Tips Bijak Atur Keuangan di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan segera tiba, di mana seluruh umat muslim di dunia tidak sabar menanti bulan yang penuh keberkahan dan kebaikan ini. Itu artinya kamu juga harus mempersiapkan segalanya. Dari mulai persiapan hati, fisik, dan juga mental. Selain itu, yang paling penting kamu juga harus mempersiapkan keuangan selama sebulan.

Walaupun pada bulan puasa nanti kamu akan jarang makan, bukan berarti pengeluaranmu juga akan berkurang, Sobat. Bisa jadi pengeluaranmu malah menjadi membengkak selama bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan mahalnya biaya makan sekaligus ajakan makan bersama di luar menjadi penyebab utama meningkatnya jumlah pengeluaranmu.

Untuk itu, jangan lupa untuk tetap mengelola keuangan agar tidak menyesal nantinya. Lalu, bagaimana caranya? TimiKimi akan memberikan ulasannya mengenai tips bijak atur keuangan di bulan Ramadhan. Simak yuk!

Tips Atur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

1. Menabung

Source: Google

Menabung memang terdengar mudah untuk dilakukan. Namun, nyatanya itu hanya akan menjadi sebuah wacana saja. Untuk itu, tanamkan niat dalam diri untuk menabung sejak dini. Ini tentu akan berguna di kemudian hari, karena kebutuhan keluarga yang akan meledak saat mendekati Hari Raya Idul Fitri, apalagi jika kamu mudik ke kampung halaman. Sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk dikeluarkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menabung. Selain untuk berhemat, menabung juga akan bermanfaat untuk kepentingan darurat lainnya, lho!

Baca juga: Inspirasi Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Bulan Ramadhan, Pasti Laris Manis!

2. Belanja Bahan Makanan

Source: Google

Sebelum bulan Ramadhan tiba, akan lebih baik jika kamu membeli bahan makanan yang kamu butuhkan, untuk menghindari adanya meningkatnya harga selama bulan Ramadhan. Kamu bisa membeli bahan makanan yang awet, seperti mie instan, tepung, gula, beras, bumbu-bumbu masakan, dan bahan lainnya yang bisa bertahan lama.

3. Membuat Anggaran Belanja Secara Rinci

Source: Google

Jika kamu sudah terbiasa dalam membuat anggaran belanja setiap buannya, tentu ini akan sangat mudah untuk kamu melakukannya. Buatlah anggaran belanja ketika bulan Ramadhan tiba secara terperinci. Walaiupun anggaran belanja yang kamu rencanakan ini berbeda dari bulan biasanya. Dikarenakan, beberapa kebutuhan pokok di pasaran akan mengalami kenaikan harga.

Jadi kamu harus antisipasi hal ini dengan cepat. Bisa jadi anggaran belanjamu kacau dan berantakan. Nah, Sobat pastikang anggaran belanja kamu sesuai dengan harga pasar yang dikeluarkan ya.

4. Persiapan Zakat, Sedekah, dan Infaq

Source: Google

Keberkahan sudah pasti akan berlimpah di bulan suci Ramadhan yang akan tiba sebentar lagi. Nah, di bulan yang penuh berkah ini, yuk kita sama-sama berbuat kebaikan. Selain itu, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berbagi dengan berinfaq, bersedekah dan tidak lupa membayar zakat. Untuk itu, persiapkanlah dari sekarang sejumlah dana yang akan kamu gunakan untuk infaq, sedekah, zakat mal serta zakat fitrah.

Baca juga: 5 Pinjaman Mudah Yang Bisa Diandalkan Untuk Buka Bisnis Ramadhan

5. Buat Daftar Menu Selama Bulan Puasa

Source: Google

Membuat daftar menu makanan berbuka puasa dan sahur selama sebulan, mungkin bisa menjadi salah satu cara tepat untuk menghemat pengeluaran. Sejatinya bulan Ramadhan bertujuan untuk melatih melawan hawa nafsu, bukan untuk makan dengan berlebihan. Buatlah menu yang variatif setiap harinya dengan kombinasikan makana sehat dan berserat agar selama sebulan penh berpuasa tubuhmu tetap bugar. Selain sehat, memasak makanan di bulan Ramadhan akan jauh lebih hemat.

6. Tahan Diri untuk Membeli Barang yang Tidak Perlu

Source: Google

Saat kamu pergi ke mall, biasanya ingin membeli semua barang yang sedang promo atau diskon saat itu. Nah, kali ini kamu harus berhenti membeli barang yang tidak kamu butuhkan walaupun sedang promo. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu anggaran keuanganmu selama bulan puasa nanti. Hindari berbelanja barang kebutuhan yang tidak terlalu penting untuk menghindari over budget. 

7. Kurangi Jadwal Bukber di Luar

Source: Google

Yang paling ditunggu dari bulan Ramadhan yaitu kegiatan buka puasa bersama atau yang dikenal dengan sebutan bukber. Bukber biasanya sering sekali dilakukan selama bulan Ramadhan, bukber memang baik dilakukan untuk menjalin kembali tali silaturahmi dengan kerabat atau teman lama. Namun, jangan sampai hanya karena terlalu sering menerima ajakan bukber, pengeluaran kamu akan membengkak. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu membatasi kegiatan bukber.

8. Tambah Penghasilan dengan Berjualan Takjil

Source: Google

Kamu bisa memanfaatkan bulan Ramadhan dengan berjualan takjil untuk menambah penghasilanmu, Sobat! Cobalah untuk menjual beberapa takjil, seperti kolak pisang, es campur, jus, atau es kelapa muda. Jika kamu ingin menjual menu berbuka puasa lainnya, cobalah menu yang mudah untuk dibuat. Dari hasil penjualanmu bisa kamu alokasikan untuk dana tambahan mudik ke kampung halaman atau untuk keperluan lebaran lainnya.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Rumahan Online Yang Mudah Menjalankannya

Kelola Uang yang Baik Menguntungkan Kamu Nantinya

Semakin tinggi dan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi membuat kita harus lebih bijak dalam mengelola keuangan, khususnya di bulan suci Ramadhan yang akan tiba sebentar lagi. Untuk itu, pintar-pintarlah mengatur keuanganmu agar di hari Lebaran nanti kamu tidak kekurangan. Semoga ulasan yang TimiKimi berikan dapat membantu dan bermanfaat untuk Sobat. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk Sobat TimiKimi yang menjalankan. Semoga lancar dalam menajalankan ibadah puasa, ya!