Tips Aman Pinjam Uang Online Cepat di Fintech

pinjam uang online cepat

Banyak jalan untuk pinjam uang, salah satunya adalah dengan pinjaman online. Belakangan ini pinjaman online menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia karena persyaratannya yang mudah dan prosesnya yang cepat dibandingkan proses pinjaman di bank. Pinjam uang online cepat menjadi pilihan dikala kamu  membutuhkan dana yang sangat mendesak.

Munculnya beberapa platform pinjaman online ini begitu diminati dan menjadi warna baru bagi kehidupan masyarakat Indonesia yang butuh dana cepat. Tak sedikit juga yang masih takut untuk mencoba pinjaman online walaupun mereka butuh uang. Hal ini dikarenakan takut bernasib sama seperti nasabah-nasabah pinjaman lainnya yang diteror penagihan hutang seperti yang diberitakan akhir-akhir ini.

Apa Beda Pinjam Uang Online Cepat di Fintech dengan Pinjam Uang di Bank?

Source: Google

Seiring berkembangnya teknologi sekarang ini banyak sekali hal yang bisa dilakukan secara online, tak terkecuali mengenai urusan pinjaman. Kamu hanya tinggal siapkan ponsel dan koneksi internet, tak perlu waktu lama dana yang kamu ajukan segera cair kurang dari 24 jam. Lain lagi jika kamu mengajukan pinjaman di bank selain persyaratannya yang cukup rumit dibadingkan pinjaman online di perusahaan fintech pencairan dananya pun terbilang cukup lama yakni 14 hari kerja.

Apa perbedaan pinjam uang di bank dengan pinjaman uang online di fintech? TimiKimi punya ulasannya buat kamu, yuk disimak!

  • Pinjaman di Bank

Selain syarat yang rumit dan butuh proses panjang, pinjam uang online cepat di bank juga wajib melampirkan dokumen-dokumen pendukung mulai dari KTP, Kartu Keluarga, nomor telepon rumah, nomor telepon orangtua serta kerabat, bahkan sampai survei rumah dan lainnya.

  • Pinjam di Fintech

Lain halnya dengan pinjaman di fintech jelas sangat berbading jauh dengan pinjaman di bank. Yang kamu butuhkan hanyalah foto diri, KTP, serta NPWP, tetapi dari semua kemudahan yang disajikan di fintech ada dampak yang ditimbulkan Sobat pasti sudah tahu yang namanya pinjaman online sudah pasti akan memberikan data diri kamu sesuai ketentuan dari masing-masing fintech sehingga bisa diakses pihak lain. Jadi mau tidak mau kamu memberikan kewenangan untuk pihak lain mengaksesnya.

Disinilah Sobat dituntut untuk jeli sebelum mengunduh aplikasi fintech apabila ingin melakukan traksaksi digital, kamu harus pilah pilih kembali fintech mana yang memang benar-benar terpercaya.

Pinjam di Bank atau Pinjaman Online Aturannya Sama, Ingat Jangan Pernah Melanggar!

Jika kamu melanggar sudah pasti ada sanksi yang akan kamu dapatkan, kalau kamu tidak ingin mendapat masalah janganlah mencoba-coba untuk melanggarnya. Dimana pun tempat kamu meminjam baik itu di bank atau pinjaman online semua pasti akan menagih apabila kamu tidak membayar hutang jika sudah jatuh tempo.

Jelas semua sudah pasti ada etika dan tata cara yang harus dipenuhi jika kamu memang melanggar, jadi jika tidak membayar hutang ketika sudah jatuh tempo sudah pasti pihak bank maupun pinjaman online akan menagihnya. Maka dari itu kamu harus mematuhi sanksi tersebut dengan membayar denda dan melunaskan hutangmu. Sebab sebuah pelanggaran akan membuat hidup tak tenang, jadi jangan lalai atau bahkan lari dari tanggung jawab untuk melunasi hutang ya!

Baca juga: Pinjaman Online Tanpa Jaminan Anti Gagal, Ini Triknya!

