Mungkin sebagian dari kita pernah bertanya-tanya apakah penting mengenyam pendidikan tinggi. Mengapa? Karena tidak jarang pendidikan yang dijalani berujung tidak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak sedikit yang berakhir menjadi pengangguran setelah bersusah payah memperoleh gelar sarjana.

 

Satu hal yang harus diingat, tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula integritas yang dimilikinya.

 

Akan tetapi, bukan berarti mereka yang kurang beruntung atau memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan tidak bisa mencapai titik sukses lho Sobat. Pada artikel kali ini, TimiKimi ingin membahas tentang 10 orang kaya raya di dunia yang berhasil mencapai kesuksesan tanpa menyelesaikan pendidikan sarjananya.

 

Siapa aja sih? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

 

Jack Dorsey

Pria berusia 41 tahun ini terkenal karena menjadi penemu salah satu media sosial yang paling terkenal di dunia yaitu Twitter. Sejak kecil, Dorsey sudah sangat tertarik dengan dunia komputer dan coding. Bahkan di usia yang masih terhitung sangat muda dia sudah menciptakan software yang hingga saat ini masih banyak digunakan oleh perusahaan taksi di Amerika Serikat.

 

Dorsey sempat menjadi mahasiswa di Missouri University of Science and Technology, lalu kemudian pindah ke New York University. Pada masa-masa kuliahnya dia mulai merancang dan menciptakan Twitter. Akan tetapi, dikarenakan fokusnya terlalu terkuras untuk mengerjakan Twitter pada saat itu, akhirnya Dorsey dikeluarkan dari universitas.

 

Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Dorsey mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006.

 

Pria yang dibesarkan di  St. Louis, Missouri ini berhasil membuktikan bahwa jerih payahnya bisa membawanya kepada kesuksesan meski tidak menyelesaikan pendidikan. Twitter sekarang sudah memberinya kekayaan hingga USD 2,5 miliar. Tidak tanggung-tanggung dia juga berhasil menyandang beberapa penghargaan. Pada tahun 2008, Dorsey dinobatkan oleh MIT Technology Review TR35 sebagai salah satu dari 35 inovator paling bersinar di dunia yang berusia di bawah 35 tahun. Pada 2012, ia dianugerahi penghargaan “Innovator of the Year Award” oleh The Wall Street Journal.

 

Gabe Newell

Pria ini dikenal sebagai co-founder dari pengembang video game terkenal, Valve Corporation. Kerajaan game ini didirikan pada tahun 1996 oleh Newell bersama Mike Harrington.

Sebelumnya Newell tercatat sebagai mahasiswa dari Harvard University, namun akhirnya memutuskan berhenti karena menganggap tidak mempelajari apapun selama menjadi mahasiswa di sana. Di awal karirnya, Newell bergabung dengan Microsoft, dan mempelajari banyak hal tentang bagaimana cara pembuatan perangkat lunak di sana. Setelah 13 tahun bekerja sambil belajar di Microsoft, Newell memutuskan untuk keluar dan mendirikan Valve. Dia berhasil membuktikan bahwa dia bisa memperoleh kekayaan yang mencapai USD 1,26 miliar meski tidak menyelesaikan pendidikannya di Harvard University.

 

Sean Parker

Sean Parker adalah seorang entrepreneur, yang juga dikenal sebagai salah satu pendiri situs berbagi file, Napster. Sama halnya dengan Jack Dorsey, Parker sudah sangat tertarik dengan dunia programming and hacking sejak masih anak-anak. Bahkan di usia 16 tahun, FBI pernah menangkapnya setelah ia diduga membobol banyak situs perusahaan.

Ketika duduk di bangku SMA, Parker menulis surat kepada administrasi sekolahnya dan meminta agar waktu yang dihabiskannya membuat kode di lab komputer dihitung sebagai pelajaran bahasa asing. Hal ini dilakukannya karena ketertarikannya terhadap coding yang benar-benar tinggi. Bahkan ia sampai direkrut oleh beberapa perusahaan dan sudah bisa menghasilkan uang sampai lebih dari USD 80 ribu per tahun. Berawal dari sini, orang tua Parker menerima keputusannya untuk tidak meneruskan pendidikan di bangku kuliah. Menurutnya, mengerjakan Napster justru lebih memberikan banyak ilmu dibanding sekolah. Saat ini, kekayaan Sean Parker tercatat mencapai USD 2.7 miliar.

