokasikan sisa dana tersebut untuk keperluan pos-pos anggaran lain yang dibuat dalam daftar list belanjaan Natal.

Bagaimana menurut kamu? Apakah kelima persiapan di atas bisa berguna untukmu nanti? Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa menghemat budget Natal dengan baik.