Tips Aman Pinjam Uang Online Untuk Kamu

Source: Google

Dari ulasan yang TimiKimi berikan di atas, Sobat tentu sudah paham dengan syarat dan ketentuan yang berlaku jika kamu akan meminjam uang di fintech. Agar kamu tidak asal mengunduh aplikasi fintech TimiKimi punya beberapa tips supaya lebih aman pinjam uang online. Disimak yuk Sobat!

1. Pilih Aplikasi Fintech yang Resmi

Hal yang pertama kamu harus perhatikan sebelum kamu mengunduh aplikasi fintech dan mengajukan peminjaman di fintech yang kamu pilih, ada baiknya kamu memeriksa dengan cermat kejelasan dari fintech tersebut. Jangan asal download saja.

Pilihlah fintech yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keungan) sebab fintech yang resmi sudah terdaftar di OJK sudah pasti mengikuti sesuai prosedur dan tata cari yang berlaku. Mulai dari cara penagihan, besar bunga pinjaman yang diberikan tidak boleh lebih dari 30%, dan sebagainya.

2. Pilih Fintech dengan Bunga Rendah

Pilihlah aplikasi pinjam uang online dengan penawaran bunga yang lebih kecil dibandingkan lainnya. Sebab itu sudah pasti akan menguntungkanmu, jika bunga yang kamu dapatkan rendah sudah pasti cicilan yang akan kamu bayarkan juga tidak seberat jika kamu mendapat bunga yang tinggi. Menguntungkan bukan?

3. Catat Tanggal Jatuh Tempo Kamu Sebelum Pinjaman Cair

Source: Google

Pada saat pengajuan pinjam uang online cepat mu di fintech telah disetujui dan cair jangan lupa untuk mencatat tanggal jatuh tempo ya Sobat! Sebab jika kamu mencatat tanggal jatuh tempo otomatis kamu tidak lupa bayar hutang sehingga kamu akan terhindar dari yang namanya penagihan. Bayarlah hutangmu tepat waktu ya Sobat!

4. Ingat Jumlah Uang yang Dipinjam

Berikutnya ingatlah berapa jumlah uang yang kamu pinjam uang online cepat dan ingat-ingat berapa jumlah tagihan atau cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Agar kamu tidak lupa buatlah catatan pengingat tuliskan pada lembar kertas kemudian tempel di dinding atau meja kerjamu agar tidak lupa untuk membayar hutang.

5. Siapkan Uang Saat Gajian Tiba

Ini salah satu yang penting untuk diingat ya Sobat. Ketika saat gajian tiba, segeralah sishkan uang gajianmu untuk membayar cicilan tagihan. Jika kamu tidak segera menyisihkannya sudah pasti kamu akan mengutak-atik uang gajianmu untuk keperluan lain. Dengan begitu, saat waktunya tiba membayar hutang kamu bisa membayar dengan tepat waktu tanpa adanya tim penagih yang menagih.

6. Jangan Membayar Lewat Dengan Jatuh Tempo

Source: Google

Setelah menyisihkan uang gajianmu, segeralah bayarkan hutang kamu saat waktunya tiba jangan coba-coba untuk menunda atau bahkan menunggu sampai jatuh tempo. Agar kamu terhindar dari yang namanya penagihan, tentu kamu tidak mau sampai ditagih bukan? Sudah pasti itu akan membuat kamu merasa tidak tenang.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Cara Aman Mendapatkan Pinjaman Uang  Online Terpercaya

Bijak dalam Memilih Pinjam Uang Online di Fintech

TimiKimi sudah menjelaskan mengenai tips aman meminjam uang di fintech. Untuk Sobat TimiKimi yang melek akan teknologi cerdas dan bijaklah kamu dalam memilih fintech jika kamu ingin pinjam uang online cepat. Jangan asal mengunduh atau download jangan sampai kamu salah pilih yang ada kamu malah membuat mu susah nantinya

Pastikan fintech yang kamu pilih resmi terdaftar OJK. Jika pinjaman kamu sudah cair, pastikan juga jangan sampai kamu telat membayar hutang agar terhindar dari denda yang berlaku di fintech yang kamu pilih. Sisihkan juga uang gajian kamu untuk membayar cicilanmu, jangan sampai kamu pakai untuk keperluan lain ya Sobat!