Syarat dan Ketentuan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil, Simak Baik-baik Ya!

pinjaman uang yang bisa dicicil

Meski kita sudah mengalokasikan dana untuk beberapa kebutuhan, tapi terkadang ada saat di mana kebutuhan mendadak tiba-tiba muncul dan butuh dana cepat. Oleh karena itu, pinjaman uang yang bisa dicicil menjadi pilihannya. Tapi sebelum mengajukan pinjaman, ada syarat dan ketentuan yang perlu kamu simak terlebih dahulu di sini!

Hampir sebagian besar masyarakat di dunia ini pasti pernah mengajukan pinjaman dana, baik itu kepada orang terdekat seperti teman atau saudara. Maupun kepada bank, lembaga peminjaman, hingga perusahaan fintech. Alasan utama orang mengajukan pinjaman adalah karena tidak memiliki dana yang mencukupi di tabungan mereka. Secara di era yang sudah semakin maju ini, masyarakat cenderung memiliki perilaku boros karena semua bisa dengan mudah didapat dengan cara online.

Inilah yang menyebabkan seringnya terjadi besar pasak dibanding tiang alias lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Alasan lain orang mengajukan pinjaman adalah karena sedang dalam kebutuhan yang sangat terdesak seperti ada keluarga yang masuk rumah sakit dan harus segera dioperasi, terjadi kecelakaan sehingga kendaraan harus masuk bengkel, dan lain sebagainya. Jika sudah dalam keadaan darurat seperti ini, pastinya mau tak mau kita akan mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil.

Syarat dan Ketentuan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil

Membaca Ketentuan (Sumber: www.nerdwallet.com)

Tapi perlu Sobat ketahui kalau sebelum kamu mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil, ada syarat dan ketentuan yan harus diketahui terlebih dahulu, yaitu:

1. Identitas Diri

Syarat yang pertama adalah kamu wajib memiliki identitas diri yakni KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang menunjukkan kalau kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI) karena hampir sebagian besar penyedia pinjaman uang yang bisa dicicil ini mensyaratkan status sebagai WNI. Tapi ada juga penyedia yang membolehkan Warga Negara Asing (WNA) untuk mengajukan pinjaman dengan mensyaratkan KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas).

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa BI Checking, Memangnya Ada?

2. Ketahui Batas Usia Minimum dan Maksimum

Ambil Pinjaman Online (www.telegraph.co.uk)

Meski sudah memiliki KTP, tapi pada kenyataannya penyedia pinjaman uang yang bisa dicicil ini juga memberikan ketentuan batas usia minimum dan maksimum peminjam. Untuk batas minimum usia 21 tahun karena di usia tersebut peminjam sudah ada yang bekerja. Sedangkan untuk batas maksimum usia peminjam adalah 55 tahun atau 60 tahun karena pada usia tersebut orang sudah banyak yang pensiun sehingga tidak ditakutkan tidak bisa membayar cicilan tepat waktu.

3. NPWP

Syarat dan ketentuan selanjutnya adalah memiliki NPWP alias Nomor Pokok Wajib Pajak. Dengan memiliki NPWP tandanya kamu merupakan wajib pajak yang baik sehingga kecil kemungkinan untuk menunggak pembayaran cicilan. Fungsi NPWP bagi pihak penyedia adalah supaya mereka bisa melihat berapa nominal penghasilanmu saat ini dari pembayaran pajak penghasilan yang kamu miliki.

Ditambah lagi peraturan syarat NPWP ini sudah diatur langsung oleh regulator yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mewajibkan setiap calon nasabah yang akan mengajukan kredit diharuskan untuk memiliki NPWP dalam proses pendaftarannya.

4. Memiliki Penghasilan Tetap

Uang Muka (ediaindonesia.com)

Bagi siapapun yang ingin mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil, kamu haruslah memiliki penghasilan tetap. Penghasilan tetap ini bisa berarti statusmu saat ini adalah sebagai karyawan, wiraswasta, atau profesional. Dengan adanya penghasilan tetap maka kamu bisa membayar cicilan tepat waktu tanpa menunggak.

