Seperti yang sudah kita ketahui, rupiah merupakan mata uang yang kita gunakan sebagai alat tukar untuk seluruh jenis transaksi. Tapi apakah pernah kamu memperhatikan gambar dan tulisan yang terdapat di dalamnya? Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa mata uang kita memiliki fakta-fakta menarik di baliknya.

 

Nah, di artikel kali ini TimiKimi akan membahas tentang keunikan yang tersimpan di dalam mata uang yang selama ini selalu kita simpan di dompet atau rekening bank. Apa aja sih? Simak ulasan TimiKimi berikut yuk.

 

Gambar Rumah di Dalam Pecahan Rp 100.000

Apakah kamu menyadari bahwa uang kertas pecahan Rp 100.000 tidak hanya memuat gambar Presiden pertama Republik Indonesia Dr. Ir. H. Soekarno dan wakilnya Dr. Drs. H. Mohammad Hatta? Jika kamu memperhatikannya dengan lebih seksama, kamu juga akan menemukan sebuah gambar rumah di bagian depan lembaran. Rumah ini merupakan rumah dari Presiden pertama Republik Indonesia yang juga menjadi lokasi proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 yang sekarang lebih dikenal sebagai Tugu Proklamasi.

 

Lirik Lagu Indonesia Raya di Dalam Pecahan Rp 50.000

Fakta unik kedua yang mungkin belum banyak diketahui, lirik lagu Indonesia Raya pada pecahan Rp 50.000 tahun 1999. Lirik ini bisa kamu temukan di samping gambar Wage Rudolf Soepratman. Lirik lagu ciptaan Wage Rudolf Soepratman tersebut dicetak dengan sangat kecil sehingga sulit untuk dibaca.

 

Kancing Baju Kapten Patimura di Dalam Pecahan Rp 1000

Pada lembaran Rp 1000 yang sekarang sudah digantikan dengan versi yang baru, juga terdapat fakta unik di dalamnya. Di dalam pecahan ini terdapat gambar Kapten Patimura atau Thomas Matulessy, pahlawan nasional negara Republik Indonesia dari Maluku. Jika kamu memperhatikan pakaian yang dikenakan oleh Kapten Patimura, terdapat bentuk senyum di salah satu kancing bajunya. Belum diketahui jelas apa maksud dari bentuk senyum ini. Apakah memang memiliki makna tertentu atau hanya merupakan unsur ketidak sengajaan.

 

Presiden di Dalam Mata Uang Rupiah

Tahukah kamu? Tidak sembarang Presiden bisa dimuat wajahnya di dalam mata uang rupiah. Jika diperhatikan, hingga saat ini hanya dua Presiden yang pernah muncul di dalam mata uang Republik Indonesia, yaitu Presiden pertama Republik Indonesia Dr. Ir. H. Soekarno dan Presiden pada pemerintahan orde baru yang menjabat selama 31 tahun, Jenderal Besar TNI H.M. Soeharto.

 

Koin Pecahan Rp 2000 pada Final Piala Dunia 1974

Fakta unik terakhir yang mungkin belum kamu ketahui adalah pecahan koin Rp 2.000. Uang ini pernah digunakan oleh wasit berkebangsaan Inggris, Jack Taylor, pada final piala dunia 1974 sebagai penentu tim mana yang berhak memegang bola dalam final antara tuan rumah Jerman Barat dan Belanda.

 

Nah Sobat, itu dia beberapa fakta menarik dari mata uang Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui. Sebagai seorang warga negara Indonesia, sudah seharusnya kita mengenal dan mengetahui makna di dalam mata uang yang sehari-harinya kita gunakan untuk mengisi berbagai kebutuhan. Jadi, sudah tahu kan?

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari