Tips Cerdas Agar Cicilan Mobil Bekas Bisa Dibayar Tepat Waktu Sampai Lunas

Tingginya harga mobil membuat orang memilih untuk membeli mobil bekas dengan cara mencicil. Tapi terkadang cicilan kerap kali macet karena dana yang dimiliki kurang. Supaya bisa membayar cicilan mobil bekas tepat waktu, TimiKimi punya beberapa tips untuk kamu ikuti di bawah ini!

Mobil menjadi kendaraan yang selalu diidamkan banyak orang. Bukan hanya karena urusan prestise saja, tapi juga karena kebutuhan. Apalagi jika kamu sudah berkeluarga. Pastinya jika ingin bepergian akan jadi lebih mudah jika dibandingkan naik motor dan harus berboncengan. Selain itu mobil juga memberikan kenyamanan tersendiri karena kamu bisa terbebas dari sengatan panas matahari dan guyuran hujan. Tapi sayangnya harga mobil bisa dikatakan bisa menyamai harga sebuah hunian rumah. Inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa orang lebih suka mengambil cicilan mobil bekas dibanding mobil baru.

Cicilan mobil bekas memiliki beberapa keunggulan, mulai dari harganya yang jauh lebih murah, ada banyak pilihan varian mobil yang sesuai dengan budget, tidak perlu repot mengurus surat-surat dokumen dari awal seperti STNK dan BPKB, hingga mobil bisa langsung dikendarai atau dibawa pulang karena proses serah terimanya bisa langsung dilakukan hari itu juga. Dengan beragam keuntungan yang didapat ini, siapa yang tidak akan tergoda untuk mengambil cicilan mobil bekas.

Baca juga: Cicilan Mobil Bekas Lewat Dealer Vs Leasing Vs Bank, Bagus Yang Mana?

Tips Supaya Cicilan Mobil Bekas Bisa Dibayar Tepat Waktu

Cari Penyedia Pinjaman Kredit Mobil Murah (Sumber: moneycrashers.com)

Meski harga lebih murah dari mobil baru, tapi cicilan mobil bekas juga perlu dibayarkan tepat waktu alias jangan sampai menunggak. Nah, untuk menyikapinya, TimiKimi ada beberapa tips yang harus kamu lakukan, yaitu:

  • Hitung Pengeluaran dengan Teliti

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung dengan teliti semua pengeluaran bulanan yang kamu miliki. Tujuan dari penghitungan ini adalah supaya kamu bisa melihat berapa sebenarnya dana yang bisa disisihkan per bulannya untuk membayar cicilan mobil bekas. Jika dana yang dibutuhkan tidak mencukupi, kamu bisa mengencangkan ikat pinggang alias mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan.

  • Langsung Sisihkan Gaji Bulanan

Indonesian Rupiah (bwbx.io)

Jika sudah melakukan penghitungan pengeluaran dengan teliti, kamu bisa langsung menyisihkan dana untuk membayar cicilan mobil bekas dari gaji bulanan yang kamu terima. Tujuannya adalah supaya dana tidak terpakai begitu saja. Kalau sudah disisihkan, dana untuk membayar cicilan mobil bekas sudah aman dan bisa dibayarkan tepat waktu.

Cara lainnya adalah dengan dengan menyisihkan dana satu bulan sebelumnya. Kalau sudah membayar cicilan mobil bekas bulan ini dan semua keperluan sudah terpenuhi tapi ternyata masih ada uang bulanan yang sisa. Jangan dipergunakan untuk hal-hal yang konsumtif dulu karena ingatlah kalau kamu punya tanggungan hutang yang wajib dilunasi. Lebih baik kamu tabung kembali untuk membantu meringankan pembayaran hutang cicilan di bulan-bulan berikutnya.

Baca juga: Cek Biaya Mutasi Mobil Dan Cara Mengurusnya, Mudah Dan Cepat!

  • Ambil Jangka Waktu Cicilan yang Tepat

Jangka Waktu Pendek (outwardfromnothingness.com)

Jika ingin cicilan mobil bekas bisa dibayarkan tepat waktu, maka kamu juga harus mengambil jangka waktu cicilan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai hanya karena hutang cicilan ingin segera dilunasi, kamu mengambil jangka waktu cicilan pendek dengan nominal cicilan cukup besar sehingga tidak mampu membayar hutang di kemudian hari.