 

Ralph Lauren

Jika kamu seseorang yang menggemari fashion, kamu pasti sudah tidak asing dengan nama ini. Ralph Lauren merupakan salah satu desainer terbesar di dunia fashion.Saat ini Lauren menjadi CEO dari Ralph Lauren Corporation yang merupakan perusahaan miliknya. Sejak kecil, Lauren sudah bercita-cita menjadi orang kaya. Dia sudah bisa menghasilkan uang sejak masih duduk di bangku kuliah dengan menjual dasi kepada teman-temannya.

Setelah lulus, Lauren melanjutkan pendidikan di Baruch College dan mengambil jurusan bisnis. Kemudian dia memutuskan untuk keluar karena ingin menjadi seorang tentara. Tidak berhenti sampai disitu saja, Lauren kemudian keluar dari pendidikan tentara dan bekerja di sebuah perusahaan produsen dasi. Karena perusahaan tidak pernah menerima desain dasinya, akhirnya ia memutuskan untuk berhenti lalu mulai mendesain pakaian dan mendirikan perusahaan sendiri. Lauren merupakan contoh lain dari sosok kaya raya yang memiliki kekayaan mencapai USD7.1 miliar meski tidak menyelesaikan pendidikan.

 

Steven Spielberg

Sobat pasti sudah tidak asing dengan Jurassic Park bukan? Tapi mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Sutradara dari film legendaris ini mencapai kesuksesannya tanpa menyelesaikan gelar sarjana.

Steven Spielberg adalah salah satu tokoh terbesar dalam sejarah perfilman dunia. Spielberg merupakan kreator dari berbagai film terkenal seperti Jaws, Schindler’s List, Jurassic Park, dan E.T. the Extra-Terrestrial. Pria berusia 71 tahun ini sudah sangat tertarik dengan dunia film sejak kecil. Pada saat remaja, dia sudah memproduksi banyak film amatir bersama teman-temannya.

Spielberg sebelumnya tercatat sebagai mahasiswa di California State University. Namun Universal Studios sudah bisa mencium bakat yang dimilikinya yang kemudian memberinya kontrak selama 7 tahun sebagai sutradara. Ini berimbas kepada dikeluarkan dari kampus. Meskipun begitu, keputusannya itu tidak salah, dia terbukti sukses dan sekarang kekayaan Steven Spielberg mencapai USD 3,6 miliar.

 

Mark Zuckerberg

Seperti yang kita ketahui, Facebook masih merajai seluruh eksistensi media sosial hingga saat ini. Siapa yang tidak kenal dengan pendiri media sosial yang satu ini? Mark Zuckerberg sudah dikenal oleh dunia berkat situs sosial media ciptaannya. Sedari kecil Zuckerberg sudah memperlihatkan ketertarikannya terhadap dunia teknologi. Hal itu dibuktikan dengan kegemarannya membuat perangkat lunak dan permainan komputer. Bakatnya makin terasah di bangku SMA, hingga akhirnya Zuckerberg memutuskan mengenyam bangku kuliah di Harvard University.

Sejak awal masuk kuliah, ia sudah mulai membangun Facebook. Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Sayangnya, akibat terlalu fokus pada penemuannya, ia kemudian dikeluarkan oleh pihak universitas. Namun dia berhasil membuktikan bahwa apa yang dilakukannya memberikan hasil luar biasa. Facebook menjadi situs sosial media terbesar dan memberikannya kekayaan hingga USD 34.8 miliar

 

Michael Dell

Michael Dell adalah contoh lain dari orang sukses tanpa gelar sarjana. Sedari kecil, sudah terlihat jelas bahwa dia memiliki bakat menjadi seorang pebisnis. Di usianya yang masih sangat muda, Dell sudah mampu mendapatkan penghasilan sendiri dari bekerja paruh waktu lalu menginvestasikannya di sektor tambang dan saham. Dari hasil jerih payahnya, kemudian dia membeli komputer pertama yang membuatnya menemukan ketertarikan pada dunia IT.

