Mendengar banyak masyarakat yang menggunakan BPJS Kesehatan bahkan sampai pihak BPJS menunggak pembayaran mereka ke sejumlah rumah sakit. Penunggakan ini menjadi bukti bahwa masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum memiliki standar hidup sehat. Sehat atau tidaknya masyarakat di suatu negara dipengaruhi beragam factor seperti pendapatan, tingkat pendsisikan, angka kelahiran, dan factor lainnya. Jika sudah begini, negara mana yang bisa dikatakan paling sehat?

WHO sudah merilis daftar negara berdasarkan tingkat kesehatan penduduknya. Tahukah kamu Indonesia masuk peringkat berapa dalam indeks kesehatan global? Indonesia menduduki peringkat ke 101 dari 149 negara pada tahun 2017 lalu. Tentunya negara kita tercinta ini kalah dari Malaysia, Thailand, Laos, dan Vietnam dari factor kesehatan. Selain Indonesia yang masuk ke dalam daftar rendah, negara-negara yang didera perang juga masuk dalam katagori kesehatan terendah.

Namun Indonesia tidak dalam masa perang dan sudah merdeka. Lalu apa yang menyebabkan Indonesia masuk dalam katagori rendah dalah kesehatan? Indeks dari The Legatum Prosperity pada tahun 2017 lalu didasarkan pada kesehatan fisik, mental, infrastruktur kesehatan, dan perawatan guna pencegahan bebagai wabah/penyakit. Jika dibandingkan dengan negara lain, sebagai contoh Singapura, posisi Indonesia sangatlah jauh. Negara seluas DKI Jakarta ini menduduki posisi kedua terbaik dari segi kesehatannya. Hal ini menjadi tanda bahwa Indonesia belum bisa dikatagorikan dalam standar kesehatan internasional.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan Indonesia masih belum bisa masuk ke dalam indeks standar kesehatan internasional? TimiKimi tahu alasannya nih Sobat TunaiKita.

 

Pada pertengahan Januari 2017 lalu, Sun Life Financial Asia melakukan survey di beberapa negara seperti Indonesia, Hongkong, Malaysia, Filipina, dan Vietnam. Dalam survey tesebut, responden Indonesia menyebutkan enam hal yang menjadi kendala utama mereka dalam menjalani hidup sehat yaitu:

44% waktu yang kurang akibat pekerjaan

36% distraksi

35% besarnya biaya hidup sehat

52% tidak rutin berolahraga

31% selalu kurang tidur dari 6 jam/hari

28% selalu mengkonsumsi makanan tidak sehat

Faktor-faktor ini yang menyebabkan masyarakat Indonesia dilanda penyakit dan tidak masuk ke dalam standar kesehatan internasional. Jadi jawabannya adalah Indonesia belum bisa masuk ke dalam standar kesehatan internasional. Mulailah hidup sehat untuk kehidupan yang lebih baik ya Sobat TunaiKita. Ingat saja bahwa sakit itu tidak enak lho!

 

Penulis: Melati Maha