Everything begins with an idea. Mungkin kutipan dari Earl Nightengale ini akan cocok dengan ulasan TimiKimi kali ini.

Tidak sedikit dari kita yang sering menyepelekan sebuah ide. Kita lupa bahwa tidak ada satupun ide yang tidak akan menghasilkan apa-apa. Nah, di artikel kali ini TimiKimi akan membahas tentang ide-ide bisnis nyeleneh tapi unik yang bisa meraup keuntungan fantastis.

 

Salah satu rahasia suksesnya sebuah bisnis adalah, ide unik di balik bisnis itu sendiri. Semakin unik ide bisnis yang kamu jalani, maka akan semakin mudah menarik perhatian pasar. Banyak yang mengatakan, buatlah bisnis yang bisa memenuhi kebutuhan orang lain. Akan tetapi, tidak semua kebutuhan terpikirkan hingga fitur tersebut diciptakan.

 

Apakah pernah terpikirkan tentang fitur-fitur aneh yang sebenarnya jika dipikirkan ulang, kita membutuhkannya. Nah, berikut TimiKimi akan menjabarkan beberapa ide bisnis yang nyeleneh dan tidak pernah terpikirkan tapi ternyata bisa memperoleh keuntungan yang besar. Apa aja sih? Yuk simak ulasan berikut.

 

Kacamata Binatang

Di saat kamu sedang berada di bawah terik matahari, mungkin kamu bisa langsung menggunakan kacamata pelindung untuk menghindari silau. Sebagai manusia bukankah ini merupakan benda yang wajar untuk digunakan? Tapi bagaimana jika ternyata hewan juga merasakan hal yang sama?

Roni Di Lullo, pengusaha kaya yang mengawali bisnisnya dari kegemarannya mendandani anjing peliharaannya. Di Lullo menciptakan kacamata khusus anjing yang ia beri nama dengan Doggles. Kacamata ini terinspirasi dari anjing peliharaannya yang tidak pernah bisa mengambil atau menangkap frisbee karena mata anjingnya mengalami kerusakan karena terkena paparan terik matahari.

Sebelum memutuskan membuat kacamata khusus untuk peliharaannya, Di Lullo sudah pernah mencoba memasangkan kacamata biasa tapi tidak pernah menemukan yang sesuai dengan bentuk wajah peliharaannya. Itu kenapa dia membuat kacamata khusus untuk anjing.

Tidak disangka-disangka, kacamata buatannya berhasil menarik minat banyak orang yang juga memiliki hewan peliharaan. Akhirnya Di Lullo membuat Doggles dalam berbagai ukuran dan bentuk agar dapat dikenakan anjing jenis apa pun. Selain itu, kacamata buatannya dirancang agar tidak mudah pecah, anti embun dan anti sinar ultraviolet. Dia juga menambahkan tali berbahan elastis agar kacamata bisa dikaitkan di dagu anjing dan tidak mudah lepas saat dikenakan.

 

Pelatihan Kucing ke Toilet

Jika kamu senang memelihara kucing, mungkin kamu pernah merasa kesulitan membersihkan kotoran hewan menggemaskan yang satu ini.

Masalah inilah yang berhasil diatasi oleh Rebecca Rescate. Rescate seorang pecinta kucing yang mulai merasa terganggu saat peliharaannya buang air di sembarang tempat. Maka Rescate memutar otak mencari cara untuk mengatasi permasalahan ini. Alhasil, dia mencoba berbagai cara untuk membiasakan kucing peliharaannya buang kotoran di toilet.

Meski tidak langsung berhasil dengan seluruh metodenya, akhirnya Rescate menemukan cara sederhana untuk melatih kucingnya. Tidak tanggung-tanggung, metode yang ditemukannya berubah menjadi peluang bisnis yang berhasil meraup omzet miliaran rupiah.

CityKity, merupakan perlengkapan pelatihan toilet untuk kucing peliharaan yang diciptakan oleh perempuan asal Philadelpia ini. Perlengkapan ini berupa alas yang ditempatkan di tepi toilet. Pada awal penjualan, CityKity dijual seharga US$ 24,9 atau Rp 300 ribu (dengan kurs Rp 12.000). Kamu bisa menemukan alat pelatihan kucing ini di ribuan toko di Amerika Serikat atau di berbagai e-commerce lokal.

 

Sewa Teman atau Pacar

Terinspirasi dari film  A bride for Rip Van Winkle yang rilis pada tahun 2016 ini, Jepang mendirikan perusahaan yang menerima jasa menyewakan teman atau pasangan. Perusahaan ini diberi nama Family Romance. Melalui situs resmi mereka, calon penyewa bisa memilih teman sewaan berdasarkan kriteria yang mereka inginkan.

Kategori dan kalangan dari teman sewaan ini juga beragam. Mulai dari kalangan biasa hingga kalangan selebriti. Jika kamu menyewa dari kalangan biasa,, biaya yang harus kamu keluarkan sekitar US$ 71 atau Rp 947 ribu (kurs 1 US$ = Rp 13 ribu) per orang selama dua jam. Sedangkan jika orang yang kamu sewa seorang aktor, biayanya melonjak jadi Rp 2,3 juta per dua jam.

Lalu, apakah Indonesia juga memiliki jenis bisnis seperti ini? Ternyata di Indonesia, jasa penyewaan teman seperti ini sudah bermunculan sejak beberapa tahun belakangan. Salah satunya Partnered-Up yang diusung oleh Irfan, alumnus Institut Pertanian Stiper Yogyakarta. Di sini kamu bisa menyewa partner atau rekan untuk acara wisuda. Dari bisnis ini, Irfan berhasil mengumpulkan pendapatan ratusan ribu setiap harinya.

 

Event Organizing Pernikahan Keliling

Menyelenggarakan pernikahan di gedung sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian orang. Lalu bagaimana dengan pernikahan keliling?

Wedding Wagon merupakan perusahaan berasal dari Amerika Serikat yang mengusung konsep pernikahan keliling. Wedding Wagon mewadahi pernikahan keliling dengan membantu mengatur segala persiapannya atau yang biasa disebut dengan Event Organizer.

Bisnis ini bisa memenuhi cita-cita kamu yang ingin menikah dengan latar belakang kantor kementerian, kantor kepresidenan, ataupun perbatasan satu kota dengan kota lainnya. Pihak dari Wedding Wagon akan menyediakan dan membawa seluruh perangkat keperluan proses pernikahan ke lokasi yang kamu inginkan. Mereka juga akan menyediakan saksi, pemuka agama, memimpin jasa, serta tidak lupa fotografer. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni sekitar Rp 7 juta.

 

Mystery Box

Siapa tidak suka dengan kejutan? Sebagian besar justru ketagihan. Hal ini dimanfaatkan oleh SomethingStore yang menjual barang misterius kepada calon pembeli. Pembeli tidak akan tahu barang apa yang ditawarkan. Yang penting, dia akan mendapatkan kejutan atas apa yang dibelinya itu. SomethingStore mematok harga tak lebih dari 10 dolar AS per item atau sekitar Rp 133 ribu.

 

Nah itu dia Sobat, 5 ide bisnis nyeleneh tapi bisa meraup keuntungan yang fantastis. Kesimpulannya, tidak ada ide yang tidak akan menghasilkan apa-apa. Jika kamu memiliki ide bisnis yang unik dan berbeda, jangan pernah takut untuk merealisasikannya.

 

Semoga membantu!

 

Penulils: Indah Sari