5. Slip Gaji Asli

Untuk membuktikan kalau kamu memiliki penghasilan tetap, biasanya penyedia pinjaman uang yang bisa dicicil akan mensyaratkan slip gaji asli bagi yang berstatus karyawan. Tapi bagi yang berstatus wirausaha atau profesional, kamu bisa memberikan laporan keuangan selama 3 bulan terakhir supaya pihak penyedia pinjaman bisa melihat bagaimana kondisi keuanganmu saat ini.

6. Memiliki Rekening Tabungan

Buku Tabungan (uangindonesia.com)

Kamu juga harus memiliki rekening tabungan sendiri. Alasannya adalah supaya memudahkan proses pencairan dana yang akan ditransfer langsung melalui rekening tabunganmu. Selain itu dengan memiliki rekening tabungan, kamu juga bisa lebih mudah saat melakukan pembayaran cicilan per bulannya. Ada beberapa penyedia yang mensyaratkan rekening bank tertentu karena mereka memiliki hubungan kerjasama dengan bank tersebut. Jadi pastikan untuk bertanya dengan pasti bank apa yang digunakan oleh penyedia pinjaman.

Baca juga: 5 Tempat Pinjaman Mudah Yang Bisa Jadi Andalan Saat Terdesak Butuh Dana

7. Rekening Koran

Kalau sudah memiliki rekening tabungan pribadi, kamu harus meminta rekening koran kepada pihak bank terkait. Buat kamu yang belum tahu rekening koran, TimiKimi akan menjelaskannya kepadamu. Rekening koran merupakan laporan semua transaksi yang ada pada rekening tabunganmu, mulai dari dana yang masuk hingga dana yang keluar. Biasanya penyedia pinjaman akan meminta rekening koran selama 3 bulan terakhir.

8. Kartu Kredit Aktif

Syarat dan ketentuan terakhir yang ada pada pinjaman uang yang bisa dicicil adalah memiliki kartu kredit aktif minimal 1 tahun. Tujuan dari adanya syarat ini adalah supaya penyedia pinjaman bisa melihat sejauh mana kamu bisa menepati pembayaran cicilan yang bisa dilihat melalui catatan penggunaan kartu kredit milikmu. Syarat kartu kredit aktif ini biasanya diminta oleh penyedia pinjaman bank. Sedangkan untuk penyedia pinjaman online seperti perusahaan fintech tidak meminta syarat adanya kepemilikan kartu kredit aktif.

Ajukan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil Cukup dengan Tiga Syarat Saja

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Tak mau repot dengan syarat dan ketentuan yang banyak? Tenang saja Sobat! Ada pinjaman uang yang bisa dicicil cukup dengan tiga syarat saja yakni KTP, NPWP, dan rekening bank lokal. Memangnya di mana tempatnya? Kamu bisa mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil melalui TunaiKita. TunaiKita adalah aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sehingga keamanannya sudah pasti terjamin. Mulai dari proses pengajuan, pencairan, pembayaran, hingga penagihannya diawasi oleh OJK.

Baca juga: Cara Ajukan Pinjaman Pribadi Tanpa Syarat Yang Ribet Dan Pilihan Penyedianya

TunaiKita memberikan pinjaman dana mulai mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan masa tenor pinjaman mencapai 180 hari (6 bulan). Untuk cara pengajuannya sangatlah mudah karena kamu cukup mendownload aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore. Setelah itu, lakukan registrasi dan login ke dalam aplikasi TunaiKita. Nantinya kamu tinggal mengajukan nominal pinjaman beserta dengan jangka waktu yang diinginkan. Kalau sudah dilakukan, maka lengkapi dokumen yang disyaratkan dan klik ajukan.

Semua proses pengajuan yang ada pada aplikasi memang sengaja dibuat semudah mungkin supaya kamu tidak bingung saat mengajukannya. Untuk proses pencairan dana pinjaman, jika pengajuan diterima, kamu bisa langsung mendapatkannya dalam jangka waktu 1-3 hari kerja saja. Dana yang sudah cair akan langsung ditransfer ke rekening tabungan bank lokal yang kamu miliki seperti Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, Bank Danamon, BCA, BRI, dan BNI.

Tapi ingat ya Sobat! Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan untuk melakukan perhitungan dengan matang dan lihat lagi kondisi keuangan. Seberapa jauh kamu bisa membayar cicilan bulanan. Dengan begitu, cicilan hutang pinjaman bisa dibayarkan tepat waktu hingga lunas. Selamat mengajukan pinjaman Sobat!