Lebih baik ambil jangka waktu panjang supaya nominal cicilan lebih ringan. Meskipun jika kamu melakukan hal tersebut, total hutang menjadi lebih besar karena bunga yang harus dibayarkan lebih banyak. Tapi dengan begitu, hutang cicilan mobil bekas bisa dibayar tepat waktu.

  • Pilih Metode Pembayaran Auto Debet

Supaya cicilan mobil bekas dibayarkan tepat waktu, maka kamu harus memilih metode pembayaran auto debet supaya tidak perlu repot melakukan pembayaran secara manual. Hal ini juga perlu dilakukan supaya kamu tidak lupa membayar cicilan karena kalau sampai lupa dan telat membayar cicilan, akan ada tambahan biaya denda yang dikenakan nanti. Tapi ingat, pastikan juga saldo yang ada di rekening tabungan juga mencukupi ya! Karena kalau dana di rekening tabungan tidak cukup, maka pihak penyedia pinjaman kredit mobil bekas tidak bisa melakukan pendebetan.

  • Lakukan Pekerjaan Sampingan

Usaha Modal Kecil (blog.seagate.com)

Tips lainnya adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan supaya kamu memiliki dana lebih untuk membayar cicilan mobil bekas. Ada banyak jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan, mulai dari menjadi freelancer, berbisnis online, menjadi guru les private, dan lain sebagainya. Sebaiknya sisihkan penghasilan yang didapat dari melakukan pekerjaan sampingan khusus untuk menbayar cicilan sehingga cicilan bisa dibayar tepat waktu dan cepat lunas.

Baca juga: Ingin Dapatkan Kredit Mobil Murah? Coba Terapkan Saja Cara Ini!

Cicilan Mobil Bekas Tinggal Satu Bulan Lagi Lunas Tapi Gaji Belum Cair? Ini Solusinya!

Mobil (topbank.vn)

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, baik itu cicilan mobil baru maupun mobil bekas, yang namanya cicilan harus selalu dibayarkan tepat waktu. Jika sampai menunggak pembayaran, maka akan ada denda yang dikenakan. Mulai dari denda uang hingga penarikan mobil bekas yang kamu miliki. Yup, beberapa dealer atau pihak leasing memang ada yang langsung menarik kembali mobil bekas yang kamu cicil meski pembayaran hanya kurang satu bulan. Nantinya jika cicilan sudah kamu lunasi, maka mobil milikmu bisa diambil kembali.

Daripada mobilmu kena sita, lebih baik segera bayarkan sisa uang cicilan tersebut. Lantas kalau tidak ada dana atau gaji terlambat turun bagaimana? Tenang, jangan panik Sobat! Ada pinjaman uang online yang bisa membantu kamu di sini! Jika mengalami situasi seperti ini, kamu bisa ajukan pinjaman online di tempat yang aman dan terpercaya seperti TunaiKita karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan sampai 180 hari (6 bulan). Syarat yang harus kamu penuhi adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal seperti Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Mega, Bank Danamon, BCA, BRI, dan BNI.

Source: TunaiKita

Untuk mengajukan pinjaman online di TunaiKita sangatlah mudah. Coba ikuti tiga langkah di bawah ini!

1. Pertama-tama, kamu harus mendownload aplikasi TunaiKita. Kemudian lakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa login. Setelah berhasil login, kamu harus mengisi data diri secara lengkap dan mengupload dokumen yang disyaratkan.

2. Kedua, kamu tinggal memilih nominal pinjaman yang diinginkan dan beserta jangka waktu peminjamannya. Kalau sudah, lalu klik mulai pengajuan.

3. Ketiga, tunggu pengajuan diproses dalam jangka waktu 1-3 hari kerja. Jika pengajuan disetujui, maka dana akan langsung cair melalui rekening tabungan yang sudah kamu berikan sebelumnya.

Dengan mengajukan pinjaman online, kamu bisa membayar cicilan mobil bekas terakhirmu hingga lunas sehingga mobil tidak akan ditarik oleh pihak dealer atau leasing. Tapi meskipun demikian, kamu masih tetap memiliki kewajiban untuk membayar hutang pinjaman online milikmu ketika gaji sudah turun ya Sobat!