Hanya 4 tahun setelah membeli komputer pertama, ia mendirikan Dell dengan hanya bermodalkan USD 1,000. Saat itu, Dell tercatat sebagai mahasiswa di University of Texas. Namun bisnisnya ternyata tumbuh sangat cepat hingga membuatnya harus keluar dari kampus untuk fokus mendirikan perusahaan. Michael Dell adalah pendiri perusahaan komputer Dell, Inc Dia menciptakan salah satu perusahaan komputer yang paling menguntungkan di dunia dengan penjualan tahunan sampai USD 50 miliar dolar Amerika. Dell juga menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan daftar posisi ke-4 dalam daftar Forbes kaya Amerika pada tahun 2005 dengan estimasi senilai USD 18 miliar.

 

Sheldon Adelson

Sheldon Adelson adalah bos dari kasino Las Vegas Sands. Sejak kecil dia dituntut untuk bertahan hidup dari kemiskinan dan memaksanya harus mencari uang. Pada usia 12 tahun, Adelson sudah mulai bekerja sebagai loper koran di Boston, Amerika Serikat. Setelah lulus SMA, Adelson sempat berkuliah di City College of New York, namun itu hanya bertahan 2 tahun karena ia harus bergabung dengan militer.

Ketertarikannya pada dunia bisnis membuatnya keluar dari militer lalu mulai mendirikan banyak perusahaan. Saat ini, kekayaan Sheldon Adelson tercatat mencapai USD 28.7 miliar

 

Bill Gates

William Henry “Bill” Gates III atau yang biasa dikenal dengan Bill Gates merupakan seorang programmer, pebisnis, inovator, dan orang terkaya di dunia saat ini. Sejak masih remaja, Gates muda sudah menemukan ketertarikan besar pada dunia programming yang ia pelajari selama sekolah. Saat itu, ia bertemu murid lain bernama Paul Allen yang memiliki ketertarikan pada dunia yang sama. Mereka menjadi teman baik dan banyak menghabiskan waktu bersama untuk mempelajari dunia programmer.

Setelah lulus SMA, Paul memutuskan masuk ke Washington State University, sementara Gates ke Harvard University. Uniknya, mereka berdua sama-sama dikeluarkan akibat terlalu fokus untuk menciptakan perusahaan produsen perangkat lunak, Microsoft. Perusahaan itulah yang kemudian membuat Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia dengan harta sebanyak USD 80.4 miliar.

 

Larry Ellison

Larry Ellison adalah salah satu orang terbesar dalam dunia teknologi saat ini. Sejak sekolah, Ellison dikenal sangat unggul dalam pelajaran IPA dan matematika. Setelah lulus SMA, Ellison memutuskan untuk berkuliah di University of Illinois, namun hanya bertahan 2 tahun setelah ia dikeluarkan. Setahun kemudian, Ellison memutuskan kembali berkuliah di University of Chicago, tapi hanya bertahan selama satu semester.

Setelah tidak lagi menjalani kuliah, Ellison memutuskan pindah ke California untuk mencari pekerjaan di sana. Pada tahun 1977, pria yang sekarang berusia 74 tahun ini mendirikan Oracle Corporation, yang mengkhususkan diri pada pembangunan perangkat keras dan lunak. Oracle jugalah yang memberinya kekayaan hingga tercatat sebagai orang terkaya nomor 5 di dunia. Saat ini, kekayaan Larry Ellison tercatat sebesar USD 54.9 miliar.

 

Nah itu dia Sobat, 10 orang kaya raya di dunia yang tidak lulus kuliah. Jika dilihat dari orang-orang di atas, mungkin kita akan mulai beranggapan bahwa menjadi orang sukses tidak perlu sekolah tinggi. Akan tetapi, jangan lupa Sobat, kesuksesan tidak ditentukan oleh pendidikan seseorang. Tidak peduli apakah seseorang itu memiliki pendidikan yang tinggi atau tidak, dia bisa saja menjadi sosok yang sukses jika dia bersungguh-sungguh dan fokus dalam meraih pencapaian yang ingin dipenuhinya. Yang paling penting adalah keterampilan dan keuletan dalam menekuni suatu bidang yang kamu sukai.

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari